Apa itu cuka apel? Di Indonesia, orang tidak terlalu kenal dengan cuka apel karena hampir semua hidangan khas Indonesia tidak ada yang menggunakan bahan masak ini. Sementara itu di luar negeri, cuka apel digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga dan bahan masak semenjak dahulu kala. Sebagai bahan masak, cuka apel ditambahkan pada pembuatan acar, bumbu marinasi atau ungkep, dan juga dressing salad.

Ada dua proses utama dalam pembuatan cuka apel ini. Pertama, penambahan ragi pada buah apel yang telah dihaluskan yang bertujuan untuk fermentasi gula buah menjadi alkohol. Kedua, penambahan bakteri pada campuran larutan alkohol tersebut yang akan memfermentasi lebih jauh alkohol menjadi asam asetat, yang merupakan kandungan utama dari cuka apel.

Cuka apel ternyata juga memiliki banyak manfaat kesehatan lho! Berikut ini adalah 4 manfaat utamanya.

1. Kadar gula darahmu akan tetap stabil.

Kadar gula darah yang sering melonjak akibat asupan makanan high calorie  sering dikaitkan dengan risiko penyakit Diabetes Mellitus Tipe 2. Konsumsi cuka apel saat konsumsi tersebut mampu menghindarkan terjadinya lonjakan gula darah dengan cara meningkatkan sensitivitas hormon insulin..

2. Rasa kenyang yang long lasting.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi cuka apel akan membuatmu merasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan pun berkurang. Nafsu makan yang menurun akan membuatmu makan lebih sedikit sehingga kalori yang masuk ke tubuh pun akan berkurang. Sahabat setia buat kamu yang sedang diet penurunan berat badan.

3. Anti bakteri dan jamur yang baik.

Kandungan asamnya yaitu asam asetat yang tinggi akan menciptakan lingkungan yang tidak memungkinkan bagi bakteri dan jamur untuk hidup dan menyebabkan infeksi atau gangguan kesehatan. Gangguan akibat infeksi bakteri dan jamur yang mampu diredakan dengan konsumsi atau penggunaan cuka apel yaitu seperti radang tenggorokan, hidung tersumbat, bau mulut, masalah ketombe, dan masalah jerawat.

4. Masalah perototan.

Kamu sering kram di saat tidur di malam hari? Atau sedang merasa lelah otot luar biasa sehabis olahraga? Konsumsilah rutin cuka apel ini. Kandungannya yang kaya akan zat gizi potassium mampu mengurangi terjadinya kontraksi otot yang tidak diinginkan atau kram. Juga disaat lelah berat, konsumsi cuka apel mampu membuat rasa capek atau lelah ototmu segera hilang.

Berminat mencoba? Tetapi pastikan kamu telah mengetahui tata cara mengonsumsi cuka apel yang aman. (3 Tips meminum cuka apel)