Penulis: Tia | Editor: Ria

Saya ingat betul, salah satu camilan Lebaran yang saya buat sendiri pertama kali adalah kue kembang goyang. Awalnya, saya tergoda untuk membuatnya karena bentuk cetakannya yang menarik. Tapi setelah kuenya jadi, ternyata rasanya manis dan sangat renyah. Akhirnya, saya tidak pernah absen membuat kue kembang goyang deh setiap Lebaran.

Kue kembang goyang siap makan memang sudah banyak dijual. Namun, saya jamin buatan sendiri rasanya pasti lebih nikmat. Soalnya, lebih bersih dan tidak bikin tenggorokan gatal setelah menyantapnya.

Coba: Resep Kembang Goyang

1. Siapkan cetakan kembang goyang

(Image: Lazada)

Bentuk dari kembang goyang yang cantik tidak dibentuk pakai tangan, lho. Melainkan menggunakan cetakan khusus. Cetakan ini memiliki bentuk bunga yang beragam, mulai dari yang biasa hingga yang bersusun.

Cetakan kembang goyang bisa anda temukan dengan mudah di pasar dan juga di berbagai toko online. Pilihlah cetakan kembang goyang yang terbuat dari aluminium cor atau kuningan murni, seperti Rosita Cetakan Kembang Goyang (lihat di Lazada). Cetakan ini terbuat dari bahan food grade, sangat tahan lama, tidak mudah berkarat, dan membuat adonan lebih mudah terlepas saat digoreng. Kue kembang goyang tidak rentan hancur, deh.

Baca juga: 5 Tips Membersihkan Cetakan Kue atau Alat Masak Bahan Silikon

2. Gunakan 3 jenis tepung serta santan sebagai pencair adonan

Untuk menghasilkan kembang goyang yang renyah, anda tidak bisa hanya menggunakan 1 jenis tepung saja. Anda harus mencampurkan tepung beras, tepung terigu, dan tapioka sebagai bahan dasar adonan kembang goyang.

Ketiga jenis tepung ini dicampurkan dengan bahan-bahan lain seperti telur, gula, dan vanili. Kemudian, tambahkan santan untuk melarutkan adonan dan aduk hingga tercampur rata. Karena sudah menggunakan santan, anda tidak perlu lagi menambahkan air, ya.

Baca juga: Tips Belanja Kelapa Untuk Berbagai Kebutuhan

3. Saring adonan sebelum digoreng

Adonan untuk kembang goyang harus benar-benar halus serta tidak bergerindil supaya hasilnya garing dan renyah. Jadi, walaupun sudah yakin telah mengaduk rata adonan dengan baik, anda perlu untuk tetap menyaring adonan.

Anda cukup menggunakan saringan kawat halus yang berlubang kecil. Saat disaring, jangan lupa untuk sedikit menekan adonan agar tidak ada yang bergerindil. Lakukan hingga seluruh adonan sudah tersaring.

Baca juga: 3 Tips Merawat Saringan Logam

4. Celupkan cetakan ke minyak panas sebelum mulai menggoreng

Sebelum digunakan untuk mencetak, celupkan terlebih dahulu cetakan kembang goyang ke dalam minyak panas. Ini akan membuat cetakan menjadi terlapisi dan tidak lengket. Jadi, nantinya kembang goyang dapat terlepas dengan mudah dari cetakan dan berbentuk rapi.

Baca juga: 5 Tips Agar Wajan Tidak Lengket Ketika Dipakai Menggoreng

5. Cukup celupkan cetakan ke adonan bagian atas; jangan sampai tenggelam

Cetakan yang sudah terlapisi minyak, kemudian dicelupkan ke dalam adonan kembang goyang. Mencelupkannya jangan terlalu dalam, apalagi sampai tenggelam, ya. Cukup di bagian atas adonan saja, sampai seluruh bagian cetakan tertutup adonan.

Angkat cetakan dari adonan. Lalu, tunggu sebentar sampai kelebihan adonan sudah berhenti menetes. Baru kemudian adonan siap digoreng.

6. Goyang-goyangkan cetakan dalam minyak hingga adonan lepas

Nama kembang goyang sendiri berasal dari cara menggoreng kue ini. Ketika cetakan berbalut adonan masuk ke dalam minyak panas, cetakan digoyang-goyangkan ke kanan dan kiri untuk melepas adonan. Menggoyangkan cetakannya cukup pelan-pelan saja ya, supaya kue tidak hancur.

Baca juga: 7 Langkah Mudah Membuat Cheese Stick Renyah & Gurih untuk Hari Raya

7. Goreng hingga kecoklatan dan simpan di wadah tertutup

Goreng kue kembang goyang hingga kecoklatan di atas api sedang. Saat menggoreng, pastikan wajan tidak terlalu penuh supaya kue dapat matang dengan merata.

Ulangi proses menggoreng ini hingga seluruh adonan habis. Setelah semua selesai digoreng, tiriskan minyak yang tersisa dan simpan kue kembang goyang di dalam wadah tertutup agar tetap garing serta renyah.

Baca juga: 6 Cara Mudah dan Cepat Membuat Kue Biji Ketapang

Kue kembang goyang ini bisa jadi salah satu sajian camilan untuk Lebaran nanti. Membuatnya mudah, praktis, dan bisa dicicil dari jauh-jauh hari. Selamat mencoba!

7 Tips Membuat Kue Kembang Goyang yang Renyah & Berbentuk Cantik
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 1 vote