Advertisement

Resep Bakso Ikan

Gambar Hasil Membuat Resep Bakso Ikan

Bahan-bahan

Hasil:
Daging ikan fillet, haluskan - 250 gram
Putih telur - 1 butir
Tepung tapioka - 4 sdm
Garam - 1 sdt
Gula pasir - 1 sdt
Lada bubuk - 1/2 sdt
Air es - 50 ml
Air, untuk merebus - secukupnya
Lihat Resep Versi RasaBunda

Resep Bakso Ikan

  • 30 menit
  • Hasil: 25 pcs
  • Tingkat kesulitan: Mudah

Ingredients

Catatan

IG:@heppiesilviyana

Kalau kamu berkunjung ke restoran yang menyediakan menu bakso atau mungkin pergi ke pasar untuk membeli bakso mentah, biasanya ada dua jenis bakso yang tersedia yakni bakso sapi dan bakso ikan. Dua jenis bakso ini merupakan yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Awal mulanya, bakso merupakan kuliner Tionghoa yang dalam bahasa hokkien berarti daging giling.

Seiring berjalannya waktu, tidak hanya sapi yang dijadikan daging tetapi juga seafood seperti ikan. Bakso ikan ini juga bebas dari bau amis, sebab bumbu-bumbu dalam sajiannya telah mendominasi. Rasanya juga tidak kalah enak dengan bakso sapi.

Bakso ikan buatan anda sendiri tentu lebih enak, sehat, dan terjamin. Anda bisa membuat bakso dalam jumlah banyak, sekaligus jadi stok makanan beku freezer. Selain disajikan langsung, anda juga bisa mencampurkan bakso ikan dalam sop, capcay, hingga nasi goreng.


Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi
Hubungi Kami di [email protected]


Langkah Versi RasaBunda

1
Sudah

Dalam wadah, campur daging ikan, putih telur, garam, gula, lada, dan air es.  Aduk dan uleni hingga tercampur rata serta halus.

2
Sudah

Masukkan tepung tapioka secara bertahap, sambil terus diuleni dan diremas-remas dengan tangan hingga adonan terasa kencang.

3
Sudah

Dalam panci, didihkan air. Kecilkan api kompor setelah air mendidih.

4
Sudah

Ambil adonan lalu cetak/bulat-bulatkan dengan menggunakan tangan. Langsung masukkan bakso ke dalam panci rebusan air. Lakukan hingga adonan habis.

5
Sudah

Rebus bakso hingga mengapung dan biarkan masak sesaat agar matang merata. Angkat dan tiriskan.

6
Sudah

Bakso siap disajikan, dimasak lebih lanjut, atau disimpan dalam freezer.

7
Sudah

tips

1. Pilih ikan berdaging putih agar warna bakso bisa putih bersih dan terang.

2. Agar lebih cepat, sebelum mencampur dengan bahan lain, haluskan daging ikan terlebih dahulu menggunakan GM Bear Grinder Mixer Serba Guna (Lihat di Lazada DISKON). Dilengkapi 3 mata pisau stainless steel berkualitas tinggi dengan tingkatan posisi pisau, mencincang lebih mudah dan cepat.

3. Masukkan bakso dalam wadah kedap udara atau plastik rapat bila disimpan dalam freezer.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars
Loading...

3 Comments Hide Comments

Mantap. saya paling suka daging ikannya dari jenis ikan ekor kuning atau bandeng laut….. gurih dan kenyal. Kalau untuk bakso ikan goreng boleh dicampur dengan potongan halus daun kucai, sedap wangi

Add Your Comment