Penulis: Windy | Editor : Atsa

Jika ada pertanyaan siapa yang suka malas menghaluskan bumbu sebelum masak, sepertinya saya salah satu yang akan tunjuk tangan. Saya sering malas menghaluskan bumbu apalagi jika harus menghaluskan dari awal dan menggunakan ulekan. Saya lebih memilih food processor yang lebih praktis daripada ulekan walau banyak yang merasa bumbu ulekan akan terasa lebih enak.

Karena kita akan masak setiap hari, pastinya akan lebih mudah dan praktis jika kita membuat bumbu basah giling dan bumbu kering giling sendiri. Tapi, bagaimana ya cara menyimpan bumbu giling agar tahan lama?

Bumbu Basah Giling

1. Bumbu basah giling matang

Menumis bumbu halus merupakan proses pengolahan atau pemasakan yang paling sering digunakan. Pemasakan bumbu yang dilakukan dengan panas yang cukup akan membunuh mikroba yang ada dalam bumbu. Jadi, akan memperpanjang masa simpan bumbu. Cara ini bisa mempertahankan bumbu 2-4 minggu di suhu ruang dan 2-3 bulan di lemari pendingin.

Setelah bumbu basah giling ditumis, jangan lupa anda memasukkan ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Wadah yang akan digunakan pun harus steril. Jika anda akan menggunakan glass jar, anda dapat merebus jar terlebih dahulu selama 30 menit. Setelah selesai, masukkan bumbu giling yang masih dalam keadaan panas ke dalam jar dan tunggu hingga dingin, kemudian ditutup.

2. Bumbu basah giling mentah

Jika anda tidak ada waktu untuk menumis bumbu, bumbu giling mentah pun dapat langsung disimpan. Anda dapat menyimpan bumbu giling mentah di kulkas bagian bawah. Masukkan bumbu yang akan digunakan per hari kedalam plastik transparan kemudian tutup dengan rapat. Menyimpan di kulkas bagian bawah akan membuat bumbu giling bertahan 2-3 hari. Cara lainnya adalah menyimpannya di freezer, tapi sebelumnya bumbu dituang ke cetakan es batu cube agar mudah diambil saat akan memasak. Cara ini akan mempertahankan bumbu selama 1-2 minggu.

Bumbu Kering Giling

Dijadikan bubuk

Untuk bumbu kering, salah satu cara ampuh untuk menyimpannya dalam waktu lama adalah menjadikannya bentuk bubuk. Caranya, pertama, anda harus menyangrai bumbu kering terlebih dahulu. Setelah tercium aroma harum dan permukaan biji terlihat sedikit kecoklatan, segera angkat dan angin-anginkan hingga dingin. Lalu, giling bumbu dan tempatkan pada toples bersih dan jangan lupa beri label nama. Letakkan bumbu ditempat yang kering dan tidak terpapar matahari dan panas.

Oh ya, untuk menggilingnya saya anjurkan menggunakan blender khusus biji-bijian atau dry mill, ya. Karena jika menggunakan blender mata pisau akan tumpul atau bahkan rusak.

Baca juga: 7 Bumbu Rempah yang Punya Bentuk Bubuk Praktis

Dengan cara diatas, bumbu-bumbu akan menjadi lebih awet dan tetap bagus saat digunakan. Selain itu, memasak juga jadi lebih praktis, bukan? Selamat mencoba!

Tips Menyimpan Bumbu Giling
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 1 vote