Penulis: Dewi.S | Editor: Ria

Hampir setiap rumah di Indonesia pasti punya kecap di dapurnya, bahkan tak jarang jadi stok persediaan. Kecap jadi bumbu penting yang sering digunakan dalam masakan sebagai pemberi cita rasa manis sekaligus gurih. Mulai dari semur, aneka menu bakar, tumisan, hingga goreng-gorengan yang menggoyang lidah.

Eits, goreng-gorengan ini tidak selalu berarti digoreng deep-fried dengan banyak minyak, ya. Yang dimaksud yaitu menu yang dimasak tumis dengan kecap sehingga hasilnya terlihat berwarna kecoklatan, layaknya digoreng dalam minyak. Apa saja menu goreng-gorengan yang dimaksud?

1. Nasi goreng

Rasanya tidak lengkap kalau membuat nasi goreng tanpa kecap. Itu yang saya rasakan. Memang sih, tidak semua jenis nasi goreng memakai kecap, tapi kebanyakan menu nasi goreng memakai kecap sebagai bumbunya.

Coba resep: Nasi Goreng Magelangan

2. Mie goreng

Nah, kalau menu yang satu ini pasti pakai kecap. Bahkan mie instan dalam kemasan  pun tak absen menyertakan kecap di dalamnya. Rasa manis dari kecap membuat rasa mie goreng lebih sedap.

Coba resep: Mie Goreng Seafood

3. Bihun goreng

Selain mie, bihun goreng juga hampir tak luput ditambahkan dengan kecap manis. Namun kadang sulit membuat warna bihun gorengnya rata. Tapi tenang, ada tips mudah untuk membuat bihun goreng yang kamu buat memiliki warna kecap yang rata dengan mudah.

Tambahkan kecap manis di bihun yang sudah direndam air hangat dan ditiriskan. Jadi, sebelum bihun digoreng, kecap sudah terlebih dahulu diratakan dengan bihunnya. Saat dimasak di atas kompor, bihun hanya perlu diaduk-aduk agar semua bumbu meresap, menyatu, dan ‘matang’.

Coba resep: Bihun Goreng Spesial

4. Soun goreng

soun goreng sedap

Versi lembut dari bihun adalah soun. Yup, soun goreng bisa menjadi lebih lezat dengan ‘digoreng’ bersama kecap. Agar tidak terlalu lembek, cukup rendam soun dengan air biasa dan segera angkat saat sudah lunak.

Pastikan juga wajan yang akan digunakan sudah panas dan diberi minyak yang cukup agar tidak lengket. Tumis soun dengan cepat sambil terus diaduk-aduk agar hasil masakan tidak terlalu matang atau gosong.

Coba resep: Soun Goreng Komplit

5. Kwetiau goreng

Saudara kembar mie yang lebih pipih ini memang enak untuk dimasak menjadi kwetiau goreng. Saat dimasak, kwetiau memang tidak cepat berubah warna bila ditambahkan kecap. Maka, pastikan dulu sebelum berulang menambahkan kecap, ya. Aduk rata lalu icipi, baru tambahkan sesuai selera.

Jika menggunakan kwetiau basah/segar, jangan lupa untuk bilas terlebih dahulu dengan air panas agar bersih, tidak licin, dan bebas bau. Bila pilih kwetiau instan, tentu rebuslah dulu hingga empuk, baru dimasak.

Coba resep: Kwetiau Goreng Sapi

6. Capcay goreng

Capcay jawa lezat

Jika ingin menu tumisan yang sehat, anda bisa memilih capcay. Aneka sayuran di dalamnya membuat rasa capcay lebih spesial. Agar tidak monoton seperti umumnya capcay yang diberi sedikit kuah atau bersaus kental, anda bisa coba tambahkan kecap manis dan masaklah sampai kuah menyusut.

Coba resep: Capcay Goreng Jawa

Sudah menentukan menu apa yang ingin dimasak? Selamat ngulik di dapur, ya.