Penulis : Atsa

Apakah anda tahu kalau pepaya memiliki ragam varietas? Di Indonesia saja ada banyak varietas pepaya, belum lagi yang impor dari luar negeri.

Tapi, apa saja ya jenis varietas pepaya yang paling populer dan banyak dijumpai di pasaran? Supaya nggak bingung saat memilih pepaya di pasar atau supermarket, kenali dulu bedanya. Simak ulasannya berikut ini!

Baca Juga : Tips Memilih dan Menyimpan Pepaya

1. Pepaya California

Image : www.newsly.in

Pepaya california merupakan salah satu pepaya yang sering ditemukan di supermarket. Ukurannya yang tidak terlalu besar, daginya kenyal, tebal, dan rasanya manis.

Buah yang berasal dari Amerika ini memiliki ukuran sedang dengan berat buah 600 gr – 2kg. Bisa tumbuh sepanjang tahun di Indonesia, pepaya california merajai komoditi laris diantara jenis pepaya lainnya. Apalagi karena kulitnya yang tebal, pepaya california tidak mudah diserang hama.

2. Pepaya Hawai

Image : www.agroliz.com

Pepaya yang satu ini sangat populer dan sering dicari karena ukurannya yang kecil dan bisa habis untuk sekali makan satu orang. Ukurannya kecil, bobot buahnya bahkan dibawah 1kg, lho. Berat satu buah pepaya hawai berkisar 0,5 kg saja.

Bentuk buahnya kecil dan terlihat agak bulat. Jika sudah matang, kulitnya berwarna kuning cerah. Daging buahnya agak tebal, berwana kuning sedikit oranye. Meski demikian, rasanya manis segar, nggak kalah dengan pepaya unggulan lainnya.

3. Pepaya Bangkok

Image : www.ehinga.org

Pepaya bangkok sangat terkenal karena rasanya yang manis segar, apalagi ukurannya sangat besar dibandingkan jenis pepaya lainnya. Bahkan, beratnya bisa mencapai 3 kg per buah.

Teksturnya yang kuat dan keras juga membuat pepaya ini tahan dalam pengangkutan, sehingga juga jadi unggulan di pasaran, termasuk di pasar tradisional.

4. Pepaya Red Lady

Image : www.greenatmosphere.co.in

Buat yang suka rasa manis, pepaya red lady bisa jadi pilihan. Tingkat kemanisannya cukup tinggi dibandingkan dengan jenis pepaya lainnya, lho. Meski belum setenar pepaya bangkok dan california, pepaya red lady mempunyai penggemar sendiri karena rasa manisnya tersebut.

Warna buahnya jingga kemerahan, terlihat begitu menggoda, kan? Kulit luarnya pun terlihat oranye. Jenis pepaya ini memiliki ukuran yang lumayan besar, hampir seperti pepaya bangkok.

Nah, terlihat hampir sama dengan pepaya bangkok, bedanya permukaan kulit pepaya red lady cenderung lebih halus dibandingkan dengan pepaya bangkok.

5. Pepaya Gunung

Image : caricaku.com

Pepaya gunung tidak dimakan begitu saja buahnya. Apa anda suka membeli manisan carica? Nah, carica itulah hasil olahan dari pepaya gunung. Dari namanya saja kelihatan bahwa pepaya ini memang hanya tumbuh di dataran tinggi seperti Dieng dan Wonosobo.

Ada yang unik dari jenis pepaya yang satu ini, secara kasat mata pepaya gunung terlihat mirip dengan buah kakao, dan jika dikupas isinya persis seperti isi markisa. Selain diolah sebagai manisan carica, buah ini dapat dijadikan sirup, jus, dan selai.

Baca Juga : Mengenal, Memilih, Menyimpan & Mengolah Carica

Dari 5 pepaya tersebut mana yang sering anda konsumsi? Ternyata rasa dan ukuran pepaya beragam ya, tergantung dari jenisnya. Pilih pepaya sesuai dengan selera anda ya, jangan sampai salah pilih karena beda jenis beda juga tekstur dan rasanya.





Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi