Resep Croffle

Gambar Hasil Membuat Resep Croffle

Bahan-bahan

Hasil:
Terigu protein tinggi - 250 gram
Susu cair hangat - 175 ml
Ragi instant - 5 gram
Gula pasir - 2 sdm
Garam - 1/2 sdt
Butter, suhu ruang - 120 gram
Lainnya:
Gula pasir - secukupnya
Gula halus - secukupnya
Selai coklat - secukupnya
Kacang sangrai - secukupnya
Beli bahan dan peralatan masak - DISINI JAMIN TERMURAH

Resep Croffle

  • 2 jam 45 menit
  • Hasil: 10 buah
  • Tingkat kesulitan: Sedang

Ingredients

  • Lainnya:

Catatan

Banyak cafe saat ini menyajikan croissant waffle atau croffle sebagai menu populer andalannya. Kreasi kombinasi mengolah adonan croissant dengan teknik memanggang waffle ini pertama kali populer di cafe dan street food Korea. Kini croffle juga sedang trend di negara lain, khususnya Indonesia.

Resep croffle berikut ini adalah versi original croffle yang simple dan lezat. Cocok sekali disantap dengan ice americano atau kopi panas. Jika suka, Anda juga bisa mengreasikan dengan topping kesukaan kalian seperti coklat, selai strawberry, madu, atau green tea jam.

 

Baca Juga:


Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi
Hubungi Kami di [email protected]

Langkah

1
Sudah

Dalam wadah besar masukan tepung terigu dan garam, aduk rata. Di wadah kecil terpisah, campur susu cair hangat, ragi instan dan 2 sendok makan gula pasir. Tunggu 5-10 menit hingga ragi tampak bergelembung.

2
Sudah

Tuang susu ragi dalam wadah tepung secara perlahan sambil diaduk sampai tercampur rata.

3
Sudah

Tuang bahan di alas luas yang sudah ditabur tepung tipis-tipis, uleni adonan maju mundur sampai adonan menyatu saja, tidak perlu sampai kalis. Kurang lebih 5 menit saja sampai mulus.

4
Sudah

Bulatkan adonan, lalu tutup menggunakan plastik wrap atau serbet. Istirahatkan adonan selama 1 jam sampai mengembang.

5
Sudah

Kempiskan adonan, kemudian gilas tipis memanjang. Olesi permukaan adonan dengan butter yang sudah bersuhu ruang sampai rata, kemudian potong menjadi 4 bagian kemudian tumpuk.

6
Sudah

Lipat adonan menggulung 3 kali / 3 gulungan, kemudian simpan di freezer selama 45 menit. Balik adonan ditengah waktu (20-25 menit) agar dinginnya merata.

7
Sudah

Setelah itu keluarkan dari freezer. Tekan adonan perlahan dengan roller perlahan supaya melebar, tidak langsung digiling agar butter dan adonannya tetap terpisah. Setelah itu pipihkan dengan roller perlahan hingga adonan memanjang berbentuk jajar genjang.

8
Sudah

Potong menjadi 10 bagian mengikuti sisi adonan jajar genjang menjadi bentuk segitiga.

9
Sudah

Ambil satu bagian adonan, belah tengah bagian bawah tarik ke samping luar sedikit kemudian gulung. Lakukan sampai adonan habis, diamkan 15 menit sampai mengembang.

10
Sudah

Gulingkan croffle ke dalam gula pasir, kemudian panaskan cetakan dan panggang croffle hingga matang kecoklatan.

11
Sudah

Setelah dingin, taburi croffle dengan gula halus.

12
Sudah

Croffle siap disajikan dengan pelengkap selai coklat dan kacang sangrai.

13
Sudah

tips

1. Pastikan hanya 45 menit saat adonan dibekukan dalam freezer, jangan terlalu lama agar butter tidak pecah-pecah saat digilas kembali.

2. Jika tidak ingin dihabiskan langsung bisa disimpan di freezer dalam wadah tertutup. Saat ingin diolah tinggal keluarkan dari freezer, tunggu dinginnya hilang dan bersuhu ruang. Panggang dengan pemanggang waffle.

Add Your Comment