Penulis: Nia

Rasa pedas dan manis merupakan khas cabai paprika. Rasa paprika tidak sepedas cabai lainnya. Paprika memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, yakni sebanyak 150 hingga 250mg per 100 gramnya lho. karena itulah paprika sering diolah menjadi bahan dasar salad. Namun, paprika bisa diolah menjadi beragam masakan lho, coba intip resep berikut ini!

1. Paprika Cah Jamur

Cuci bersih paprika hijau dan merah. Potong paprika kotak-kotak. Panaskan sedikit minyak. Tumis bawang putih sampai agak menguning. Masukan jamur merang. Tumis sampai jamur sedikit layu. Masukan potongan paprika. Bumbui dengan kecap ikan, lada, garam, dan saus tiram. Aduk rata. Tuang sedikit air. Tambahkan bawang bombai dan larutan air maizena. Aduk sampai mengental dan masak. Angkat dan sajikan.

Baca Juga : Resep Sup Jamur Kancing

2. Sate Daging Paprika

Sedang ingin mengadakan pesta barbeque-an, tapi ingin masakan yang berbeda? Coba resep ini sate daging warna-warni. Warna paprika merah, kuning, dan hijau membuat sate ini makin terlihat menarik. Rasanya pedas, manis, dan gurih.

Potong daging sapi dan paprika kotak-kotak. Marinasi daging dengan bawang putih, garam, gula, lada hitam, dan air perasan jeruk nipis selama kurang lebih 3 jam di dalam kulkas. Kemudian tusuk daging sapi lalu paprika. Lakukan selang-seling sampai habis. Panggang hingga matang sambil dioles bumbu marinasi. Sajikan bersama saus barbeque instan dan saus tomat. Siap dinikmati.

Baca Juga : Resep Sate Mangrangi

3. Paprika Isi Nasi dan Daging Goreng (Dolma khas Turki)

Dolma merupakan hidangan khas timur tengah yang berasal dari Turki. Hidangan ini biasanya dibungkus dengan daun anggur atau kubis yang di dalamnya terdapat isian nasi dan daging sapi. Rasanya gurh, asin, dan sedap yang berasal dari rempah. Tak jarang Dolma dibuat dengan paprika, rasanya jadi makin enak dan sedap.

Siapkan 2 buah paprika besar. Potong atasnya dan ambil isinya sampai kosong. Sisihkan. Panaskan penggorengan. Lelehkan mentega. Tumis bawang bombai, bawang putih, dan cabai rawit sampai harum. masukan daging giling aduk rata. Tambahkan kaldu blok sapi, daun mint, oregano, saus tomat, saus barbeque, garam, gula, kecap, dan lada. Aduk rata.

Masukan nasi, aduk kembali sambil koreksi rasanya. Masukan daun parsley, aduk, dan angkat. Diamkan sebentar isian daging. Masukan isian nasi daging ke dalam paprika dan ratakan. Taburi parutan keju, whipping cream, dan bubuk pala. Panggang paprika yang sudah diisi dan bagian atas paprika (sebagai penutup) dengan suhu 180oC selama 20-25 menit. Angkat dan sajikan.

Baca Juga : Resep Kebab Daging

4. Zuccini dan Paprika Panggang

Simple, sehat, dan enak? Coba masak resep ini di rumah Anda. Selain sehat rasanya enak dan mudah dibuat. Yuk, coba!

Potong zucchini, tomat, dan paprika bentuk bundar. Marinasi dengan bawang putih, garam, merica, dan air kaldu jamur selama 15 menit. Siapkan wadah Loyang. Taburi dasar Loyang dengan keju parut dan sedikit minyak zaitun. Tata irisan sayuran mengelilingi loyang. Tuang air kaldu jamur dan minyak zaitun. Masukan irisan bawang putih. taburi bubuk oregano dan keju. Panggang selama 30 menit. Taburkan lagi parutan keju dan sajikan selagi hangat.

5. Koloke Ayam

koloke ayam special

Koloke merupakan makanan khas oriental berbahan dasar ayam filet. Saian koloke disajikan bersama dengan sauran, seperti wortel, paprika, dan timun. Rasanya sangat lezat, ada perpaduan rasa gurih, asam, dan manis.

Dalam satu wadah, campurkan tepung terigu, bawang putih (halus), kecap asin, merica, dan putih telur. Aduk rata. Masukan ayam ke dalam adonan tepung lalu aduk rata. Diamkan selama 3 menit. Goreng ayam hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.

Tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum. masukan cabai merah, wortel, dan nanas. Tumis kembali. Masukan semua bahan saus, aduk rata. Tuang air secukupnya. Masak hingga mendidih. Masukan paprika merah dan hijau, aduk rata. Koreksi rasanya. Tuang larutan maizena lalu aduk hingga saus mengental. Matikan api.

Masukan ayam yang sudah digoreng lalu aduk hingga saus dan ayam bercampur rata. Angkat. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Ayam Koloke

6. Daging Sapi Lada Hitam

Menu yang banyak disajikan ini memang paling bisa menggugah selera makan siapapun. Aroma lada hitam yang pedas dan rasanya yang hangat membuat perut keroncongan dan lidah bergoyang. Apalagi kalau daging sapi yang diolah bisa empuk dan dimasak dengan bumbu-bumbu yang pas.

Dalam satu wadah, campurkan saus tiram, kecap manis, kecap asin, dan merica hitam. Masukan daging ke dalam wadah bumbu. Aduk rata. Simpan di kulkas minimal 1 jam atau lebih baik semalam agar bumbunya meresap.

Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum. Masukan jahe iris, aduk rata. Masukan daging serta sisa bumbu perendamnya, aduk-aduk hingga daging berubah warna.

Masukan saus tiram, kecap manis, gula, garam, dan merica, aduk rata. Tuang air, masak hingga daging empuk. Air bisa ditambahkan jika daging belum empuk. Masukan paprika merah dan hijau, aduk hingga sedikit layu. Sesuaikan rasanya. Masak hingga kuah mengental. Angkat sajikan selagi hangat bersama nasi putih.

Baca Juga: Resep Daging Sapi Lada Hitam