Mungkin di antara kamu baru sedikit yang tahu bentuk asli rempah Indonesia ini. Kluwek atau kluwak ini berwarna abu-abu, sekilas sih penampakannya kayak batu. Tapi pas dikupas, daging bijinya berwarna hitam pekat. Nah bagi kamu yang fans berat makanan berkuah hitam seperti rawon, ini loh rahasia warna hitamnya. Yes, warna hitam kuahnya berasal dari kluwek yang ditumbuk dengan bumbu-bumbu lainnya. Selain itu, rawon juga bagus banget loh khasiatnya untuk menurunkan kadar kolesterol. Terus makanan apa saja sih yang menggunakan kluwek sebagai resepnya? Yuk, check it out!

1. Sop Rawon

Kalau yang ini sih jangan ditanya lagi. Acungkan jari kalau kamu doyan makan rawon! Sup daging ini identik dengan daerah Jawa Timur, walaupun sebenarnya rawon pun ada di Jawa Tengah. Umumnya daging rawon terdiri dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Tapi boleh juga kalau kamu mau menyediakannya dengan daging tetelan. Terus kuahnya dicampur dengan tauge kacang hijau yang kecil, daun bawang, dan sambal. Tak jarang juga ada yang menyediakannya dengan empal atau kerupuk udang. Menikmatinya paling mantap dengan nasi putih yang masih hangat. Bumbunya Indonesia banget! Ada campuran bawang putih, bawang merah, lengkuas, serai, jintan, dan gak lupa kluwek atau kluwaknya. Kalau di luar negeri, rawon ini disebut dengan nama black soup.

Klik di sini untuk Resep Rawon Daging yang maknyusss.

2. Sop Konro

Eitss siapa bilang kalau Makassar cuma identik dengan coto? Makanan yang satu ini juga adalah kuliner tradisional khas masyarakat Makassar. Biasanya, sop konro ini isinya iga sapi yang sudah direbus lama sehingga dagingnya empuk. Ada juga masyarakat Makassar yang menyajikan daging iganya dengan cara dibakar dulu. Hmmm super yummy! Sop konro ini identik juga sebagai menu utama di pesta pernikahan atau hari Raya Lebaran. Di Makassar, sop konro paling maknyus disajikan dengan buras, lontong gurih khas Makassar. Cara membuatnya juga mudah banget karena bumbu-bumbunya yang gampang dicari di pasaran. Seperti merica, kemiri, pala, ketumbar, bawang merah, bawang putih, serai, jahe, juga kluwek atau kluwak. Cuman tantangan terbesarnya adalah bagaimana merebus daging iganya hingga jadi empuk dan enak.

3. Pucung Gabus Betawi

Kamu udah tahu belum kalau pucung gabus ini sudah ditetapkan masuk dalam warisan budaya ‘tak benda’ Indonesia pada 2014? Keren yah! Emang sih gak semua pucung gabus Betawi itu kuahnya hitam. Ada juga yang pakai bumbu kacang. Tapi kluwek juga bisa banget dijadikan bumbu pucung gabus. Bagi kamu yang belum ngeh apa itu pucung gabus, makanan ini adalah makanan khas-nya orang Betawi. Ikan gabus digoreng, lalu diberi siraman kuah yang khas. Rasanya pedas dan gurih, apalagi kalau kuahnya dicampur juga dengan daun jeruk. Wah mantap! Resepnya juga mudah banget. Ikan gabus dilumuri air jeruk nipis, bawang putih, merica, garam dan air terus digoreng sampai renyah. Bumbu halusnya terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, sedikit kunyit, cabe rawit, dan tak lupa kluwek. Setelah ditumis, tambahkan air dan rebus sampai mendidih, kemudian cemplungin deh ikan gorengnya dan daun bawang. Duh ngiler!

Tips: Kalau kamu mau menggunakan kluwek atau kluwak sebagai bumbu halus, jangan lupa rendam air panas dulu yah. Gak perlu lama-lama, cukup 2-3 menit. Supaya nanti menumbuknya jadi mudah halus karena biji kluwek sudah lunak.