(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Karena kesibukan yang padat, saya berusaha untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Seperti saat memasak, saya lebih suka mengolah menu-menu dengan bahan dan cara memasak yang simpel. Selain bahan utama, bumbu rempah ternyata juga memerlukan waktu lebih untuk mempersiapkannya, mulai dari mengupas, memotong, hingga menghaluskan.

Terlebih lagi, saya adalah tipe orang yang selalu memasak ‘dadakan’, tanpa bisa dicicil atau dipersiapkan hari sebelumnya. Jika sudah begini, bumbu-bumbu bubuk adalah penyelamat utama saya. Karena tidak mungkin juga kan jika saya men-skipnya. Seiring perkembangan zaman, ada banyak jenis bumbu rempah yang tersedia dalam bentuk bubuk. Apa saja? Simak selengkapnya berikut.

1. Bawang putih

Dalam dunia kuliner, bawang putih itu ibarat jodohnya bawang merah. Karena keduanya biasa digunakan bersamaan. Saat ini, garlic powder atau bawang putih bubuk sudah cukup populer digunakan untuk memberi rasa dan aroma pada berbagai masakan.

2. Lada

Kalau yang satu ini sih sudah sangat sering digunakan untuk semua masakan. Di pasaran, tersedia dua jenis lada, yaitu lada putih dan lada hitam. Dua-duanya sudah tersedia dalam bentuk bubuk, jadi sangat praktis dan menghemat waktu memasak. Anda tidak perlu repot-repot menumbuk atau menggiling biji lada dan tinggal langsung menggunakan lada bubuk saja.

3. Ketumbar

Dibanding biji lada, biji ketumbar ini lebih sulit digiling halus. Tapi sekarang ketumbar sudah ada bentuk bubuknya, sehingga lebih praktis dan tinggal digunakan saja. Bumbu ini wajib digunakan pada berbagai masakan seperti tempe mendoan, sate, dendeng, ayam goreng, soto, gulai, dan baceman.

4. Pala

Pala terkenal karena fungsinya untuk menambah rasa pedas yang khas, manis, dan hangat pada masakan. Karena ukurannya yang besar, biasanya kita harus menggeprek pala terlebih dahulu sebelum digunakan. Sekarang, anda bisa langsung menggunakan pala berbentuk bubuk untuk berbagai masakan seperti rolade, bistik, sop iga sapi, sampai perkedel.

5. Kunyit

Selain bisa mempercantik warna, kunyit juga bisa menambah rasa pada masakan seperti nasi kuning, opor, pepes, dan ikan acar kuning. Sehingga keberadaannya sangat dibutuhkan di dapur. Tapi karena warnanya yang pekat, seringkali warna kunyit menempel kuat pada tangan atau talenan. Nah, demi menghindari hal tersebut, anda bisa menggunakan kunyit bubuk yang pastinya lebih praktis dan tidak akan mengotori tangan serta perabot masak anda.

6. Jintan

Salah satu rahasia kenikmatan makanan seperti sop konro, tongseng, semur, dan nasi kebuli adalah karena penggunaan bumbu dan rempah yang beraroma kuat. Salah satunya yaitu jinten. Kabar baiknya, sekarang sudah tersedia jinten bubuk yang bisa langsung dimasukkan pada masakan anda.

7. Bubuk daun kari

Siapa sih yang bisa menolak gurih dan lezatnya kari? Makanan khas India tersebut memang cukup populer di Indonesia. Kabar baiknya, sekarang anda bisa membuat kari dengan mudah dan cepat, karena sudah tersedia bubuk daun kari atau curry leaves powder di pasaran. Jika ingin lebih praktis lagi, anda bisa membeli bubuk kari instan yang terbuat dari campuran beberapa bahan seperti daun kari, ketumbar, adas, jintan, kunyit, kayu manis, dan lainnya.

Selain lebih praktis, bumbu dalam bentuk bubuk juga bisa tahan lebih lama. Sehingga cocok bagi anda yang tidak selalu bisa membeli bahan-bahan segar setiap kali memasak.  Tapi ingat untuk selalu cek tanggal kedaluwarsa sebelum menggunakannya ya. Bumbu-bumbu kering ini biasanya rentan terlupakan karena lebih sering tersimpan dalam rak.