(Image: Salon)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Hayooo, siapa di sini yang suka maju-mundur cantik kalau lagi goreng sesuatu biar nggak kena cipratan minyak? Tos dulu dong! Saking takutnya, kadang tutup panci sering dijadikan sebagai tameng.

Memasak itu memang menyenangkan, terlebih saat kita memasak untuk orang-orang yang disayangi. Tapi repot juga ya kalau pas bagian goreng-menggoreng dikit-dikit waswas, yang ada keasyikan dari memasak itu sendiri malah hilang.

Tapi, tidak ada masalah yang nihil solusinya, termasuk untuk masalah yang satu ini. Yuk, kita simak tips mengurangi cipratan minyak saat menggoreng di bawah ini.

1. Perhatikan kadar air

Kadang kita sering lupa mengeringkan wajan setelah dicuci dan langsung menggunakannya begitu saja untuk menggoreng. Padahal tahu nggak sih, minyak yang bertemu air itu bakal menimbulkan letupan. Nah, cara untuk menyiasatinya adalah dengan mengeringkan wajan terlebih dahulu. Panaskan wajan yang masih basah di atas kompor dan biarkan hingga sisa airnya menguap. Setelah wajan benar-benar kering, baru deh gunakan untuk menggoreng.

2. Perhatikan kuantitas minyak

Ternyata, minyak yang terlalu banyak atau sedikit saat menggoreng bisa membuat minyak meletup lho. Sesuaikan jumlah minyak dengan kebutuhan kamu, yah. Idealnya adalah 1/3 wajan. Tapi kalau kamu mau menggoreng telur, gunakan secukupnya saja dan pastikan gunakan wajan yang datar seperti teflon.

3. Perhatikan pemilihan bumbu

Usahakan agar penggunaan bumbu pada makanan yang mau kamu goreng nggak mengandung air ya. Kalaupun terpaksa harus menggunakan air, usahakan seminimal mungkin deh untuk menghindari cipratan minyak.

4. Jangan menggunakan minyak yang terlalu panas

Kadang nih, karena ingin masakan cepet matang, kamu memanaskan minyak dengan suhu yang terlalu tinggi, padahal justru sebenarnya itu bisa memicu letupan minyak lho. Dan ternyata, suhu minyak yang terlalu tinggi juga bisa mengurangi kualitas minyak bahkan membentuk radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Hmm.

5. Taburi minyak dengan garam

Untuk mengurangi cipratan minyak saat menggoreng, kamu juga bisa mencoba menaburi minyak tersebut dengan 1 sdt garam. Kalau kamu memilih menggunakan cara ini, pastikan kurangi jumlah garam pada masakannya, yah. Biar nanti masakannya nggak terlalu asin.

6. Gunakan penutup wajan

Cara terakhir yang mungkin paling sering kamu gunakan. Penutup wajan! Yup, kalau dengan semua cara di atas kamu masih takut terciprat minyak panas, kamu bisa menutup wajan yang kamu gunakan untuk menggoreng. Tapi, jangan sampai kamu keasyikan dan malah lupa membalik masakan ya. Bisa-bisa nanti masakan kamu matang bahkan gosong sebelah!

Nah, semoga dengan tips di atas, kamu nggak takut-takut lagi buat menggoreng ya. Jangan biarkan rasa takut menguasaimu, tapi kuasailah rasa takut itu sendiri. Selamat menggoreng!