(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L

Siapa di sini yang suka makan buah naga? Saya jamin pasti kebanyakan dari anda mengangkat tangan. Buah naga atau yang terkenal dengan istilah dragon fruit memiliki banyak kandungan zat dan vitamin yang sangat baik bagi tubuh, di antaranya; vitamin C, B1, B2, B3, karoten, fosfor, zat besi, protein, dan juga karbohidrat. Tak hanya itu, karena tinggi antioksidan, buah naga juga bisa menangkal radikal bebas dan sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit.

Tekstur buah naga sendiri sebenarnya hampir sama dengan buah kiwi, memiliki banyak biji hitam yang sekilas tampak seperti biji selasih. Tapi tenang saja, anda tidak perlu khawatir akan kerepotan menyingkirkan biji-biji tersebut, karena pada dasarnya biji tersebut bisa dimakan.

Buah naga terdiri dari dua jenis; buah naga putih dan buah naga merah. Sebenarnya tidak ada perbedaan yang berarti antara buah naga putih dan buah naga merah, dari segi rasa sama, yang membedakan cuma warna buahnya saja. Anda bisa mengolah buah naga menjadi jus, salad, keripik, atau memakannya secara langsung, sesuai selera. Kalau saya lebih suka memakannya secara langsung.

Karena buah naga memiliki kulit yang cukup tebal, saya punya sedikit tips bagaimana cara mengupas buah tersebut dengan benar agar tidak belepotan ke mana-mana. Yuk disimak!

1. Siapkan peralatan

Anda hanya perlu menyiapkan talenan, pisau buah ukuran sedang, dan juga piring untuk menata buah naga yang sudah dipotong. Sedikit tips, untuk mendapatkan rasa manis dan manfaat maksimal dari buah naga, anda harus memilih buah naga yang sudah benar-benar matang. Buah naga yang sudah matang akan terasa empuk saat ditekan. Warna kulitnya pun pink-kemerahan. Pastikan juga memilih buah naga dengan kulit yang mulus ya!

2. Belah buah naga menjadi beberapa bagian

Demi memudahkan anda mengupas buah naga, anda harus membelahnya dulu menjadi beberapa bagian. Pertama-tama, potong kedua bagian ujung buah naga tersebut, lalu belah memanjang jadi dua bagian. Setelah itu, belah melintang jadi beberapa potongan kecil. Ukuran potongan bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau selera anda. Jika buah naga tersebut akan dijus, anda bisa memotongnya secara asal. Tapi jika buah naga tersebut akan disajikan sebagai kudapan segar, pastikan memotong dengan ukuran yang sama besar, ya!

3. Kupas buah naga dan sajikan di piring

Setelah memastikan bentuk dan ukuran potongan buah naga, anda bisa mulai mengupasnya. Kupas buah naga seperti anda mengupas buah mangga. Atau anda juga bisa mengupasnya dengan tangan. Kulit buah naga akan terkelupas dengan sendirinya.

Nah, sangat mudah bukan mengupas buah naga? Tapi jika anda mau cara yang lebih praktis, anda bisa membelah buah naga menjadi dua bagian, lalu memakannya langsung dari kulitnya dengan menggunakan sendok. Selain hemat waktu, anda juga tak perlu mencuci terlalu banyak perabot. Selamat mencoba!