(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Di jaman serba praktis seperti sekarang ini, penggunaan microwave sudah jadi bagian dari kebutuhan. Dengan microwave, kita tak perlu lagi repot-repot memindahkan makanan dari piring ke dalam panci atau wajan, lalu mengaduknya di atas kompor, menunggu, dan memindahkannya kembali ke dalam wadah saji saat sudah matang. Saya sendiri merasa sangat terbantu dengan adanya microwave, karena tak hanya sekadar untuk memanaskan makanan, saya juga bisa memasak dan memanggang beberapa jenis makanan di dalam microwave. Salah satu yang paling sering saya buat adalah ubi bakar. Tinggal bungkus ubi dengan alumunium foil, dan masukkan ke dalam microwave. Sangat mudah, bukan?

Nah, biasanya wadah yang digunakan untuk microwave adalah wadah kaca atau wadah tahan panas lainnya. Sedangkan wadah plastik jarang digunakan, karena banyak yang menyatakan jika bahan plastik akan meleleh dan meracuni makanan. Tapi sebenarnya kita bisa saja kok memakai bahan plastik ke dalam microwave, dengan catatan sebagai berikut.

1. Periksa label pada wadah plastik

Sekarang ini ada begitu banyak jenis wadah plastik yang beredar di pasaran. Masing-masing jenis plastik memiliki labelnya sendiri seperti BPA free, dan lain-lain. Nah, untuk penggunaan microwave sendiri, sebaiknya anda menggunakan bahan plastik dengan label microwave-safe. Bahan plastik dengan label tersebut didesain khusus tahan panas dan aman digunakan dalam microwave. Anda pun jadi tak perlu khawatir plastik akan meleleh atau menghantarkan bahan kimia beracun.

2. Hindari menggunakan plastik sekali pakai

Anda pasti sering menyimpan wadah plastik bekas makanan seperti margarin, sereal sekali makan, sampai wadah plastik bekas es krim. Sebaiknya, wadah-wadah tersebut tidak digunakan di dalam microwave. Karena wadah-wadah tersebut biasanya tipis dan mudah meleleh, sehingga sangat berbahaya jika senyawa kimia dalam plastik tercampur ke dalam makanan anda.

3. Hindari menggunakan bahan plastik yang sudah tergores

Jika anda punya wadah plastik berlabel microwave-safe yang sudah tergores, sebaiknya jangan digunakan lagi dalam microwave. Goresan pada wadah menyebabkan lapisan pelindung plastik rusak, sehingga bahan kimia plastik bisa tercampur ke dalam makanan saat dipanaskan.

4. Usahakan agar plastic wrap tidak mengenai makanan

Jika anda menggunakan plastik (plastic wrap) untuk membungkus makanan saat dihangatkan ke dalam microwave, maka pastikan plastik tidak menyentuh permukaan makanan. Beri jarak antara makanan dan plastik. Hal tersebut bertujuan agar bahan kimia dalam pembungkus plastik tidak tercampur ke dalam makanan. Pastikan juga plastic wrap anda berlabel microwave-safe agar makanan anda tetap aman.

Menggunakan wadah plastik ke dalam microwave memang boleh-boleh saja jika anda menggunakan wadah yang tepat. Jangan pernah sekalipun menggunakan plastik yang tidak berlabel microwave-safe jika anda tak ingin bahan kimia dalam plastik tercampur dalam makanan anda dan keluarga.