Penulis: Vira

Indonesia sebagai negara dengan banyak provinsi, pastinya memiliki kuliner yang berlimpah dengan ciri khas yang berbeda-beda. Nah, kali ini kita akan membahas kuliner dan oleh-oleh khas dari kota metropolitan yang paling ramai di Indonesia, yaitu Jakarta.

Jakarta merupakan kota pusat pemerintahan dan perekonomian yang mengumpulkan berbagai masyarakat dari berbagai penjuru Indonesia. Sehingga di sini ada begitu banyak kuliner, hampir segala jenis makanan di Indonesia dapat ditemukan. Hal ini pula yang menyebabkan banyak orang kurang tahu dengan kuliner serta oleh-oleh asli khas Jakarta sendiri. Penasaran kan sebenarnya apa sih kuliner dan oleh-oleh khasnya? Yuk, cari tahu lewat artikel ini.

Kuliner khas Jakarta

1. Soto betawi

soto-betawi

Dilihat dari namanya pun semua orang sudah tahu darimana makanan ini berasal, yaitu dari Betawi. Sebenarnya, makanan khas Jakarta tak jauh berbeda dengan makanan khas Betawi sehingga segala makanan khas betawi bisa saja disebut makanan khas Jakarta. Soto betawi ini salah satu kuliner yang nggak boleh kamu cuekin kalau ke Jakarta. Soto betawi ini terbuat dari santan atau susu yang gurih dengan potongan-potongan daging, kentang, dan tomat yang bikin rasanya lezat. Soto betawi ini paling pas kalau dihidangkan ketika masih panas ditemani dengan nasi putih dan emping. Jadi bikin ngiler nih! Kamu juga bisa lho membuatnya di rumah dengan resep maknyus ini: Soto betawi asli

2. Ketoprak

ketoprak
(Image: Tipskeren)

Wah kalau ini pas banget buat kamu para pecinta saus kacang. Sajian ketupat atau lontong ditemani dengan bihun, tauge, irisan tahu goreng yang disiram dengan saus kacang ini bercita rasa gurih dan nikmat. Yakin deh, kamu bakal nyesel kalau gak coba kuliner yang satu ini. Kalau kamu makan ketoprak, jangan ketinggalan kerupuknya, ya! Gak akan lengkap kalau kamu makan ketoprak tanpa kerupuk. Coba tebak kerupuk mana yang tepat diantara daftar kerupuk ini.

3. Nasi Uduk

Nasi uduk ini sudah menjadi favorit banyak orang lho. Kalau kamu ke Jakarta, pasti kuliner ini bisa kamu temukan dimana-mana, pagi bahkan malam hari. Nasi uduk ini biasanya jadi menu sarapan wajib bagi beberapa orang. Selain harganya yang murah, kuliner yang terbuat dari beras putih yang dimasak dengan santan, daun serai, daun salam, dan daun jeruk ini punya rasa enak yang khas. Nasi uduk biasanya dihidangkan dengan irisan telur dadar, tempe orek, bihun, dan ayam goreng. Daripada ngiler membayangkan gimana enaknya, langsung yuk buat sendiri dengan resep lezat ini: Nasi Uduk Betawi Komplit

4. Kerak telor

kerak-telor
(Image: Jajanpinggiran)

Kamu gak begitu suka dengan makanan berat? Cocok banget nih coba kuliner khas Jakarta yang satu ini. Yap, kerak telor namanya! Kalau kata penduduk asli nih, belum lengkap ke Jakarta jika belum nyobain ini. Kerak telor adalah masakan khas Jakarta yang terbuat dari beras ketan yang dibuat kerak, dengan sebelumnya dicampur terlebih dahulu dengan telor. Selain dengan beras dan telur, bahan lainnya yaitu taburan parutan kelapa kering (serundeng) yang memiliki rasa gurih dan lezat. Ada yang unik lho dari kuliner yang satu ini, yaitu cara pembuatannya yang dipanaskan di atas tungku arang. Tradisional banget, kan?

5. Es selendang mayang

Kamu mau yang seger-seger dan cocok dihidangkan pas cuaca lagi panas? Es selendang mayang bisa jadi pilihan kamu. Es selendang mayang memiliki isian semacam puding berbahan dasar tepung beras dan hunkwe, yang dipotong kecil-kecil, kemudian disiram dengan santan dan gula merah. Sajian ini memiliki warna yang sangat menarik sehingga bikin kamu makin lahap saat menyantapnya. Segar!

Oleh-oleh khas Jakarta

1. Roti buaya

roti-buaya
(Image: Rotibuaya)

Kalau dilihat dari namanya, pasti tahu dong roti ini bentuknya kayak gimana? Bener banget, pastinya berbentuk buaya dengan ukuran yang lebih kecil. Kalau menurut orang Betawi, roti ini melambangkan kesetiaan sehingga biasa dijadikan seserahan dalam perkawinan adat betawi dan sama sekali bukan untuk dimakan lho! Buat kamu yang ingin menjadikannya oleh-oleh, roti buaya ini hadir dengan aneka varian rasa dan teksturnya yang lebih empuk. Untuk mendapatkannya, kamu tinggal mampir ke pusat jajanan atau oleh-oleh kok.

2. Kembang goyang

kembang-goyang
(Image: Kerjanya)

Kue kembang goyang ini adalah salah satu kue tradisional dari Betawi. Bentuknya yang menyerupai bunga jadi salah satu daya tarik tersendiri buat para penggemar kue ini. Kue ini terbuat dari adonan tepung beras ditambah gula pasir, telur, dan vanilli dengan aroma khas karena ditambah perasan air jahe. Nama kue ini diambil dari cara pembuatannya yang unik, yaitu dengan cara digoyang-goyang dalam minyak panas sampai adonan terlepas dari cetakan.

3. Dodol betawi

(Image: Makanankhasjakarta)
(Image: Makanankhasjakarta)

Oleh-oleh yang satu ini kudu dan musti dibeli nih kalau kamu main ke Jakarta. Sebenarnya dodol ini gak jauh berbeda sama dodol khas kota lain. Keunikannya terletak pada bahan yang digunakan yaitu campuran ketan hitam, ketan putih, dan durian. Pembuatannya pun masih menggunakan cara yang tradisional dengan tungku kayu bakar sehingga pembuatannya memakan waktu cukup lama.

4. Bir pletok

bir-pletok
(Image: Kokimasak)

Wah, kalau liat nama dari minuman ini pasti mikirnya mengandung alkohol yang bisa bikin mabuk, ya? Tenang aja, meskipun mengandung kata bir dalam penamaannya, nyatanya minuman ini 100% bebas alkohol kok. Bir pletok ini terbuat dari bahan bahan tradisional seperti sari jahe asli, sari bunga selasih, gula, dan beberapa jenis akar-akaran sehingga bisa bikin badan kamu semakin seger dan sehat. Bir pletok ini biasanya jadi pelengkap bersama konsumsi dodol betawi.

Bagaimana? Sudah dibikin belum daftar kuliner yang harus kamu cicipi kalau main ke Jakarta dan oleh-oleh yang harus dibeli? Semua yang disebutkan di atas, mudah untuk kamu dapatkan dan dengan harga yang terjangkau. Selamat berwisata kuliner, ya!