Penulis : Atsa

Anda pasti sering menemukan beragam jenis tomat yang ada di pasar dan supermarket. Bentuk dan warnanya juga sangat beragam. Ada yang bulat, juga bulat lonjong. Ada yang berwarna merah, hijau, juga oranye. Ukurannya juga beragam, lho.

Ada lebih dari 7.500 jenis tomat yang ada di seluruh dunia. Namun, yang umum diperjual belikan di Indonesia secara komersial setidaknya ada lima.

1. Tomat Biasa

Image : www.sciencedaily.com

Tomat biasa lebih dikenal sebagai tomat sayur, dan mudah sekali ditemukan di pasar. Bentuknya tidak teratur, bisa bulat atau sedikit lonjong.

Kandungan asam sitrat pada tomat membuatnya menjadi penyedap alami untuk olahan-olahan sayur. Teksturnya yang lembut tidak akan merusak tekstur sayuran anda, khususnya pada sayuran berkuah.

2. Tomat Apel

Image : www.compiko.info

Tomat Apel berbentuk bulat seperti buah apel dan teksturnya padat. Jenis tomat ini cenderung manis, sehingga cocok dijadikan sebagai jus.

Meski demikian, anda juga pasti sering menemukan tomat ini pada sajian salad, atau dalam isian burger. Karena itulah tomat apel juga dijuluki slicing tomatoes. Teksturnya yang padat menjadikan tomat apel sangat cocok untuk kedua hidangan tersebut.

3. Tomat Gondol

Image : gugge.dk

Tomat gondol berbentuk agak lonjong dan keras. Tomat ini sering dijadikan campuran masakan, dan mudah ditemukan di pasar.
Kulitnya tebal, dapat disimpan lebih lama, dan tahan pengangkutan jarak jauh. Karena itulah tomat ini sering dipilih sebagai pengganti tomat sayur.

4. Tomat Hijau

Image : gazybrothersfarm.net

Dari namanya sudah ketahuan, ya. Tomat ini tentu berwarna hijau. Teksturnya agak keras karena sedikit kandungan air.
Sebenarnya tomat ini adalah tomat yang dipanen sebelum matang, lho. Tomat hijau biasa digunakan sebagai bahan tumisan dan sayuran berkuah karena dapat membuat rasa masakan asam segar.

5. Tomat Ceri

Image : www.differencebetween.net

Tomat ceri berbentuk bulat kecil seperti buah ceri. Warna tomat ini oranye kemerahan atau merah terang.
Rasa tomat ceri cukup manis dan mengandung cukup banyak air. Umumnya tomat ceri digunakan sebagai pelengkap salad, atau dimakan dalam keadaan segar.

Itulah jenis-jenis tomat yang umumnya dapat anda temukan di pasar atau supermarket. Jangan sampai bingung dan salah pilih, ya. Beda jenisnya beda juga kegunannya.

Baca JugaTips Menyimpan Tomat agar Tetap Segar

Mengenal Jenis-Jenis Tomat di Pasaran
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)