(Image: Shutterstock)

Penulis: Manggarayu.K

Bawa bekal ke kantor adalah agenda mingguan saya. Kita jadi bisa buat atau beli makanan favorit yang tidak dijual dekat kantor. Namun sayang, kepuasan itu harus ditebus saat mencuci kotak bekal setelah pulang. Ketika buka kotak bekal, baunya langsung semerbak. Belum lagi noda makanan atau sambal yang tertinggal.  Ah, pokoknya bikin malas. Tak hanya kotak bekal, mencuci container plastik bekas makanan di kulkas pun pasti tertinggal bau dan noda. Lebih malas lagi kalau bau dan nodanya masih ada meski sudah dicuci. Nah, sekarang tak perlu pusing. Coba simak tips berikut yang dijamin ampuh bersihkan wadah plastik anda!

1. Lenyapkan bau tak sedap

Sebetulnya, anda bisa saja langsung cuci dengan sabun cuci piring untuk hilangkan bau. Namun ada beberapa bahan makanan yang tetap meninggalkan bau seperti masakan berbumbu. Untuk mengatasi hal tersebut, bisa diakali dengan bahan-bahan makanan di dapur ini.

Air jeruk lemon atau nipis

Jeruk lemon atau nipis memang dahsyat usir bau. Tak hanya menghilangkan amis daging, air jeruk lemon atau nipis bisa dipakai untuk hilangkan bau wadah plastik. Caranya, potong jeruk jadi 2 atau 4 bagian. Peras airnya di atas wadah, lalu usapkan bersama sisa kulit jeruknya di bagian dalam wadah. Masukkan sisa kulit jeruk dan tutup wadah. Biarkan beberapa saat dalam kulkas sampai baunya hilang. Setelah itu, cucilah dengan sabun cuci.

Ampas kopi atau baking soda

Ampas kopi memiliki aroma khas, sedangkan baking soda adalah agen pembersih yang ampuh hilangkan bau. Buatlah pasta dengan mencampurkan satu dari dua bahan tersebut dengan air secukupnya. Oleskan pasta pada permukaan wadah plastik dan tutup wadah. Biarkan selama sehari atau 2 hari dalam kulkas hingga baunya hilang, lalu cuci dengan sabun cuci.

Koran bekas

Koran mampu menyerap bau tak sedap. Caranya, sobek koran dan remas hingga menjadi bulatan. Celupkan ke dalam air dan letakkan dalam wadah plastik. Tutup wadah dan diamkan semalaman saja dalam kulkas atau freezer. Keesokkan harinya, cuci wadah dengan sabun cuci.

2. Hilangkan noda membandel

Selain bau tak sedap, masalah lain dari wadah plastik adalah noda membandel. Bisa saja anda bawa bekal yang bumbu dasarnya kunyit dan meninggalkan noda kuning karena tidak lekas dicuci. Tak perlu panik karena noda tersebut bisa dhilangkan tanpa butuh usaha keras. Cukup siapkan larutan air hangat dan pemutih, rendam wadah plastik selama 20-30 menit. Tiriskan wadah dan cuci dengan sabun cuci hingga bersih. Jika nodanya masih ada bisa diulang dari awal.

Sekarang tak perlu pusing dengan bau dan noda wadah plastik, ya. Tak hanya untuk kotak bekal dan container plastik, cara-cara di atas juga berlaku untuk segala jenis wadah plastik, ya. Selamat mencoba!