Penulis: Tia | Editor: Ria

Saya senang sekali bila melihat ada paprika pada masakan. Warna cerah serta bentuk potongan yang unik dan rapi seakan menambah selera makan saya. Saat disantap pun, paprika mampu memberikan rasa dan aroma yang khas pada makanan.

Paprika cukup mudah diolah dalam berbagai masakan. Pertama-tama, paprika harus dibersihkan bijinya, baru kemudian dipotong-potong. Lalu, bagaimana cara memotong paprika dengan benar dan mudah, ya?

1. Potong bagian ujung atas dan bawah

Image: finecooking.com

Mulai potong paprika dari bagian ujung atas. Potongan ini berfungsi untuk membuang tangkai paprika, jadi tidak perlu terlalu tebal. Cukup tipis-tipis saja supaya tidak banyak bagian paprika yang terbuang.

Kemudian lanjutkan dengan memotong bagian bawah atau pangkal paprika. Bagian bawah ini teksturnya lebih keras dibandingkan bagian lain, sehingga lebih baik dibuang supaya tidak merusak citarasa. Sama seperti memotong bagian tangkai, potong bagian bawah secara tipis-tipis saja sekitar ½ cm sampai tidak ada bagian keras yang tersisa.

2. Potong satu sisi secara vertikal untuk membuka paprika

Image: instructables.com

Setelah tangkai dan pangkal terbuang, letakkan paprika secara berdiri. Kemudian, potong salah satu sisinya secara vertikal. Potongan ini berfungsi sebagai “pintu” untuk membuka gulungan paprika. Jadi, jangan sampai terbelah jadi dua, ya.

3. Buang biji paprika dengan sayatan menyamping

Image: thriftyfoods.com

Berbeda dengan cabai, biji paprika nyaris tidak pernah digunakan dalam memasak. Sebelum diiris-iris dan diolah, biji paprika ini biasanya dibuang dan dibersihkan terlebih dulu. Ada 2 cara untuk membuang biji paprika, yaitu diambil dengan tangan dan disayat menyamping. Saya lebih menyarankan untuk menggunakan cara yang kedua karena lebih praktis dan tidak mengotori tangan anda.

Caranya mudah. Posisikan pisau setengah tertidur. Kemudian, buka gulungan paprika secara perlahan sambil mulai menyayat biji paprika secara menyamping dari kanan ke kiri. Kalau ada biji atau serat-serat putih yang masih tertinggal, diamkan saja dulu dan teruskan sayatan hingga akhir. Jika sudah selesai, baru bersihkan bagian yang tersisa secara perlahan supaya paprika tidak terkikis habis.

Baca juga: 5 Jenis Cabai yang Banyak Dikonsumsi di Indonesia

4. Potong paprika sesuai kebutuhan

Paprika yang sudah bersih dari biji siap untuk dipotong dan diolah sesuai kebutuhan. Biasanya, ada 3 jenis potongan pada paprika:

Tipis memanjang

Image: flickr.com

Paprika biasa dipotong tipis memanjang jika akan dibuat menjadi topping pizza atau campuran salad.

Coba: Resep Pizza Teflon

Dadu

Image: makelifelovely.com

Paprika yang dipotong dadu biasanya akan diolah dengan cara ditumis, seperti menu sapi lada hitam. Kalau anda ingin membuat sate untuk barbecue, paprika dengan potongan dadu ini juga bisa dijadikan sebagai selingan daging.

Coba: Resep Sapi Lada Hitam

Cincang

Image: cooking.stackexchange.com

Paprika dengan potongan cincang ini seringnya digunakan sebagai isian omelet dan campuran saus pasta. Namun, paprika cincang juga dapat diolah bersama daging giling untuk jadi isian pastel, risoles, atau roti goreng.

Baca juga: 10 Bahan Campuran Omelet Agar Lebih Bercitarasa dan Bertekstur

Nah, itulah 4 langkah yang bisa anda ikuti untuk memotong paprika dengan benar. Yang paling penting, pastikan paprika bersih dari biji dan serat-serat putih, ya. Semoga bermanfaat!

4 Langkah Memotong Paprika dengan Mudah
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)