Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Memang ya, makanan yang digoreng itu sangat nikmat disantap di segala kondisi. Sensasi renyah di luar dan empuk di dalam menjadi ciri khas dari makanan yang digoreng. Tapi, salah satu hal paling menyebalkan yang saya alami ketika sedang menggoreng adalah gorengan yang lengket ke permukaan wajan.

Kalau sudah begitu, gorengan akan sulit ketika dibalik dan terkadang hancur. Belum lagi setelah memasak, saya harus membersihkan sisa kerak yang menempel pada wajan. Bisa dibayangkan bagaimana  lelahnya harus bekerja dua kali lipat?

Practice makes perfect memang terbukti. Setelah berulang kali mengalaminya, saya jadi paham penyebab wajan lengket ataupun gorengan yang sering menempel ke wajan. Simak yuk tips ampuh untuk mencegahnya berikut.

1. Pakai wajan yang bersih dan kering

Hal paling penting yang harus anda lakukan agar wajan tidak lengket saat menggoreng adalah memastikan wajan benar-benar bersih dan kering. Karena wajan yang lembab ataupun kotor akan lengket ketika anda gunakan menggoreng makanan.

Jika memakai wajan yang baru saja dicuci, anda bisa ‘garang’ sebentar  (memanaskan wajan di atas kompor tanpa minyak agar air yang ada bisa menguap seluruhnya) untuk memastikan wajan benar-benar kering.

2. Pastikan bumbu sudah meresap saat menggoreng

Beberapa masakan yang berbumbu gula, kecap, dan rempah yang pekat memang rawan lengket ke wajan ketika digoreng. Untuk menyiasatinya, pastikan bumbu sudah benar-benar meresap pada bahan dan tidak basah, sehingga risiko wajan lengket bisa diminimalisir.

3. Gunakan suhu atau api kompor yang cukup

Ternyata, suhu minyak ketika menggoreng juga bisa mempengaruhi lengket atau tidaknya wajan, lho. Sebaiknya, goreng makanan dalam suhu minyak yang sedang atau tidak terlalu panas agar wajan tidak lengket. Menggoreng dengan suhu yang cukup juga bisa membuat gorengan matang secara merata dan warnanya pun akan lebih cantik ketika dihidangkan.

4. Hindari sering membolak-balik gorengan

Karena ingin gorengan cepat matang, anda jadi terlalu sering membolak-balik gorengan. Padahal, hal ini juga berpengaruh lho pada wajan yang lengket. Lebih baik anda tunggu sampai satu sisi bahan kering dan padat, baru kemudian membalik sisi satunya. Selain wajan, bahan makanan yang masih basah dan lunak juga bisa hancur bila dibalik paksa.

5. Didihkan air dalam wajan sebelum dicuci

Jika wajan anda terlanjur lengket dan berkerak, maka tak perlu khawatir. Isi wajan yang telah kosong dengan air, lalu didihkan di atas kompor. Tunggu beberapa saat sampai kerak pada permukaan wajan melunak dan bisa terlepas dengan mudah. Setelah itu, matikan api, dinginkan, dan cuci wajan seperti biasa.

Itu dia tips yang bisa anda coba agar wajan tidak lengket ketika digunakan menggoreng. Cara apa yang sering atau lebih pilih anda gunakan?

5 Tips Agar Wajan Tidak Lengket Ketika Dipakai Menggoreng
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 3.5 (70%) 2 votes