Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Kalau mendengar kata kerupuk, yang langsung melintas di pikiran saya adalah rasa gurih dan tekstur yang renyah. Nah, sudah menjadi rahasia umum jika tekstur renyah tersebut adalah karena proses penggorengan kerupuk dengan menggunakan minyak panas sampai mengembang dan matang.

Bagi anda penggemar kerupuk namun sedang membatasi konsumsi minyak, mungkin ini jadi masalah tersendiri. Tapi tenang saja. Kerupuk ternyata bisa digoreng tanpa minyak, lho. Dengan trik yang tepat, anda bisa modifikasi proses pemasakan kerupuk dengan bahan atau alat masak tertentu.

1. Gunakan microwave

(Image: Lazada)

Cara menggoreng kerupuk dengan menggunakan microwave ini terbilang sangat praktis. Anda hanya perlu memasukkan kerupuk mentah ke dalam microwave, lalu panggang dalam suhu 60°C. Tunggu beberapa detik sampai kerupuk mengembang, dan kerupuk renyah yang sehat tanpa minyak pun siap dinikmati.

Agar kerupuk bisa mengembang dengan maksimal, hindari memanggang kerupuk terlalu banyak sekaligus dan pastikan anda memberi jarak yang cukup antar kerupuk saat dipanggang dalam microwave. Tenang saja, kalau menggunakan Sharp Microwave R-21D0(S)IN (lihat di Lazada DISKON), anda tetap bisa memanggang kerupuk cukup banyak walaupun diberi jarak. Sebab, kapasitas microwave ini cukup besar, yaitu 23 liter. Daya listriknya pun hanya 450 watt saja, terbilang kecil untuk microwave.

Hasil kerupuk yang dipanggang dengan mirowave tidak akan se-mengembang bila digoreng minyak, tapi kerupuk ini sudah matang dan bisa disantap seperti biasa, kok!

Coba Resep: Kerupuk Udang

2. Gunakan oven

Anda tak punya microwave? Tenang saja, memanggang kerupuk juga bisa dilakukan di oven, kok. Caranya sama saja dengan memanggang kerupuk di microwave. Gunakan suhu sekitar 150°C. Panggang sampai kerupuk mengembang dan matang. Kerupuk renyah yang lebih sehat pun siap dinikmati.

3. Panggang di atas bara api

Anda bisa coba memanggang kerupuk di atas bara api langsung. Agar lebih memudahkan anda menyimpan dan membolak-balik kerupuk, gunakan rak kawat seperti cooling rack yang ditempatkan di atas kompor. Rak kawat ini  juga bisa membantu menghindarkan api bersentuhan langsung dengan kerupuk. Saat memanggang, pastikan anda terus mengecek kerupuk agar tidak gosong ya. Tunggu sampai kedua sisi kerupuk berubah menjadi kecokelatan, lalu angkat dan sajikan.

Coba Resep: Kemplang

4. Goreng dalam pasir

Cara inilah yang tradisional digunakan sebagai pengganti minyak saat menggoreng kerupuk. Anda hanya cukup mengganti minyak goreng dengan pasir yang dipanaskan dalam wajan. Jika pasir sudah panas, anda tinggal memasukkan kerupuk sampai terendam dalam pasir, lalu aduk-aduk sampai kerupuk matang dan mengembang dengan sendirinya.

Cara tradisional ini sudah banyak digunakan sejak dulu untuk menggoreng aneka jenis kerupuk seperti opak, kerupuk kemplang, atau kerupuk mie. Hanya saja, dulu orang-orang menggorengnya di tungku dengan menggunakan wajan dari tanah liat.

Seiring perkembangan zaman, cara ini mulai ditinggalkan karena terkesan tidak higienis. Tapi jika anda bisa memastikan kebersihan pasir yang digunakan menggoreng, kenapa tidak?

Itu dia cara menggoreng kerupuk tanpa minyak yang bisa anda coba. Selamat berkreasi di dapur.