(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Anda pasti sudah tahu, dong, dengan manfaat lidah buaya bagi kesehatan? Karena itu, begitu banyak olahan lidah buaya yang tersedia di pasaran. Saya sendiri lebih suka menikmati khasiat lidah buaya dengan cara mengolahnya menjadi minuman yang menyegarkan. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang segar memberikan sensasi nikmat di lidah. Apalagi jika dinikmati dalam keadaan dingin. Untuk mendapatkan citarasa dan manfaat yang maksimal dari lidah buaya, anda harus perhatikan bagaimana cara memilih, mengolah, dan menyimpan lidah buaya tersebut.

1. Perhatikan ukuran dan berat lidah buaya

Hal pertama yang harus anda perhatikan saat mengolah lidah buaya adalah memastikan jika lidah buaya yang anda miliki berkualitas baik. Usahakan untuk memilih lidah buaya yang panjangnya minimal 50 cm agar lidah buaya tersebut sudah tumbuh dengan baik. Pilih juga lidah buaya  yang beratnya sekitar 8 ons per batang. Karena lidah buaya yang berukuran besar tapi beratnya ringan biasanya memiliki kandungan mineral yang sedikit, jadi anda tidak akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari lidah buaya tersebut.

2. Perhatikan warna lidah buaya

Agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari lidah buaya, anda harus memilih lidah buaya dengan tingkat kematangan yang cukup. Pastikan untuk mengunakan lidah buaya yang berwarna hijau tua, karena tingkat kematangannya sudah sempurna. Lidah buaya yang masih berwarna hijau muda artinya belum matang, sedangkan lidah buaya yang berwarna kekuningan tandanya sudah terlalu matang.

3. Perhatikan aroma lidah buaya

Lidah buaya memiliki aroma khas yang menyengat. Nah, jika anda ingin mengonsumsi lidah buaya, pastikan pilih yang aromanya tidak terlalu menyengat, ya. Hal ini dilakukan agar anda bisa nyaman saat menikmati olahan lidah buaya tanpa terganggu aromanya.

4. Cuci lidah buaya sampai bersih

Sebelum mengolah lidah buaya, anda wajib mencucinya terlebih dahulu sampai benar-benar bersih. Pertama-tama, cuci dulu bagian luar lidah buaya, lalu kupas kulitnya. Setelah itu, cuci daging lidah buaya di air mengalir sampai lendirnya benar-benar hilang dan potonglah daging lidah buaya sesuai selera anda.

5. Rendam lidah buaya

Lidah buaya terkenal memiliki rasa pahit yang getir dan kurang nyaman di lidah. Karena itu, anda perlu merendamnya terlebih dahulu dalam campuran air, garam, dan kapur sirih selama 20 menit. Ulangi langkah tersebut selama beberapa kali, lalu cuci bersih lidah buaya agar rasanya tidak asin.

6. Rebus lidah buaya

Langkah selanjutnya, anda bisa merebus lidah buaya selama kurang lebih lima belas menit. Jangan lupa tambahkan daun pandan dan gula agar aroma serta rasanya lebih enak. Setelah itu, anda baru bisa mulai mengolah lidah buaya menjadi sajian atau minuman yang anda inginkan.

7. Simpan lidah buaya di dalam kulkas

Jika anda masih memiliki sisa lidah buaya yang tak terpakai, anda bisa melapisi lidah buaya tersebut dengan plastik, lalu masukkan lidah buaya ke dalam kulkas. Dengan cara tersebut, lidah buaya anda akan tetap segar dan bisa bertahan sampai beberapa hari ke depan.

Jika anda tahu cara tepat mengolahnya, maka lidah buaya tersebut bisa menghasilkan rasa yang nikmat. Jadi pastikan untuk mengikuti semua tips dan langkah di atas dengan baik, ya. Anda bisa mengolahnya jadi es lidah buaya segar dengan resep lengkapnya di sini.