Penulis: Windy | Editor: Ria

Nasi goreng merupakan salah satu menu yang paling mudah didapatkan dan  juga mudah untuk dimasak sendiri. Nasi goreng punya beragam rasa. Sebab perbedaan ciri khas dan cara memasaknya.

Selain nasi goreng kampung, nasi goreng oriental juga bisa menjadi pilihan. Nasi goreng oriental merupakan nasi goreng khas China yang tampak kering dan kuat rasa gurihnya. Simak tips membuatnya sendiri berikut.

Coba resep: Resep Nasi Goreng Oriental

1. Gunakan nasi putih yang tidak lembek dan keras

Memasak nasi goreng oriental, anda membutuhkan nasi putih yang tidak lembek dan tidak juga keras yang menjadi ciri khas nasi goreng oriental. Anda dapat menggunakan nasi yang sudah diangin-anginkan hingga uap panasnya hilang. Nasi putih sisa semalam pun bisa dimanfaatkan.

2. Bawang putih dan bombay cukup dicincang saja

Bumbu utama nasi goreng oriental adalah bawang putih dan bawang bombay. Bawang putih dicincang halus supaya cita rasa dan aroma yang dikeluarkan lebih kuat. Sedangkan bawang bombay cukup dicincang kasar agar terkaramelisasi dengan baik saat ditumis nanti.

3. Gunakan minyak sedikit saja

Ciri khas dari nasi goreng oriental adalah kering dan tidak terlalu berminyak. Oleh karena itu, anda cukup gunakan minyak sebanyak 2 sdm saja. Panaskan minyak lalu tumis bawang putih dan bombay hingga harum dan berubah warna.

4. Tambahkan seafood, ayam fillet, dan sayuran sebagai isian

Agar lebih nikmat, tambahkan isian pelengkap seperti seafood, ayam fillet, dan sayuran. Selain menambah kelezatan dan tampilan nasi goreng, isian pelengkap juga bisa meningkatkan nutrisi nasi goreng oriental anda.

Pastikan bahan isian pelengkap tidak mengandung banyak air karena akan membuat nasi basah dan saling menempel. Caranya, tumis dulu isian pelengkap di awal hingga matang dan cukup kering. Baru tambahkan nasi dan bumbu, kemudian masak seperti biasanya.

5. Gunakan saus tiram, kecap asin, dan kecap inggris

Berbeda dengan nasi goreng Indonesia yang menggunakan kecap manis, nasi goreng oriental menggunakan kecap asin, kecap inggris, serta saus tiram. Ketiga bumbu tersebut merupakan kunci untuk mendapatkan rasa gurih dan lezat pada nasi goreng oriental. Kalau sudah menggunakan ketiga bumbu ini, anda tidak perlu lagi menambahkan terlalu banyak garam dan penyedap rasa.

Baca juga: 3 Tips Memasak Nasi atau Mie Goreng agar Kecap Bisa Tercampur Rata

6. Matikan api, tambahkan minyak wijen

Selesai memasukkan semua bahan dan bumbu, matikan api dan tambahkan minyak wijen pada nasi goreng. Aduk hingga merata dan nasi goreng pun akan menguarkan harum khas yang menggugah selera.

Penambahan minyak wijen dalam nasi goreng oriental ini ternyata dapat bantu nasi goreng agar tidak cepat basi dan mengurangi bau amis yang ada.

Ternyata, mudah ya membuat nasi goreng oriental. Daripada membeli di restoran, lebih baik buat sendiri saja di rumah. Rasa sama enaknya, tapi terjamin lebih bersih dan sehat. Selamat mencoba!