Penulis : Atsa

Anda suka mengkonsumsi alpukat? Buah yang dulu lebih sering diolah untuk jus atau dilembutkan dengan gula, kini justru banyak dikreasikan dengan beragam ide olahan, khususnya untuk menu-menu sehat bagi para pelaku gaya hidup sehat.

Selain dijadikan pelengkap hidangan, banyak juga yang suka memakan langsung buah alpukat. Buat yang suka memakan langsung buah alpukat, pasti bisa merasakan perbedaan dari aneka jenis alpukat. Ada yang gurih lembut, gurih dengan tekstur padat, ada yang berserat, ada juga yang memiliki sedikit rasa manis.

Supaya nggak salah dalam memilih alpukat dan rasanya sesuai dengan selera anda, kenali dulu macam-macam alpukat yang populer di pasaran.

1. Alpukat Wina

Image : www.infotanamanbuah.com

Alpukat wina yang dikembangkan oleh petani di Semarang ini kini menjadi begitu populer. Kulitnya tebal dan berwarna hijau mengkilap.

Alpukat wina banyak dicari karena buahnya yang berukuran besar, berdaging tebal dan rasanya yang gurih. Satu buah saja beratnya bisa mencapai 2 kg, lho. Buat pecinta alpukat, pasti bakal puas makan jenis alpukat ini.

2. Alpukat Mentega

Image : www.tribunnews.com

Alpukat mentega merupakan salah satu jenis alpukat yang menjadi unggulan. Hal ini dikarenakan alpukat mentega memiliki buah dengan daging cukup tebal dengan tekstur kenyal, dan aroma khas alpukat yang lebih tajam.

Ciri yang paling tampak pada alpukat mentega yang baik adalah dari permukaan kulit luar yang halus mulus. Apabila sudah matang, kulitnya akan berwarna hijau kecoklatan dan terasa lunak saat ditekan.

Warna buahnya kuning bersih seperti mentega, sehingga sangat menarik ketika dilihat. Alpukat mentega tidak memiliki serat (berambut), sehingga mudah untuk diolah atau dimakan langsung.

3. Alpukat Kendil

Image : www.huffpost.com

Alpukat kendil memiliki ciri hampir mirip dengan kendil, menggelembung di bagian bawah buah dan berukuran cukup besar. Ukuran buah ini mencapai 200 hingga 300 gram. Yang menjadikan alpukat kendil populer adalah teksturnya yang lembut, sehingga memanjakan lidah anda.

Ciri-ciri yang dapat dikenal dari buah alpukat kendil yaitu dagingnya yang tebal dan pulen, meski tentu tak setebal alpukat wina.

4. Alpukat Pluwang

Image : www.jualbibitbenih.com

Kulit buah alpukat pluang berwarna hijau gelap dan mengkilap. Bentuk buahnya menyerupai kendil yang memanjang. Tekstur daging buahnya lebih padat, lembut dan pulen. Buahnya tidak mudah berulat dan membusuk. Selain itu ukuran buahnya super jumbo, seperti alpukat wina, buahnya bisa mencapai 2kg, lho.

Baik alpukat wina dan pluwang memang sama-sama berdaging tebal. Nah, yang membedakan, jika alpukat wina memiliki rasa yang gurih, alpukat pluwang memiliki rasa gurih dengan sedikit sensasi rasa manis.

5. Alpukat Miki

Image : penjualanterbaik.info

Meski terlihat sama dengan alpukat yang umumnya memiliki berat sekitar 300-400gram, alpukat miki memiliki kulit yang keras sehingga susah ditembus oleh hama pengganggu. Kulit alpukat miki yang sudah matang berwarna hijau tua mengkilap.

Nah, meski berukuran kecil, alpukat miki tak kalah saing dengan jenis alpukat unggulan lainnya. Daging buahnya tebal, berwarna putih kekuningan, dan bertesktur lembut. Kualitas buah yang prima dan panen yang melimpah mulai usia muda menyebabkan buah ini menjadi populer karena cukup mudah ditemukan di pasaran. Selain itu juga mudah dibudidayakan di rumah juga, lho.

Itulah 5 jenis alpukat paling populer di Indonesia. Alpukat mana yang jadi favorit anda?

Selain dijadikan jus, kreasikan juga alpukat dengan aneka olahan lainnya, supaya makin nikmat!

Baca Juga : 5 Kreasi Olahan dari Buah Alpukat yang Enak, Mudah, dan Praktis