Penulis: Niahappy

Bosen dengan menu ikan goreng yang itu-itu saja? Berikut 7 rekomendasi masakan ikan goreng yang enak dan tidak membosankan. Yuk, coba buat!

1. Ikan Kembung Goreng Bumbu

Dibanding jenis ikan lainnya, ikan kembung lebih berdaging dan tidak berduri. Ikan kembung juga memiliki kandungan gizi yang tinggi, bahkan omega 3 yang lebih tinggi dari ikan salmon. Populasinya sangat melimpah dan harga ikan kembung juga terjangkau.

Sajian ikan kembung yang paling banyak digemari adalah ikan goreng bumbu. Bukan tanpa alasan, ikan yang digoreng ini tentu punya rasa yang gurih dan tekstur yang garing. Dengan campuran bumbu-bumbu rempah yang meresap, ikan goreng akan sangat enak jika dinikmati bersama sepiring nasi panas dan sambal favorit Anda.

Bersihkan ikan dan buat guratan di badannya. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam, dan kunyit. Lumurkan ikan dengan bumbu halus dan perasan jeruk nipis, lumurkan secara merata sampai bagian dalamnya.

Diamkan kurang lebih selama 30 menit agar bumbunya meresap. Siapkan minyak panas lalu goreng ikan sampai matang.

Baca Juga: Resep Ikan Kembung Goreng Bumbu

2. Pecak Lele

pecak lele betawi sedap

Sambal pecak khas Betawi kali ini menggunakan kacang tanah goreng yang ditumbuk. Cita rasanya pun jadi semakin kuat dan ‘dalam’. Ikan bisa digoreng hingga tingkat kematangan sesuai selera yaitu kering renyah atau empuk berdaging.

Cuci bersih ikan lele. Lumuri ikan lele dengan air perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan sesaat. Bilas kembali. Haluskan bawang putih, kunyit, ketumbar, dan garam. Marinasi ikan dengan bumbu halus lalu diamkan selama 15 menit. Panaskan banyak minyak. Goreng ikan lele hingga matang. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.

Ulek halus bawang merah, jahe, cabai rawit, cabai merah keriting, gula merah, dan garam. Didihkan air dalam panci. Masukan bumbu halus hasil ulekan di atas. Aduk rata. Masukan kacang tanah halus. Aduk rata. Tuang air jeruk nipis. Aduk rata. Koreksi rasanya. Matikan api.

Taruh ikan lele dalam piring saji. Siram dengan sambal pecak. Siap disajikan bersama nasi putih hangat.

Baca Juga : Resep Pecak Lele

3. Ikan Bandeng Presto

Ikan bandeng presto

Bagi Anda yang doyan makan ikan bandeng, hidangan bandeng presto ini pasti jadi olahan favorit. Sebab, duri-duri tajam yang ada dalam ikan bandeng bisa jadi sangat empuk jika dipresto. Biasanya, ikan bandeng dipresto dengan alas daun pisang baru kemudian digoreng supaya garing.

Bersihkan dan buang kotoran ikan bandeng. Lumuri dengan garam dan air jeruk nipis. Biarkan 10 menit. Cuci ikan lalu lumuri dengan bumbu halus, diamkan selama 30 menit. Taruh selembar daun pisang di dasar panci presto lalu susun ikan di atasnya.

Tuang air ke dalam panci sampai setinggi ikan yang paling atas. Masak selama kurang lebih 2 jam, menggunakan api kecil. Setelah 2 jam biarkan sampai uap panasnya hilang dan tutup pancinya bisa dibuka. Biarkan ikan di dalam panci presto sampai dingin lalu angkat. Panaskan minyak banyak, goreng ikan hingga kecokelatan.

Baca Juga : Resep Ikan Bandeng Presto

4. Ikan Gurame Asam Manis

Ikan gurame asam manis goreng

Salah satu ikan air tawar yang banyak disukai ialah ikan gurame. Variasi olahan dari ikan gurame ini juga sangatlah banyak, mulai dari gurame saus tiram, gurame tepung, gurame bakar, hingga gurame asam manis. Yang akan dibahas pada resep kali ini. Rasaya yang gurih dengan daging lembut, dipadukan dengan bumbu asam manis sangatlah lezat.

Lumuri fillet ikan dengan bawang putih parut, garam, merica, dan air jeruk. Diamkan selama 15 menit. Gulingkan dan balur fillet ikan, termasuk tulangnya, ke bahan pelapis.

Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga dan berwarna kecokelatan. Angkat dan sisihkan. Tata ikan gurame dan fillet gorengnya dalam piring saji. Siram dengan saus asam manis di atasnya. Sajikan langsung selagi hangat.

Baca Juga : Resep Gurame Asam Manis

5. Fish and Chips

fish and chips

Fish and chips memiliki cita rasa yang gurih. Tekstur pada ikan dorinya renyah di luar dan lembut di bagian dalam. Selain chips (French fries atau wedges), Anda juga bisa membuat mashed potato sebagai pelengkap ikan. Anda bisa mencoba membuatnya dengan resep di bawah ini.

Lumuri ikan dengan air perasan jeruk, garam, dan lada. Diamkan selama 15 menit. Siapkan wadah terpisah untuk tepung terigu dan tepung roti. Siapkan juga kocokan telur dalam satu wadah. Panaskan minyak banyak.

Lumuri ikan dengan tepung terigu. Celupkan dalam kocokan telur. Llu baluri dengan tepung roti sambil ditekan-tekan agar tepung menepel sempurna di seluruh permukaan ikan. Goreng dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Sajikan ikan bersama French fries atau potato wedges, salad sayur, irisan lemon, dan saus tartar.

Baca Juga : Resep Fish and Chips

6. Ikan Goreng Tepung Saus Telur Asin

Image: springtomorrow.com

Saat ini telur asin sangat popular dijadikan saus telur asin. Saus berbahan dasar kuning telur asin ini dapat diubah menjadi bahan saus cocolan, siram, bahkan filling dari aneka makanan. Nah, saus telur asin ini sangat cocok jika dipadukan dengan ikan yang dibalut tepung krispi. Lembut di dalam garing di luar dan creamy.

Saus Telur Asin: Ambil bagian kuning telurnya saja. Campurkan dengan susu, aduk hingga kuning merata. Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang bombai, dan cabai hingga harum. Kemudian, masukan kuning telur yang sudah dicampur susu tadi. Tuang larutan maizena, tambahkan garam, lada, dan gula. Masak hingga mengental. Tambahkan daun jeruk dan daun bawang yang sudah diiris kasar.

Potong-potong ikan patin. Balur ikan patin dengan cuka lalu cuci bersih. Marinasi ikan dengan kecap asin, kecap ikan, bawang putih, dan lada selama 30 menit. Tiriskan. Ambil 1/3 bagian tepung, beri air es sampai cukup kental. Aduk rata. Baluri potongan ikan satu persatu ke adonan tepung kering. Tepuk-tepuk sisa tepung. Goreng di minyak yang panas dengan api sedang. Goreng hingga lapisan tepung berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Angkat. Sajikan ikan bersama saus telur asin di atasnya.

7. Ikan Asin Bilis Lado Ijo

Ikan asin khas Sumatera Barat ini, memang paling enak dicampur dengan sambal cabai hijau, yuk, coba buat!

Pertama goreng kering ikan asin bilis. Sisihkan. Tumis bawang putih, bawang merah, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas sampai harum. Tambahkan cabai hijau, tomat, garam, dan gula pasir, masak sampai layu. Masukan ikan asin, aduk rata. Angkat. Sajikan.