Penulis : Atsa

Punya stok jeroan sapi di rumah? Jangan bingung mau diolah apa. Beragam resep masakan dan teknik mengolah bisa dicoba untuk membuat jeroan sapi menjadi sajian istimewa.

Kalau jeroan sapi di rumah cukup banyak, supaya tidak bosan maka kami sajikan 6 ide olahan untuk mengolah jeroan sapi yang bisa Anda praktikan. Cek juga resep-resepnya di artikel resepkoki.

1. Resep Sambal Goreng Hati Sapi

Sajian sambal goreng hati memang sangat digemari di Indonesia. Sering disajikan sebagai pelengkap yang membuat nasi semakin nikmat, seperti nasi campur, nasi uduk dan nasi kuning.

Sambal goreng hati terbuat dari bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan dan ditumis dengan lengkuas dan daun salam hingga harum. Masukan irisan cabai, aduk sampai merata, jangan sampai pecah.

Kemudian, masukan hati ampela, aduk rata. Tambahkan garam dan gula, aduk rata hingga mengental dan bumbu menyerap. Angkat, sajikan.

Baca Juga : Resep Sambal Goreng Hati Sapi

2. Soto Jeroan Sapi

Seperti resep-resep jeroan lainnya, selalu rebus jeroan terlebih dahulu supaya empuk dan baunya hilang. Rebus jerohan dua kali, namun air ebusan kedua jangan dibuang, ya.

Tumis bumbu halus dari bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kunyit dan merica. Tambahkan jahe yang digeprek, tumis hingga harum dan matang.

Masak air kaldu rebusan jeroan tadi. Jika kurang, Anda juga dapat menambahkan air. Masukan bumbu halus dalam rebusan air. Tambahkan daun salam, serai, daun jeruk, dan pala.

Setelah mendidih masukkan jeroan sapi. Masak hingga matang dan tambahkan garam, gula dan merica. Masak hingga matang, cek rasanya. Sajikan.

3. Resep Paru Goreng

paru goreng gurih

Paru sapi juga merupakan salah satu jeroan yang disukai banyak orang. Namun, karena paru sapi segar masih mengandung banyak air dan darah, sebaiknya paru direbus terlebih dahulu supaya empuk.

Sebelum direbus, paru juga perlu dicuci di air mengalir sampai bersih. Kemudian, rebus dengan lengkuas, daun salam, dan asam jawa supaya bau anyirnya hilang. Setelah paru empuk, iris paru melintang serat.

Tumis bumbu halus bersama serai hingga harum.
Masukkan paru dan santan, masak dengan api kecil sampai paru matang dan santan habis. Bumbui garam dan gula, cek rasanya, angkat.

Panaskan minyak, goreng paru rebus. Paru goreng siap disajikan.

Baca Juga : Resep Paru Goreng

4. Bacem Jeroan Sapi

Jeroan sapi juga bisa Anda olah dengan menjadikannya bacem. Bagi Anda penggemar jeroan sapi, bacem jeroan ini pasti menggiurkan karena rasanya yang gurih legit.

Untuk jeroan seperti iso dan babat, Anda perlu merebusnya 2-3 kali terlebih dahulu supaya baunya hilang. Anda perlu mengikat tiap ujung iso dengan tali terlebih dahulu supaya isinya tidak keluar saat direbus. Jika sudah empuk, tiriskan.

Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai. Masukan jeroan sapi dan bumbu halus tersebut dalam panci, tuang santan. Masukan air asam, daun salam, garam dan gula merah, aduk rata.  Tutup panci, masak dengan api sedang sampai jeroan empuk dan air asat.

Anda bisa langsung menyajikannya, atau menggorengnya terlebih dahulu supaya lebih gurih.

5. Resep Babat Gongso

Babat gongso semarang

Babat yang digongso adalah salah satu makanan khas dari Semarang. Babat gongso biasa disandingkan dengan nasi putih hangat. Rasanya sedikit gurih cenderung manis, namun begitu lezat.

Rebus babat terlebih dahulu hingga empuk. Tiriskan dan potong-potong sesuai selera.

Haluskan bumbu dasar putih, tumis bersama daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas dan jahe. Masukan kecap, saus tiram dan air, aduk rata. Masukan babat, cabai rawit, dan tomat. Bumbui gula dan garam, aduk rata hingga bumbu asat meresap. Angkat, siap disajikan.

Selain untuk babat, Anda juga dapat menggongso jeroan sapi lainnya seperti iso atau paru.

Baca Juga : Resep Babat Gongso

6. Gule Jeroan Sapi

Rebus terlebih dahulu jeroan sapi supaya baunya hilang. Untuk iso sapi, sebelum direbus, ujung ususnya perlu diikat supaya isinya tidak keluar. Setelah empuk, angkat dan potong-potong jeroan sapi.

Sangrai ketumbar, jinten dan kemiri. Bakar kunyit. Haluskan semua bumbu dengan bawang merah dan bawang putih.

Tumis bumbu halus dan jahe yang digeprek hingga harum. Tambahkan kapulaga, cengkih, dan kayu manis. Masukan jeroan sapi, tambahkan daun jeruk, aduk rata.

Masukan santan cair, aduk terus supaya santan tidak pecah. Beri gula, garam dan merica, cek rasanya.

Setelah santan mulai berkurang dan meresap, tambahkan santan kental. Aduk dan masak hingga matang.