“Tujuh belas agustus tahun empat lima

Itulah hari kemerdekaan kita

Hari merdeka nusa dan bangsa

Hari lahirnya bangsa Indonesia

Merdeka”

Itulah sedikit cuplikan dari lagu berjudul Hari Merdeka, ciptaan H. Mutahar. Penulis yakin kamu membacanya sambil bersenandung mengikuti irama kan guys

Penulis sedang dalam mood berbahagia nih karena hari ini kita merayakan ulang tahun Indonesia yang ke-71!! Dirgahayu Indonesia, merdeka!

Pasti jam-jam segini, kamu semuanya sedang mantengin tv atau sedang streaming siaran langsung upacara bendera dan pembacaan proklamasi dari Istana Negara kan, kita samaan soalnya.

Pas banget dalam suasana gembira ini, ResepKoki ingin sekali mengingatkan kembali akan kekayaan kuliner nusantara yang terbentang dari sabang hingga merauke. Setiap daerah memiliki kekhasan unik kulinernya masing-masing, jangan sampai kamu lupakan loh! Kali ini ResepKoki akan mengulas mengenai kudapan atau jajanan khas nusantara, yang juga dilengkapi resep-resepnya. Jadi mumpung hari libur, kamu yang kangen jajan khas daerahmu atau ngiler mupeng mbayanginnya bisa langsung cuuuss mencoba resep berikut di dapur dan menikmatinya bersama keluarga. Selamat mencoba!

1. Sosis solo

Yup, ga perlu dijelaskan lebih lanjut ini jajanan khas daerah mana kan. Sosis ini sebenarnya memiliki dua variasi, digoreng dan dikukus. Dua-duanya sama enaknya! Kali ini ResepKoki memberikan resep yang dikukus ya. Jangan lupa sajikan dengan cabe rawit, maka akan semakin maknyuss.

2. Kikicak

Kikicak ini merupakan kudapan manis khas Kalimantan Selatan. Memiliki tekstur kenyal dan dimakan bersama parutan kelapa yang sudah dimasak bersama gula jawa hingga kering. Yumm legitnya.

3. Panada

Panada adalah jajanan khas Manado. Bentuknya mirip dengan kue pastel namun isiannya jauh berbeda. Panada biasanya menggunakan isian dari suwiran ikan laut yang dibumbui pedas. Wah, unik banget kan!

4. Sawut Singkong

Ini enak banget! Memang sih bahan dasarnya singkong, tapi kamu ga akan nyangka, singkong ternyata bisa diolah menjadi makanan seenak ini. Legit dan manisnya sungguh pas. Jajanan manis ini berasal dari Jogja namun hampir selalu ada di semua daerah pedesaan Jawa Tengah.

5. Kue Cucur

Ini mainstream banget kan guys, tapi selalu ngangenin apalagi bila disajikan panas-panas, hmm laziiis. Pasti udah hafal banget ini kue asli daerah mana. Yak, betawi! Bener banget. Tapi tahukah kamu kalo ternyata Manado juga memiliki kue cucur versinya sendiri, hmm menarik yah.

6. Misro

Eneng geulis mana suaranyaa? Yak! Misro ini merupakan jajanan tradisional khas Jawa Barat terutama Bandung. Ini merupakan jajanan yang sudah cukup populer kan, berbahan dasar singkong dengan isian manis dari parutan gula jawa. Yuuuum

7. Wingko Babat

Semarang punya nih, dan ternyata membuatnya sangat mudah sekali. Sajikan hangat bersama teh atau kopi di sore hari nanti pasti juaraak!

8. Nagasari

Awalnya kue ini berasal dari Jepara namun sepertiya kue ini sudah menjadi khas seluruh daerah Indonesia, hampir di setiap daerah ada! Pisang dengan balutan adonan tepung beras bersantan, dengan aroma sedap dari daun pandan dan daun pisang pembungkus. Hmmm!

9. Lepet

Ada banyak sebutan untuk kue ini, di Jawa Tengah dengan lepet, di Sunda dengan leupet. Kue ini juga paling banyak modifikasinya. Ketan menjadi bahan utamanya, namun campurannya sungguh bervariasi, mulai dari jagung, kacang tanah, kacang tolo, kacang merah hingga pisang! Wah bisa galau seharian nih mau coba masak yang mana. 

10. Arem-arem

Banyak sebutan juga untuk makanan ini, ada yang menyebutnya arem-arem, ada juga yang lebih familiar menyebutnya dengan lontong. Sekarang jajanan ini tidak hanya dianggap sebagai snack, arem-arem sering disantap sebagai sarapan atau bekal di perjalanan, karena sifatnya yang mengenyangkan dan praktis dibawa kemana-mana.

Versi original jajanan ini yaitu nasi gurih dengan isian sambal goreng hati sapi dan kentang, digulung dengan kulit dari adonan telur dan tepung, baru kemudian dibungkus daun pisang untuk dikukus. Namun sekarang ada banyak modifikasinya, seperti menggunakan isian sayuran wortel dan kentang atau dengan isian oncom. Enaknyaaa!