(Image: Shutterstock)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Saya tak bisa menolak makanan instan. Saya pasti tergoda meskipun kandungan gizinya kurang baik untuk dikonsumsi tiap hari. Karena harus menimbang-nimbang antara nikmatnya makan dan kesehatan, saya pun beralih ke microwave. Biasanya microwave digunakan untuk memanaskan makanan saja, tapi ternyata bukan itu saja. Pemanas ini bisa masak berbagai jenis makanan enak, cepat, lebih sehat dan dijamin memanjakan lidah anda. Pastinya popcorn tidak termasuk ya, hihihi. Mau tahu apa saja? Scroll ke bawah, dong!

1. Keripik Kentang

Awalnya saya tidak percaya, tapi nyatanya beneran bisa, lho! Kunci utama dari keripik microwave adalah pertama, iris kentang setipis mungkin sampai irisan terlihat agak transparan. Kalau kurang yakin dengan hasil potongan sendiri, pakailah peeler yang terhitung lebih mudah dan cepat. Kedua, rendam dulu irisan kentang dalam air dingin agar patinya hilang. Cara ini dapat membuat keripik lebih renyah dan matang lebih cepat. Sisi baik dari keripik microwave adalah nutrisi yang terjamin dan yang pasti tanpa pengawet, dong!

2. Baked Potato atau Mashed Potato

Image: Baked by Nature

Selain keripik, kentang juga bisa dipanggang atau dihaluskan. Soal rasa, coba deh kreasikan dengan berbagai topping dan bumbu. Kalau saya pribadi suka pakai keju, sedikit bawang putih, dan taburan peterselli cincang. Apalagi waktu baru keluar dari microwave dan asapnya masih mengebul, hmm, mantap banget!

3. Omelette

Image: Annie’s Country Kitchen

Siapa bilang masak telur harus di atas wajan? Ternyata dengan microwave pun sama enaknya! Cukup kocok telur, tambahkan berbagai topping, dan panggang! Waktu memanggangnya pun tak lama alias hanya 1-2 menit saja, lho. Cocok sekali bagi anda yang punya sedikit waktu untuk sarapan. Selain omelette, masih banyak olahan telur dengan microwave lainnya seperti pouched egg dan telur orak-arik.

4. Mug Cake

Setelah yang asin-asin, saatnya bikin pencuci mulut! Anda bisa banget buat kue dengan microwave. Bahannya pun simpel yakni terigu, telur, gula, dan susu. Kalau anda ingin mug cake cokelat, cukup tambahkan cokelat bubuk. Oh ya, jangan lupa tambahkan topping seperti keju, chocolate chip, kacang-kacangan atau favorit saya: whipped cream!

5. Pizza in A Mug

Image: Bigger Bolder Baking

Atau kalau bosan dengan kue mug yang manis, bisa juga dibuat jadi pizza. Hah, rasanya bagaimana? Tak perlu khawatir karena rasanya sama seperti pizza ala resto Italia. Ada dua lapis bahan dalam makanan ini yakni lapisan satu diisi adonan roti biasa dan lapisan dua diisi topping saus, keju, pepperoni, jamur, dan semua yang anda suka. Daripada menunggu pizza delivery yang datang 30 menit lebih, buat pizza mug dengan microwave cuma butuh 2 menit saja! Wow!

6. Mac ‘n Cheese

Image: Spicy Southern Kitchen

Satu lagi yang berkeju dan merupakan favorit saya: mac ‘n cheese! Cuma butuh tiga bahan untuk bikin ini yaitu makaroni yang sudah di rebus, susu cair, dan keju yang banyak sekali! Biasanya saya makan ini saat patah hati dan ingin melampiaskannya pada sesuatu. Rasanya jadi nyaman setelah makanan ini dan ampuh membangkitkan semangat lagi, hihihi, selamat mencoba ya!

7. Sup

Menu ini sama mudahnya dengan jenis makanan sebelumnya. Anda bisa buat berbagai sup seperti sup jagung, sup tahu, dan lainnya. Potong bahan-bahan kesukaan anda lalu campurkan dengan kuah kaldu dan panaskan dalam microwave. Mudah sekali, kan? Selain sup bening, anda juga bisa buat sup krim, lho. Saya pernah sukses buat sup krim jamur pakai microwave dan rasanya, duh, bikin nambah lagi!

Gimana daftar di atas? Bikin anda ngiler juga, kah? Oh ya satu tips penting. Kalau ingin masak dengan microwave, pakailah wadah, piring, mangkuk, atau mug yang tahan panas ya misalnya yang terbuat dari keramik. Karena kalau tidak, wadah bisa melepuh atau pecah sehingga tercampur ke makanan anda, lho. Selamat mencoba!

Aneka Makanan Microwave Lezat dan Praktis
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)