Penulis: Niahappy

Tahu nggak sih kepiting imitasi atau crab stick termasuk salah satu jenis makanan beku. Walaupun ada nama ‘crab stick’ tetapi bahan dasarnya tidak berasal dari kepiting sama sekali lho. Akan tetapi, rasanya juga tak kalah enak kok dengan kepiting asli. Walaupun tidak terlalu mengandung gizi yang sama, tapi crab stick juga memiliki protein dan karbohidrat yang tinggi. Oleh karena itu, tetap batasi apa yang Anda makan ya!

Nah¸ berikut 7 resep berbahan dasar crab stick yang bisa Anda buat di rumah, hemat, enak, dan sederhana!

1. Creamy Pasta with Broccoli & Crab Stick

Pertama rebus pasta, beri minyak dan sejumput garam. Masak hingga al dente. Tiriskan. Siapkan wajan, panaskan mentega dengan api kecil. Masukan bawang putih dan bawang bombai tumis sampai harum. Masukan sedikit tepung lalu aduk cepat kemudian tuang susu.

Tambahkan keju parut dan crab stick. Aduk rata. Bumbui dengan merica, oregano, garlic powder, dan garam. Masukan pasta. Aduk rata sampai keju leleh. Sisihkan.

Didihkan air, beri sedikit garam dan lada rebus brokoli sebentar. Tiriskan. Sajikan pasta ke piring saji. Taruh brokoli di atasnya. Tambahkan selembar keju di atasnya. Panaskan menggunakan panci bekas merebus agar keju meleleh atau jika ada gunakan gas torch. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Mie Sayur Hijau Bayam

2. Crab stick Tempura

Image: asianinspiration.com.au

Cuci bersih crab stick. Buat adonan tepung. Siapkan wadah. Campurkan tepung terigu, baking powder, baking soda, garam, merica, dan kaldu. Tuang air dan es batu. Aduk rata. Celupkan crab stick satu ersatu ke dalam tepung.

Anaskan minyak tunggu hingga panas. Lalu goreng crab stick sampa berubah warna kuning keemasan. Angkat. Sajikan bersama saus sambal dan mayones.

Baca Juga : 8 Jenis Gorengan di Restoran Fast Food Jepang

3. Spring Roll Crab Stick

Rendam rice paper di dalam wadah yang berisi air hangat, pastikan semua bagian terendam. Letakkan di tempat yang lebar dan rata. Isi rice paper dengan selada dan crab stick. Lipat kedua sisinya dan gulung seperti menggulung kulit risoles. Sajikan bersama kecap asin dengan taburan bubuk cabai atau mayones.

4. Takoyaki Isi Crab Stick

Pertama tumis bawang putih, masukan crab stick, gula, garam. Masak sebentar saja karena crab stick mudah matang, sisihkan. Buat saus takoyaki; siapkan wajan. Masukan saus tomat, kecap inggris, gula, dan garam. Koreksi rasanya. Aduk hingga rata dan kental.

Selanjutnya buat adonan; siapkan wadah. Masukan tepung terigu, kecap asin, garam, dan kaldu bubuk. Aduk sampai tidak ada yang bergerindil. Semprotkan cetakan takoyaki dengan minyak secukupnya.

Tuang adonan. Masukan isian crab stick dan daun bawang. Tunggu bagian bawah takoyaki matang kemudian balik takoyaki. Tuang kembali adonan tepung. Tunggu sedikit kering baru dibalikan. Setelah matang, olesi dengan saus yang sudah dibuat, dan tambahkan rumput laut dan mayones.

Baca Juga : Cara Membuat Sup Miso yang Lezat

5. Tom Yam Seafood

Bahan dasar yang digunakan pada resep tom yam kali ini adalah udang, ikan, bakso ikan, dan crab stick. Tom yam seafood juga dilengkapi dengan aneka sayuran seperti wortel, jamur merang, dan kembang kol. Resep kali ini juga sangat istimewa karena dilengkapi dengan resep homemade pasta tom yam. Namun, jika ingin lebih praktis, Anda tentu bisa membeli pasta tom yam instan yang banyak dijual di supermarket.

Pasta Tom yam: Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah kering, cabai merah, ebi,terasi bakar, lengkuas, daun jeruk purut, serai, gula aren, asem jawa, dan minyak ikan. Tumis dengan sedikit minyak hingga harum, matang, dan menyusut, sisihkan.

Kaldu udang: Tumis bawang putih dengan sedikit minyak hingga harum. Masukan kulit dan kepala udang. Aduk hingga berubah warnanya. Tuangkan air dan masak hingga mendidih. Kecilkan api dan teruskan masak hingga 30 menit sambil panci ditutup. Setelah selesai, saring air kaldunya. Sisihkan.

Panaskan kembali kaldu udang dengan api sedang hingga mendidih. Masukan serai, daun jeruk, lengkuas, cabai rawit, dan pasta tom yam. Masak selama 5 menit. Masukan semua sayur dan hewani. Masak hingga matang.

Masukan kecap ikan, garam, gula, dan kaldu jamur. Aduk hingga rata. Sesuaikan rasanya. Angkat. Sajikan dalam mangkok tambahkan perasan air jeruk nipis dan taburi dengan dun bawang dan ketumbar. Siap dihidangkan.

Baca Juga : Resep Tom Yam Seafood

6. Sushi Crab Stick

Siapkan wadah. Masukan nasi hangat dan sedikit garam. Aduk rata. Letakan selembar nori di atas tikar penggulung sushi. Taruh nasi hangat di atas nori, ratakan sampai nori tertutup. Tata di bagian atas dengan tumpukan naget yang sudah dipotong persegi, kemudian di bawahnya abon, telur dadar, wortel dan crab stick.

Tuang sedikit shoyu di atas isian tambahkan mayones, bubuk cabai, dan keju. Gulung sushi kemudian rapatkan. Pastikan sudah kencang saat ingin dipotong. Potong gulunga sushi menjadi 8 potongan yang sama rata menggunaan pisau tajam yang basah. Sajikan di piring bersama shoyu, bubuk cabai, dan wasabi.

Baca Juga : 6 Tips Membuat Sushi Lezat nan Cantik

7. Kani Salad

Salad Jepang ini sangat simpel dan mudah dibuat, lho. Hanya menggunakan beberapa sayuran dan crab stick yang banyak dijual di supermarket.

Salad lezat selama musim panas dengan hidangan utama lainnya sebagai makanan sampingan. Kani salad disajikan dingin dan disimpan dahulu dalam kulkas sebelum disajikan. Segar sekali buat dimakan saat siang hari.

Bahan utama kani salad adalah kol, wortel, dan timun yang dipotong julilenne atau seperti korek api. Supaya lebih cantik, Anda bisa menggunakan dua jenis kol, kol biasa dan kol merah.

Untuk dressing saus, kani salad menggunakan mayones. Tapi, beda dengan mayones biasa, mayones pada kani salad memiliki rasa asam gurih. Untuk mengakalinya, campurkan sedikit sari lemon ke mayones dan menambahkan garam dan merica.