Penulis: Ninna.L

Hal yang paling membuat saya excited dalam menyambut lebaran adalah saat membuat aneka kue kering. Apalagi bagian mencetak dan menghias. Saya bisa anteng sampai berjam-jam di dapur! Nah, setelah kue matang dan dingin, saya akan menatanya dalam toples-toples cantik yang sengaja saya beli dan persiapkan.

Lumayan lah, untuk mempercantik ruang tamu nanti. Menyajikan kue kering ternyata juga ada triknya tersendiri, lho. Agar kue tidak cepat rusak dan tetap dalam kondisi terbaiknya saat dinikmati, ada cara-cara simpel yang bisa anda coba.

1. Simpan kue kering dalam toples kedap udara

Kue kering memiliki ketahanan yang cukup lama bahkan sampai berbulan-bulan. Tapi jika teksturnya sudah tidak renyah, maka rasanya pun akan berbeda dan sudah tidak terlalu nikmat untuk disantap. Karena itu, pemilihan toples yang digunakan untuk menyajikan kue kering sangat penting. Pastikan anda menggunakan toples kedap udara agar kue renyah lebih lama. Usahakan juga untuk menutup kembali toples dengan rapat setelah dibuka.

2. Sajikan kue dengan icing terlebih dulu

Ada banyak jenis kue kering yang disajikan saat lebaran. Salah satunya adalah kue-kue yang dihias dengan gula icing warna-warni atau cokelat yang biasa disebut sugar cookies. Nah, saat anda akan menyuguhkan kue pada tamu, usahakan untuk menghidangkan kue hias tersebut terlebih dahulu.

Karena icing gula dan cokelat biasanya tidak bertahan lama dan mudah mencair, sehingga tampilan kue pun menjadi tidak cantik lagi. Jika kue-kue hias tersebut sudah habis atau tinggal sisa sedikit, barulah anda bisa menyajikan jenis kue kering lainnya.

3. Jangan campur berbagai jenis kue dalam satu toples

Saat berkunjung ke rumah kerabat, saya sering sekali melihat mereka menyajikan berbagai jenis kue dalam satu toples yang sama. Padahal sebenarnya, hal tesebut kurang baik. Selain akan merusak tampilannya, mencampur berbagai jenis kue dalam satu toples akan membuat rasa dan aroma dari kue-kue tersebut tercampur.

Bahkan, kue pun bisa menjadi cepat rusak. Jadi usahakan untuk hanya menata satu jenis kue saja dalam satu toples. Meskipun akan membutuhkan banyak toples, tapi cara tersebut bisa membantu agar kue anda agar terjaga rasa dan aromanya, serta tidak mudah rusak atau melempem.

4. Kemas kue kering dalam plastik atau kemasan kecil

Ada banyak varian kue kering yang disajikan saat kumpul lebaran. Biasanya tamu atau kerabat hanya akan mencicipi masing-masing kue sedikit saja sebelum beralih pada kue atau sajian berikutnya. Karena itu, anda bisa mencoba mengemas kue tersebut dalam plastik kecil yang bisa memuat beberapa buah kue dari tiap variannya.

Selain bisa membuat toples terlihat lebih rapi, mengemasnya juga bisa mencegah kue diacak dan berantakan sehingga jadi lebih cepat rusak. Kemasan kecil kue ini juga bisa jadi oleh-oleh unik untuk dibawa pulang anak-anak.

Dengan trik penyajian yang tepat, maka kue-kue yang anda punya bisa awet lebih lama dan tampilannya tetap cantik seiring dengan tamu-tamu atau kerabat yang berdatangan. Semoga bermanfaat!