Penulis: Windy | Editor: Ria

Musim hujan memang enaknya menyantap sajian yang berkuah dan hangat. Salah satu menu favorit saya adalah sup miso karena rasanya yang ringan, gurih, dan khas. Ciri utama sup khas Jepang ini menggunakan bumbu miso yang berasal dari fermentasi kacang kedelai.

1. Membuat Kaldu dari Rumput Laut dan Katsuobushi

Dashi atau kaldu adalah kunci kesegaran dan kelezatan sup miso. Membuat dashi cukup mudah dan praktis. Anda cukup mencampur air dan kombu (rumput laut kering) dalam panci lalu masak hingga hampir mendidih. Jika sudah hampir mendidih tambahkan katsuobushi kering dan tunggu hingga mendidih. Selanjutnya, saring kaldu untuk mendapatkan kuah yang jernih.

Kombu dan katsuobushi dapat dengan mudah anda dapatkan di supermarket yang menjual bahan masak khas Jepang. Online shop pun sudah banyak yang menjualnya.

Baca juga: 6 Bumbu Wajib Khas Jepang

2. Masukkan Bumbu Miso

Tambahkan bumbu miso sedikit saja ke dalam kuah kaldu dan aduk hingga tercampur rata. Bumbu miso ini akan membuat kaldu memiliki rasa unik yang gurih dan segar.

Ada dua jenis miso yang dapat anda temukan di pasaran, yaitu miso yang berwarna cokelat (aka) dan kuning (shiro). Jika anda tidak ingin terlalu asin, gunakanlah miso kuning. Namun, kalau ingin rasa yang lebih asin dan kuat, gunakan miso cokelat.

3. Tambahkan Tofu dan Daun Bawang

Kalau rasa miso sudah pas, kecilkan api lalu masukkan tofu yang sudah dipotong dadu kecil. Masak tofu hingga mengapung, tuang sup miso ke dalam mangkuk sesuai dengan porsi yang diinginkan. Terakhir, taburkan daun bawang yang diiris tipis untuk menambah aroma dan kelezatan sup miso.

Ternyata mudah dan praktis ya membuat sup miso saat cuaca sedang dingin dan lapar. Selain untuk menghangatkan tubuh, sup miso juga bisa menjadi teman makan nasi di pagi hari atau dengan saba no shio yaki. Selamat mencoba di rumah!

Cara Membuat Sup Miso yang Lezat
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)