Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Kalau ditanya apa jajanan tradisional favorit saya, saya pasti akan menjawab kue lapis. Karena selain manis dan kenyal, bentuk dari kue lapis juga cantik dan berlapis-lapis, sesuai namanya. Bagian favorit saya itu ketika menarik lapis demi lapis kue yang kenyal, lalu menyantapnya satu per satu lapisannya. Dan seperti biasa, saya lebih pilih untuk membuatnya sendiri di rumah, dibanding harus membeli yang sudah jadi di luar.

Banyak orang bilang jika membuat kue lapis itu gampang-gampang susah, bahkan tak sedikit yang gagal. Nah, masalah terbesar yang paling sering dijumpai adalah lapisannya yang tidak menempel satu sama lain. Alhasil ketika dipotong, kuenya berceceran. Kalau sudah seperti itu, bentuknya jadi tidak cantik lagi. Tapi tenang saja, saya punya tips sukses membuatnya. Daripada penasaran, yuk cek selengkapnya di bawah ini!

1. Gunakan bahan-bahan segar dan terbaik

Untuk mendapatkan lapis yang enak, sebaiknya anda menggunakan bahan terbaik. Seperti tepung hunkwe yang masih baru dan sudah diayak sebelumnya, atau santan yang baru diperas (bukan santan instan). Pastikan juga peralatan yang anda gunakan bersih dan kering.

2. Aduk adonan secara merata

Hal yang harus diperhatikan ketika membuat adonan lapis adalah saat pencampuran bahannya. Pastikan anda mengaduk semua bahan sampai benar-benar tercampur rata dan tidak ada tepung yang menggumpal. Oleh sebab itu, mengayak bahan-bahan kering itu sangatlah penting agar butirannya seragam dan tidak ada yang bergerindil.

3. Olesi loyang dengan minyak

Agar lapis tidak lengket dan mudah dikeluarkan dari loyang, sebaiknya anda mengolesi permukaan loyang dengan minyak goreng. Oleslah tipis-tipis saja agar nantinya lapis tidak terlalu berminyak ketika dihidangkan.

4. Susun lapis secara bertahap

Jika adonan sudah dibagi jadi beberapa bagian dan diberi warna, sekarang saatnya anda menuang lapisan pertama, lalu kukus selama beberapa menit (lama masak tergantung tebal tipisnya tiap lapisan kue). Setelah kue mulai mengeras, keluarkan loyang, lalu isi dengan adonan warna lain dan kukus kembali. Cara tersebut bisa anda ulangi beberapa kali, tergantung berapa lapisan yang ingin anda buat.

5. Hindari memotong lapis saat masih panas

Saat kue lapis anda sudah matang, segera keluarkan dari kukusan, lalu tunggu hingga kue lapis dingin. Hindari langsung mengeluarkan lapis dari loyang dan memotongnya ketika masih panas. Kue lapis yang masih lembek ini akan hancur karena menempel pada pisau. Kalau sudah begini, jadi tidak cantik lagi, kan.

Ternyata mudah kan membuatnya dengan beberapa tips praktis di atas.Yuk, mulai membuat kue lapis sendiri di rumah dengan 2 resep simpel nan murah meriah berikut ini.