Penulis : Atsa

Ketika membaca resep-resep hidangan eropa seperti tomato cream soup dan saus spaghetti, tertulis bahan pasta tomat. Bahkan pada resep pizza, di dalamnya terdapat bahan saus tomat dan pasta tomat.

Adakah yang mengira keduanya sama? Beberapa orang mengira pasta tomat itu ya saus tomat, atau setidaknya keduanya bisa saling menggantikan. Namun ternyata keduanya memiliki kegunaan tersendiri, tidak bisa saling menggantikan.

Sebenarnya apa sih bedanya antara saus tomat dan pasta tomat? Simak perbedaannya berikut ini.

1. Komposisi Bahan

Pasta tomat adalah tomat murni atau puree tomat yang dilembutkan, tanpa tambahan bahan apapun. Bisa juga dilihat dari label komposisi bahan pada kemasan, pasta tomat hanya tertulis tomat saja. Kadar airnya juga sebagian besar telah dikurangi.

Sedangkan saus tomat, merupakan saus dengan bahan dasar utama tomat, dan telah dimasak dengan tambahan bumbu-bumbu, pengental, air, gula, garam, cuka, dan pengawet. Bisa juga dilihat di komposisi kemasan, akan tertulis lebih banyak bahan dalam komposisinya.

Nah, karena saus tomat telah dimasak dan diberi pengawet, saus tomat bisa disimpan di suhu ruang. Sedangkan, pasta tomat yang sudah dibuka tapi belum habis, perlu disimpan dalam kulkas.

2. Tekstur

Karena pasta tomat terbuat dari tomat murni yang telah dikurangi kadar airnya, bentuknya menjadi seperti pasta, atau menjadi kental yang lebih kental daripada saus.

Sedangkan saus tomat adalah puree tomat yang telah dimasak dengan berbagai bumbu, karena itulah saus tomat bisa langsung dikonsumsi begitu saja sebagai kondimen atau pelengkap makanan.

3. Rasa

Aroma dan rasa asam pasta tomat sangat kuat, sehingga pasta tomat butuh diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Biasanya pasta tomat dijadikan campuran saat mengolah sup, karena akan memberikan warna merah yang cantik. Pasta tomat juga diolah dengan bumbu-bumbu lain untuk menjadikannya saus, seperti saat membuat saus untuk spaghetti.

Rasa dari saus tomat sudah seimbang, tidak sekuat pasta tomat, karena itu bisa langsung disantap bersama hidangan lainnya. Nah, kalau menemukan resep dengan pasta tomat, anda juga tidak bisa menggantinya dengan saus tomat, karena rasa dan efek warna yang dihasilkan akan berbeda.

Baca Juga : 5 Saus Dasar untuk Sajian Pasta dan Menu Italia

4. Kemasan

Kalau dari kemasannya, pasta tomat dan saus tomat ini mudah sekali dibedakan. Pasta tomat dikemas dalam kemasan kaleng, sedangkan saus tomat botol atau sachet.

Meski kadang ada juga pasta tomat yang dikemas dalam bentuk botol, untuk membedakannya nggak susah. Baca sata labelnya, jika tertulis puree atau paste artinya pasta tomat. Selain itu, warna pasta tomat juga terlihat lebih merah cerah pekat dan terlihat kental.

5. Pemakaian dalam Masakan

Pasta tomat adalah bahan mentah yang harus dimasak dan dikombinasikan dengan bahan-bahan lain dalam resep. Saus tomat adalah produk yang telah dimasak, sehingga bisa langsung dikonsumsi begitu saja sebagai kondimen atau cocolan makanan.

Itulah perbedaan pasta tomat dan saus tomat. Jangan sampai salah dalam penggunaannya, ya. Karena rasa yang akan dihasilkan juga akan beda. Pasta tomat tidak bisa jadi cocolan nugget, saus tomat juga tidak bisa jadi campuran tomato ceam soup.

Baca Juga : Cara Membuat Nugget Ayam Praktis