Penulis: Tia | Editor: Ria

Bumbu dan rempah. Saya kira dua jenis bahan ini sama saja karena fungsinya sama-sama sebagai penyedap masakan. Makanya, saya sering menyebut bumbu sebagai rempah dan rempah sebagai bumbu. Ternyata, belakangan ini saya tahu kalau keduanya itu berbeda.

Sebenarnya, perbedaan antara bumbu dan rempah ini cukup mendasar, lho. Mulai dari macam-macam jenisnya hingga kegunaan masing-masing dalam masakan. Kita perlu untuk tahu perbedaan antara keduanya dengan lebih jelas. Supaya tepat ketika menggunakannya di dapur.

1. Pengertian

Bumbu merupakan tanaman yang digunakan untuk bahan penyedap dasar masakan. Contoh dari bumbu adalah bawang putih, bawang merah, jahe, serai, dan cabai. Bumbu juga sering digunakan sebagai istilah dari ramuan masakan atau racikan bahan dasar, yang mana biasanya menggunakan rempah untuk campurannya.

Sementara itu, rempah merupakan tumbuhan beraroma kuat. Contohnya adalah lada, kayu manis, cengkeh, dan biji pala. Istilah rempah sendiri tidak pernah digunakan untuk menyebutkan ramuan, melainkan untuk menyebut masing-masing bahan. Selain untuk masak, rempah juga sering dimanfaatkan untuk obat dan kesehatan.

Baca juga: Aneka Jenis RempahRempah Khas Makanan Barat

2. Jenis

Bumbu dapat dibagi jadi 2 jenis, yaitu bumbu basah dan bumbu kering. Yang termasuk bumbu basah adalah bumbu segar, baik satuan maupun yang sudah diolah menjadi racikan halus. Bumbu basah ini tidak tahan lama, sehingga harus diperhatikan cara menyimpannya supaya tidak cepat basi. Di sisi lain, bumbu kering sebenarnya adalah bumbu basah yang dikeringkan. Biasanya sudah diolah menjadi bubuk dan kadar airnya nyaris tidak ada. Jadi, bumbu kering dapat disimpan dalam waktu lama.

Berbeda dengan bumbu, rempah jarang dijual dalam bentuk basah. Biasanya sudah dikeringkan dan beberapa juga diolah menjadi bubuk untuk mempermudah penggunaan. Seperti lada, cengkeh, kayu manis, dan biji pala.

Baca juga: 7 Bumbu Rempah yang Punya Bentuk Bubuk Praktis

3. Kegunaan pada masakan

Pada masakan, keberadaan bumbu sangat penting karena merupakan bahan dasar dan pemberi rasa. Selain itu, bumbu juga berfungsi untuk menggugah selera makan. Jadi, pemberian bumbu pada masakan harus diperhatikan dengan baik supaya rasanya nikmat dan seimbang.

Walaupun bukan bahan dasar, kegunaan rempah cukup penting untuk menyedapkan masakan. Penambahan rempah dapat membuat masakan memiliki aroma dan citarasa yang khas. Rempah apa yang digunakan biasanya jadi pembeda antara masakan satu dan lainnya. Di sisi lain, rempah juga sering digunakan dalam campuran bumbu racik masakan. Penambahan rempah ini dapat memperkuat rasa bumbu racik tersebut.

Baca juga: Apa Bedanya? Jahe vs Lengkuas

4. Cara menggunakan pada masakan

Sebelum digunakan, bumbu biasanya diolah terlebih dulu menjadi ramuan masakan. Untuk menu berkuah, biasanya menggunakan racikan bumbu yang telah dihaluskan. Sedangkan untuk tumisan, bumbu dapat diiris tipis atau dicacah kasar saja. Ramuan masakan inilah yang akan menjadi bahan dasar dan pemberi rasa dari masakan.

Untuk rempah, setidaknya ada 3 cara menggunakannya pada masakan. Pertama, rempah dicampurkan atau dihaluskan bersama bumbu. Sebagai contoh, kemiri yang dihaluskan bersama bumbu untuk membuat opor. Kedua, rempah ditambahkan ke masakan tapi terpisah dari bumbu. Misalnya, kayu manis dicelupkan ke kuah bubur kacang hijau. Ketiga, rempah dijadikan taburan di makanan atau minuman yang sudah jadi. Misalnya, lada hitam ditaburkan di atas sajian pasta.

Baca juga: 5 Tips Membuat Bumbu Basah Giling yang Segar dan Tahan Lama

Wah, ternyata kita sering terbolak-balik saat menyebut bumbu dan rempah. Kegunaan keduanya dalam masakan pun ternyata cukup berbeda. Jangan sampai tertukar lagi, ya!

Apa Bedanya? Bumbu vs Rempah
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 1 (20%) 1 vote