Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Seringkali, kita tak punya cukup banyak waktu untuk memasak saat sahur. Karena itu, sangat penting untuk menyimpan stok makanan tahan lama untuk persediaan selama bulan puasa. Salah satu makanan tahan lama yang wajib ada di dalam kulkas adalah frozen food, yaitu makanan yang diawetkan dengan cara dibekukan. Selain tahan lama, salah satu kelebihan frozen food adalah sifatnya yang praktis, karena hanya perlu digoreng atau dihangatkan saja.

Saya sendiri menyediakan beberapa jenis frozen food favorit saya di freezer, seperti nugget dan katsu. Walau cuma dicocol sambal botolan dan saus mayonaise, tapi kegiatan makan saya sudah terasa sangat nikmat. Jika frozen food anda beli identik dengan kandungan garam tinggi dan pengawet, ini dia beberapa jenis frozen food yang bisa anda buat sendiri dan jadikan stok selama bulan puasa.

1. Bakso

Siapa yang tak suka bakso? Dari anak kecil sampai orang tua, pasti suka makanan berkuah yang satu ini. Nah, anda bisa membuat mie bakso sendiri di rumah. hanya perlu tambahkan mie, bihun, sayuran, bumbu penyedap, dan juga kuah kaldu, anda bisa menikmati semangkok bakso panas saat sahur. dan sama seperti sosis, bakso ini bisa dijadikan bahan tambahan dalam masakan seperti nasi goreng dan capcay. Anda juga bisa mengolahnya menjadi bakso bakar yang nikmat. Tak hanya bakso sapi, anda bisa buat bakso ayam, ikan, udang, sayuran, telur, hingga bakso goreng!

2. Tempura

Tempura adalah makanan khas Jepang yang cukup populer di Indonesia. Terbuat dari aneka ikan atau sayuran yang dibalut dengan adonan tepung gandum, air dan telur. Tapi yang paling umum dimakan adalah tempura udang. Cara penyajian tempura sangat mudah. Cukup digoreng saja. Rasa yang gurih ditampah renyah dijamin membuat makan anda lebih nikmat.

3. Nugget

Yang satu ini biasanya jadi favorit anak-anak, karena rasanya yang gurih dan tekstur yang renyah. Nugget biasanya terbuat dari ayam. Tapi sekarang sudah banyak kreasi nugget yang terbuat dari tahu, tempe, ikan, sampai jamur. Ada juga nugget sayuran yang cocok bagi anak yang tak suka makan sayur.

4. Fish stick

Fish stick ini sangat cocok bagi anda yang suka makan ikan, tapi malas ribet mencabuti duri. Apalagi saat sahur, anda pasti tak punya banyak waktu untuk bergelut dengan duri ikan. Biasanya, fish stick terbuat dari ikan kakap atau tenggiri yang dihaluskan dengan berbagai bahan dan bumbu lain, lalu dibalur dengan tepung panir. Anda hanya perlu menggorengnya jika ingin menyantapnya.

5. Chicken katsu

Chicken katsu merupakan salah satu frozen food favorit banyak orang. Selain bergizi karena terbuat dari daging ayam, chicken katsu juga bertekstur renyah karena dibalur dengan tepung roti. Anda bisa menyajikan chicken katsu dengan nasi, mie, atau kentang dan sayuran yang direbus.

6. French fries

Kentang goreng ini punya tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Biasanya disajikan dengan saus sambal dan mayonaise. Mengolahnya sangat mudah, cukup digoreng saja. Karena terbuat dari kentang yang merupakan sumber karbohidrat, french fries juga bisa dijadikan alternatif pengganti nasi.

Walau sama-sama dibekukan, frozen food buatan anda sendiri pastilah lebih terjamin dan sehat. Bahan ini memang sangat praktis dan membantu saat anda tak punya banyak waktu untuk memasak, apalagi di waktu sahur. Anda bisa mencicil memasak frozen food ini 1-2 minggu sebelum bulan puasa tiba. Selamat memasak!