Penulis: Windy | Editor: Ria

Menu pancake selalu ada saat saya sarapan di hotel maupun di restoran western. Tekstur pancake yang lembut dan rasanya yang manis nan legit sangat nikmat dimakan pagi hari. Hingga akhirnya kemarin saya mencoba membuat pancake sendiri. Namun hasilnya tidak secantik harapan saya.

Setelah mencoba lagi beberapa kali, akhirnya saya menemukan beberapa hal yang ternyata harus diperhatikan agar sukses membuat pancake. Berikut beberapa yang harus diperhatikan tersebut agar pancake anda berhasil, enak, dan cantik.

1. Baking powder masih bagus

Baking powder penting digunakan dalam pembuatan pancake supaya adonan mengembang. Pastikan baking powder dalam keadaan baik, fresh dan belum expired. Jika baking powder sudah tidak layak pakai, bisa-bisa pancake yang anda inginkan teksturnya sangat keras.

Baca juga: Baking Soda (Soda Kue) vs Baking Powder, Apa Bedanya?

2. Pisahkan bahan kering dan bahan basah

Bahan kering dan bahan basah untuk membuat pancake perlu dipisahkan. Pemisahan bahan dilakukan agar gluten dalam tepung tidak semakin kuat dan membuat adonan mengeras.

Tepung terigu, baking powder, garam, dan gula dicampur menjadi satu dalam satu mangkuk, lalu aduk rata hingga tidak menggumpal. Setelah itu, di wadah berbeda, campur bahan basah (telur, mentega cair, dan susu) dengan kawat pengocok atau garpu hingga rata.

Baca juga: 5 Bahan Pengganti Baking Powder

3. Aduk adonan dengan benar

Selesai mencampur masing-masing bahan, campurkan keduanya menjadi satu. Tuang bahan kering ke dalam wadah bahan basah dan aduk dengan spatula hingga tercampur rata. Hindari adukan yang berlebihan karena akan membuat pancake keras dan kenyal.

4. Gunakan wajan datar dan beri sedikit minyak

Wajan yang digunakan untuk membuat pancake sebaiknya berbentuk datar dan bersifat anti lengket. Beri sedikit minyak ke atas wajan dan ratakan hingga seluruh permukaan wajan terlapisi. Minyak ini akan membuat pancake tidak lengket, mudah dibalik, dan menghasilkan warna cantik.

Baca juga: 5 Tips Agar Wajan Tidak Lengket

5. Gunakan sendok sayur untuk menakar adonan pancake

Sebelum pancake dimasak, wajan dipanaskan terlebih dahulu dengan api sedang agar pancake matang sempurna. Jika wajan sudah panas maka coba tuang sedikit adonan pancake hingga terdengar suara mendesis.

Kalau sudah mendesis, kecilkan api dan tuangkan adonan pancake sebanyak 1 sendok sayur. Dengan takaran ini anda akan mendapatkan pancake yang ukuran dan tebalnya pas. Tunggu sampai gelembung muncul dibagian atas dan berubah warna coklat, angkat pancake dan sajikan.

Tumpuk beberapa pancake lalu tuang dengan madu atau sirup buah di atasnya. Bisa juga ditambah dengan beberapa scoop es krim agar lebih nikmat lagi. Selamat mencoba!

5 Tips Sukses Membuat Pancake Lembut, dan Cantik
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)