Penulis: Tia | Editor: Ria

Makanan apa sih yang kerap jadi musuh utama anak-anak? Yap, benar sekali. Sayuran. Bahan makanan penuh gizi ini memang sulit sekali diterima oleh anak-anak karena rasa dan teksturnya yang asing. Namun, bagaimanapun juga, gizi dan vitamin dari sayur tetap dibutuhkan oleh anak anda.

Nah, untuk mengatasinya, anda harus pintar-pintar mengolah sayuran supaya bentuk dan rasanya tersamarkan. Kalau anda belum ada ide, Resepkoki punya trik yang bisa dipraktikkan, nih.

1. Dipotong kecil dan dijadikan campuran berbagai makanan

Anak-anak pasti akan tetap susah memakan sayur-sayuran jika bentuk aslinya masih terlihat. Salah satu cara termudah yang bisa anda lakukan untuk menyamarkan bentuk sayur adalah dengan memotongnya sekecil dan setipis mungkin. Potongan sayur ini kemudian bisa anda olah sebagai campuran dan isian berbagai makanan, seperti nasi goreng, nugget, dan macaroni schotel.

Coba: Resep Nugget Sayur

2. Dijadikan campuran jus buah

Berbeda dengan sayur, anak kecil lebih menyukai buah karena rasanya manis, segar, dan berwarna-warni. Maka dari itu, anda bisa memanfaatkan buah-buahan sebagai perantara supaya akhirnya ada sayur yang dimakan oleh si kecil.

Salah satu caranya adalah dengan menambahkan sayur dalam campuran jus buah. Anda bisa menggunakan sayuran seperti bokcoy, wortel, atau brokoli, kemudian dijus bersama dengan stroberi, jeruk, atau nanas. Jus buah dan sayur ini akan menghasilkan warna cerah yang bisa menarik perhatian anak anda.

Baca juga: 4 Tips Membuat Jus Sayur Lebih Nikmat

3. Digoreng dengan balutan tepung

Kenapa sih anak-anak suka sekali dengan ayam goreng tepung? Jawabannya, karena rasanya gurih dan renyah sekali. Nah, anda bisa juga menggunakan cara ini untuk mengolah sayur-sayuran, seperti buncis, brokoli, kubis, jamur tiram, kembang kol, dan terong. Tapi ingat, anda harus tetap memotongnya kecil-kecil supaya gorengan bisa lebih garing. Untuk tepung, pakai saja tepung ayam goreng yang biasa anda gunakan supaya rasanya gurih. Jangan lupa sajikan bersama saus tomat atau mayones, ya.

Coba: Resep Jamur Krispi

4. Diracik menjadi saus spaghetti

Selain ayam goreng, anak-anak juga sangat doyan dengan mi dan spaghetti. Bentuknya yang unik dan bisa digulung-gulung menggunakan garpu mungkin jadi salah satu alasannya. Menyantap spaghetti pastinya butuh saus supaya rasanya enak. Nah, anda olah saja sayur-sayuran menjadi saus spaghetti.

Sayuran yang bisa anda gunakan selain tomat adalah bayam dan brokoli. Sayuran ini anda rebus, kemudian diblender bersama bumbu, sedikit susu cair, dan keju parut. Setelah halus, tuangkan saus ke teflon dan panaskan sebentar di api kecil hingga mengental. Saus sayuran sudah siap disiram deh ke atas spaghetti hangat.

5. Disiram saus keju gurih

Kalau anda tidak punya banyak waktu untuk mengolah makanan, trik yang satu ini bisa sekali anda coba. Anda hanya perlu memotong sayuran kecil-kecil dan merebusnya dengan sedikit garam hingga empuk. Nah, istimewanya, sayuran rebus ini anda masukkan ke dalam mangkuk, lalu siram dengan saus keju yang gurih. Usahakan saus keju menutupi seluruh sayuran sehingga anak akan menjadi penasaran dan tertarik untuk mencobanya. Sekali coba, dijamin anak anda akan sulit berhenti makan karena enaknya.

Baca juga: Cara Membuat Saus Keju Homemade

 

Itu dia 5 trik yang bisa anda praktikkan dalam mengolah sayuran. Hal yang paling penting yaitu sebisa mungkin sembunyikan bentuk asli dari sayuran supaya anak anda terkecoh dan mau untuk menyantapnya. Semoga berhasil ya!