Penulis: Tia | Editor: Ria

Saat ini, sepertinya hampir seluruh rumah sudah memiliki microwave. Alat masak elektronik ini memang dikenal multifungsi, bisa untuk merebus, memanaskan, hingga memanggang. Jadi, dianggap sangat memudahkan proses memasak. Satu alat bisa untuk semua deh pokoknya.

Microwave memiliki cara kerjanya sendiri sehingga bisa memasak makanan tanpa api, yakni dengan memancarkan radiasi gelombang mikro. Microwave juga ternyata memiliki macam-macam jenis yang disesuaikan dengan fungsi memasaknya. Penasaran bagaimana cara kerja dan apa saja jenis-jenis microwave? Cek artikel di bawah ini ya supaya tidak salah lagi dalam menggunakannya.

Cara kerja

Microwave bekerja dengan cara memancarkan radiasi gelombang mikro melalui makanan. Gelombang mikro tersebut memicu molekul air dalam makanan saling bergesekan sehingga dapat memproduksi panas yang mematangkan makanan. Oleh karena itu, makanan yang memiliki kandungan air tinggi seperti sayuran dapat lebih cepat matang.

Panas yang diproduksi dari molekul air ini juga menyebabkan panas tidak akan diserap oleh wadah makanan dari bahan gelas, plastik khusus, dan keramik. Wadah akan tetap terasa hangat, tetapi suhunya tidak sepanas makanan. Di dalam microwave juga terdapat piring besar yang memutar. Piring ini akan memutar makanan selama proses agar mendapatkan panas yang merata keseluruh bagiannya.

Jenis

Ada 3 jenis microwave yang bisa anda temukan di pasaran. Walaupun dari luar bentuknya tidak jauh berbeda, tapi masing-masing memiliki fungsinya sendiri. Ketiga jenis microwave tersebut, yaitu:

  • Microwave biasa
Image: wikipedia.org

Ini adalah jenis microwave yang saya punya di rumah. Fungsinya sangat mendasar, yakni menghangatkan dan memanaskan. Microwave ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk memasak, tapi hanya yang simpel-simpel saja. Kalau saya, biasanya menggunakan microwave ini untuk membuat popcorn, memasak mi instan, memanaskan makanan sisa semalam, atau mencairkan daging beku.

Baca juga: 6 Cara Mudah dan Cepat Mencairkan Daging Giling Beku

  • Grill microwave
Image: euronics.co.uk

Seperti namanya, microwave ini memiliki fungsi tambahan untuk memanggang makanan. Jika membeli microwave jenis ini, anda akan mendapat tambahan alas berjeruji yang biasa digunakan untuk memanggang. Grill microwave dapat digunakan untuk memanggang ikan, ayam, dan daging. Tapi daging yang akan dipanggang ini tidak bisa terlalu besar dan banyak, ya. Soalnya, nanti kematangannya tidak merata.

Baca juga: Aneka Makanan Microwave Lezat dan Praktis

  • Convection microwave
Image: appliancesonline.com.au

Convection microwave singkatnya adalah gabungan dari microwave dan convection oven, sehingga makanan dimasak oleh suhu panas dan gelombang mikro. Makanan yang dimasak dengan convection microwave akan lebih cepat matang dan permukaannya memiliki warna kecokelatan. Convection microwave ini tidak hanya bisa digunakan untuk memasak simpel dan memanggang daging saja lho. Tetapi juga bisa untuk memanggang kue seperti brownies dan pizza.

Baca juga: Apa Bedanya? Microwave vs Mini Toaster

Kelebihan

Microwave memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

  • Waktu memasak lebih singkat

Kalau menggunakan microwave, makanan dimasak dalam ruang yang tertutup. Panas pun jadi terfokus pada makanan dan tidak menguap ke mana-mana. Selain itu, gelombang mikro yang memicu molekul air pada makanan juga membuat makanan cepat panas. Alhasil, makanan yang dimasak menggunakan microwave akan matang dengan lebih cepat.

  • Lebih sehat

Memasak dengan microwave, anda dapat mengurangi penggunaan minyak. Makanan yang dihasilkan pun akan memiliki kandungan lemak dan kalori yang lebih rendah. Selain itu, microwave juga dapat meminimalisir hilangnya nutrisi pada makanan karena waktu memasak yang relatif lebih singkat dibandingkan menggoreng atau merebus.

  • Pengaturan suhu tepat

Terkadang saat memasak, kita tidak tahu berapa suhu yang tepat supaya makanan matang dengan sempurna. Nah, kalau menggunakan microwave, hal ini tidak perlu dikhawatirkan lagi. Soalnya, salah satu keunggulan dari microwave adalah dapat mengatur suhu sesuai dengan makanan yang sedang dimasak.

Kekurangan

Di samping kelebihan yang dimiliki, microwave juga punya beberapa kekurangan:

  • Tidak bisa menggunakan sembarang wadah

Anda tidak bisa sembarang memakai wadah saat memasak dengan microwave. Wadah memasak seperti panci yang terbuat dari logam sangat tidak disarankan karena gelombang mikro tidak dapat menembus. Hasilnya, makanan tidak akan matang. Selain itu, wadah plastik atau melanin yang tidak microwave safe juga lebih baik dihindarkan. Karena dikhawatirkan dapat mengeluarkan zat kimia berbahaya saat dipanaskan.

Baca juga: 4 Tips Aman Sehat Menggunakan Wadah Plastik ke Microwave

  • Tidak bisa terlalu sering buka-tutup untuk mengecek makanan

Jika menggunakan microwave, anda harus tahu waktu memasak yang tepat untuk setiap makanan. Anda tidak bisa mengira-ngira seperti saat menggoreng atau merebus. Karena, kalau terlalu sering dibuka, makanan justru akan tidak matang sempurna. Biasanya, info mengenai waktu memasak ini bisa anda dapatkan di buku panduan yang terdapat di kardus microwave.

  • Permukaan makanan tidak akan tampak kecokelatan

Saat memanggang dengan microwave, anda lebih baik tidak berharap banyak akan mendapatkan permukaan yang berwarna kecokelatan. Microwave tidak memiliki suhu panas atau hot air yang dapat membuat makanan menjadi renyah dan berwarna kecokelatan. Kecuali jika anda menggunakan convection microwave, yang mana memiliki gelombang mikro dan hot air sekaligus.

  • Daya listriknya cukup besar

Cepatnya proses memasak melalui microwave ini sayangnya harus diganjar dengan daya listrik yang cukup besar. Untuk microwave biasa, daya listrik yang dibutuhkan berkisar 600-700 watt. Sedangkan untuk grill dan convection microwave, daya listrik yang dibutuhkan bisa mencapai 1000 watt. Besarnya daya listrik ini tentu akan membuat anda mengeluarkan uang lebih banyak untuk tagihan listrik setiap bulannya.

Nah, itulah beberapa informasi penting yang perlu anda ketahui mengenai microwave. Semoga informasi di atas dapat memberikan gambaran dan membantu anda untuk lebih bijak menggunakan microwave, ya.

Microwave: Cara Kerja, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangan
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 3.3 (66.67%) 3 votes