Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Meski terkesan sederhana, tapi telur dadar Padang menjadi salah satu favorit banyak orang. Selain karena harganya yang termasuk murah dibanding pilihan menu lainnya, ada sensasi bumbu khas dan kepadatannya juga bikin kenyang.

Biasanya kalau ingin buat telur dadar yang padat dan mengembang, kita akan mengocok beberapa telur hingga berbuih untuk memasukkan udara. Tapi ternyata, rahasia telur dadar padang yang tebal cantik ini bukan udara, lho. Mau tahu? Simak penjelasan berikut ini!

1. Pakai telur bebek agar lebih tebal dan padat

Biasanya, kita selalu buat telur dadar dengan telur ayam. Nah kalau ingin buat telur dadar padang yang teksturnya tebal dan padat, ganti telur ayam dengan telur bebek.

Bagian kuning telur bebek punya warna lebih gelap, pekat, serta berbau lebih amis. Namun soal protein, telur bebek cenderung lebih tinggi dari telur ayam. Jika membandingkan rasanya, tentu telur dadar padang yang pakai telur bebek jauh lebih nikmat dan istimewa, seperti kalau anda buat martabak telur.

Baca juga: 6 Jenis Telur yang Biasa Dikonsumsi di Indonesia

2. Pakai jumlah telur minimal 3 butir

Rahasia kedua kalau ingin telur dadar padang yang tebal adalah jumlah telur. Pakailah minimal 3 telur bebek untuk satu kali memasak telur dadar. Kalau di RM Padang, umumnya mereka memakai 4-5 telur sehingga hasilnya benar-benar tebal.

Oh ya, jika anda tak punya banyak telur bebek, anda bisa kombinasikan telur bebek dengan telur ayam, nih. Misalnya untuk 3 telur bebek bisa digantikan dengan 2 telur bebek dan 2 telur ayam.

Baca juga: Tips Memilih dan Menyimpan Telur

3. Tambahkan terigu serbaguna

Selain memakai banyak telur, tambahkan terigu serbaguna agar telur dadar lebih tebal dan padat. Untuk takarannya, anda bisa sesuaikan dengan jumlah telur, ya. Misalnya anda pakai 3 telur, maka bisa ditambahkan dengan 2-3 sdm terigu serbaguna. Intinya, hati-hati menambahkan takaran tepungnya agar telur dadarnya tidak didominasi rasa tepung.

Baca juga: 10 Macam Tepung Yang Ada di Indonesia

4. Cukup aduk telur secara perlahan dan merata

Yup, rahasia ketebalan telur dadar padang bukanlah udara. Oleh karena itu, anda tak perlu mengocok adonan telur hingga berbusa. Karena meskipun dikocok hingga berbusa, pada akhirnya si telur dadar hanya akan mengembang selama digoreng dan mengempis saat sudah dingin. Kocoklah adonan telur secara perlahan saja, tapi pastikan semua bahan tercampur rata.

Baca juga: 6 Tips Menghilangkan Bau Telur dalam Kue dan Peralatan Masak

5. Pakai minyak goreng yang agak banyak

Image: Lazada

Menggoreng telur dadar padang itu tidak sama seperti omelet mie, ya. Telur dadar ini harus digoreng dengan minyak yang agak banyak (shallow-fry), yakni sekitar ¾ tinggi wajan. Panaskan minyak terlebih dahulu dengan api sedang. Tes panasnya bisa dengan mencelupkan spatula atau meneteskan sedikit adonan telur. Kalau sudah agak panas, kecilkan api dan masukkan adonan telur.

Agar bentuknya bulat dan rata gunakan Oxone OX-30F Frypan (lihat di Lazada DISKON). yang punya diameter hingga 30 cm. Kalau membuat telur dadar Padang dengan wajan ini, dijamin hasilnya tidak akan hancur karena sudah dilapisi marbel yang anti lengket dan aman untuk kesehatan.

Baca juga: 4 Tips Membuat Gorengan Agar Tidak Berminyak

6. Balik telur dadar ketika satu sisi sudah kecoklatan

Selama proses goreng, telur dadar tidak perlu sering dibolak-balik. Sebab, telur dadar bisa rusak dan tidak bisa membentuk bulatan dengan sempurna. Oleh karena itu, cukup balik telur ketika satu sisi sudah kecoklatan. Angkat sedikit telur dadar dan jika sudah coklat, balik perlahan dengan spatula besar. Setelah itu, goreng hingga kedua sisi matang kecoklatan.

Coba resep: Telur Dadar Padang

Nah, gampang kan? Sekarang tak perlu jauh-jauh ke RM Padang untuk menikmati sensasi si telur tebal, ya. Lebih lagi, telur dadar padang cocok sebagai lauk makan keluarga, bekal makan siang, bahkan sajian acara-acara istimewa, lho. Selamat mencoba!