Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Tumis adalah menu makanan yang sangat mudah kita jumpai di mana pun. Baik itu di warung nasi, kaki lima, sampai restoran berbintang. Selain rasanya yang nikmat, tumis juga memiliki banyak variasi menu, sehingga hampir tak mungkin kita akan merasa bosan.

Bagi saya, tumis juga menjadi penyelamat saat tak punya banyak waktu untuk memasak, karena praktis, mudah, dan proses memasaknya pun tak begitu lama. Nah, berikut ini beberapa jenis tumisan yang bisa anda coba masak sendiri di rumah.

1. Sayuran

Sayuran mengandung banyak vitamin, mineral, dan zat-zat lain yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Meski begitu, masih banyak yang enggan memakan sayur karena rasanya yang kurang enak. Nah, salah satu cara menyiasati hal tersebut adalah dengan memasaknya menjadi tumisan.  Dengan penambahan berbagai bahan lain serta bumbu, dijamin deh anda bisa menikmati sayuran dengan nikmat.

Tumis kangkung

Tumis yang satu ini selalu jadi favorit. Selain rasanya yang enak dengan tekstur renyah, tumis kangkung juga cepat matang. Sehingga sangat cocok bagi anda yang tak punya banyak waktu di dapur.

Tumis sawi putih

Sawi putih juga merupakan salah satu sayuran favorit untuk dijadikan tumis. Anda bisa memasaknya bersama sosis, bakso, atau bahan lain. Tak perlu waktu lama untuk bisa menikmati tumis yang satu ini, cukup dimasak beberapa menit saja dan anda sudah bisa menikmati tumis sawi putih lezat dengan tekstur yang crunchy.

Tumis jamur

Anda pasti sudah tak asing dong dengan tumis yang satu ini. Jamur memang paling pas ditumis dengan cabe merah sehingga rasanya semakin nikmat. Jika biasanya tumisan menggunakan jamur tiram, anda bisa mencoba tumis jamur merang dengan tambahan irisan jagung muda seperti resep di atas. Selain rasanya lebih sedap, lidah anda juga akan dimanjakan oleh sensasi ‘kriuk’ renyah dari kedua bahan tersebut.

2. Seafood

Anda tidak suka makan sayur? Tenang saja, selain sayuran, anda juga bisa kok menikmati tumis lain seperti tumis seafood. Selain lebih gurih dan nikmat, tumis seafood juga memiliki nilai gizi tinggi yang baik untuk anda.

Tumis cumi hitam

Tahukah anda, ternyata tinta cumi juga bisa ikut dimasak bersama tumisan, lho. Selain memberikan efek warna hitam pekat pada tumisan, tinta cumi juga bisa memperkaya rasa tumisan menjadi lebih gurih. Anda bisa memasaknya jadi kental, atau juga bisa memasaknya dengan kuah berlimpah yang pasti sangat nikmat dimakan bersama nasi putih hangat.

Tumis kerang pedas

Kerang merupakan hewan bercangkang yang memiliki tubuh lunak. Saat dimasak, tekstur kerang berubah menjadi kenyal, memberikan sensasi unik di mulut anda. Apalagi ditambah dengan rasa pedas dari bumbunya, membuat anda tak bisa berhenti memakan tumis kerang pedas tersebut sampai habis.

Udang asam manis

Udang asam manis memang teman nasi yang paling nikmat. Rasa manis dan gurih alami dari udang, dimasak dengan tambahan rasa asam dan manis dari bumbunya dijamin bikin nagih!

3. Daging

Jika anda tak terlalu suka sayur atau mungkin alergi terhadap seafood, anda bisa coba memasak tumis daging. Tenang saja, rasanya tak kalah nikmat kok dengan tumisan lainnya. Berikut beberapa resep tumis daging yang bisa anda coba:

Beef yakiniku

Anda suka masakan Jepang? Berarti menu yang satu ini sangat cocok untuk anda. Daging sapi segar yang dimasak dengan aneka jenis kecap ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Cara membuatnya pun cukup mudah dan praktis.

Sapi lada hitam

Sapi lada hitam adalah salah satu menu daging sapi yang menjadi favorit banyak orang. Penambahan lada hitam dalam menu ini memberikan sensasi rasa sedikit pedas dan hangat di tenggorokan. Memasaknya pun tak butuh waktu lama sehingga sangat praktis dan sedap dalam sekejap.

Tongseng ayam

Tongseng ayam merupakan menu masakan praktis yang disukai semua orang. Tumis ini memiliki paduan rasa manis dan gurih yang sangat nikmat disajikan bersama nasi hangat. Tongseng paling lazim menggunakan daging kambing, tapi tongseng ayam ini bisa jadi alternatif bagi anda yang tak suka makan daging kambing, sehingga tetap bisa menikmati tumisan lezat yang satu ini.

(Image: Lazada)

Seluruh masakan di atas akan lebih mudah dimasak dengan menggunakan cookware set dari Supra Rosemary (lihat di Lazada PROMO). Satu set Supra Rosemary terdiri dari stock pot, frying pan, deep pan, dan sauce pan berlapis stainless steel anti karat. Lapisannya awet serta tidak mudah terkelupas. Paket lengkap bagi anda yang hobi masak.

Anda bisa menjadikan menu-menu di atas sebagai referensi untuk sajian bersantap yang lebih bervariasi untuk keluarga. Klik langsung judul tiap menunya untuk menuju resep yang dimaksud. Selamat mencoba!

9 Resep Tumisan Praktis & Simpel untuk Sehari-hari
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 3 (60%) 1 vote