Penulis : Atsa

Coffee shop sekarang menjadi salah satu tempat favorit buat kerja atau kumpul bareng temen. Kurang lengkap rasanya nongkrong di coffee shop kalau nggak minum kopi.

Beberapa menu yang sering kita jumpai yaitu cappuccino, moccacino, macchiato dan coffee latte. Keempat minuman ini biasanya sedikit sulit untuk dibedakan. Buat anda penggemar kopi apakah sudah tahu perbedaan dari 4 kopi tersebut?

Sama-sama memakai campuran susu, jangan sampai bingung. Cek penjelasannya biar nggak salah pilih.

Baca Juga : 4 Tips Menyimpan Kopi Agar Tetap Segar, Beraroma, & Tahan Lama

1. Cappuccino

Cappuccino adalah kopi dengan komposisi campuran 1/3 espresso, 1/3 susu yang dipanaskan, dan 1/3 susu yang dikocok hingga berbusa. Susunan dari espresso saat diminum adalah rasa foam pada tegukan pertama, lalu diikuti kopi dengan rasa susu setelahnya.

Yang menjadi ciri khas dari cappuccino adalah taburan bubuk cokelat atau bubuk kayu manis di permukaan foam. Di beberapa coffee shop, foam dari cappuccino bahkan bisa dikreasikan dalam bentuk 3 dimensi.

Cappuccino sangat cocok sebagai alternatif pecinta kopi yang kurang cocok dengan pahitnya kopi hitam atau espresso. Campuran yang seimbang antara kopi dan susu, menjadi kombinasi yang seimbang antara manis lembutnya susu dengan pahitnya espresso.

2. Moccacino

Hampir sama dengan cappuccino, namun dengan tambahan sensasi cokelat, itulah moccacino.  Minuman ini merupakan perpaduan kopi yang terbuat dari 1/4 espresso, 1/4 cokelat, 1/4 susu, dan 1/4 whipped cream. Cokelat yang digunakan sebagai campuran bisa dari coklat bubuk atau sirup cokelat.

Yang membedakan moccacino dan cappuccino yaitu pada tambahan cokelat. Kopi ini sangat cocok untuk penyuka campuran kopi dan cokelat.

3. Coffee Latte

Coffee latte pada dasarnya adalah kopi susu dalam bahasa italia. Kopi ini memiliki komposisi latte dan espresso 3 banding 1, sehingga rasa dari latte lebih dominan. Coffee latte lebih terasa sangat milky.

Saat menikmati coffee latte beberapa coffee shop menyajikan dengan latte art agar secangkir kopi tampak lebih indah. Kalau mendadak ingin minum coffee latte di rumah, anda juga bisa membuatnya sendiri menggunakan susu dan kopi hitam sebagai pengganti espresso.

4. Macchiato

Jika dibandingkan tiga kopi sebelumnya, macchiato memiliki rasa pahit espresso yang paling dominan. Macchiato memiliki rasio espresso tertinggi, yaitu 2 banding 1, dan susu hanya sebagai sentuhan, tidak menguasai rasa kopi.

Kopi jenis ini berada di antara espresso dan cappuccino. Sangat cocok buat anda yang tidak dapat mentoleransi pahitnya espresso tapi juga kurang menyukai cappuccino yang milky.

Macchiato juga dapat disajikan dengan foam diatasnya, tapi hanya sedikit lapisan kecil.

Nah, sekarang nggak perlu bingung lagi untuk membedakan dan mencoba keempat kopi populer tersebut. Bisa buat sendiri juga di rumah lho, sesuaikan dengan takaran yang sudah dijelakan, ya. Selamat ngopi!

Baca Juga : 6 Aneka Kopi Nusantara Yang Sering Dikonsumsi

Kenali 4 Kopi Paling Populer di Coffee Shop
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)