Penulis: Atsa

Buah nangka yang matang sangat manis dan cocok dijadikan campuran beragam dessert khas Indonesia. Saat masih muda, buahnya juga enak untuk diolah kadi beragam sayuran lezat. Mulai dari lodeh, sayur nangka kapau khas restauran padang, gulai nangka, dan beragam olahan lezat lainnya dari nangka muda.

Kalau Anda ingin membuat beragam sajian lezat dari nangka muda, berikut kami sajikan 5 ide untuk sajian nangka yang lezat. Untuk pemula, resep-resep berikut juga termasuk mudah untuk dibuat, lho.

1. Sayur Nangka Kapau

Sayur nangka kapau padang

Sering ditemukan di rumah makan padang, biasanya sayur nangka kapau juga disajikan bersama daun singkong dan pilihan lauk lainnya. Untuk membuat nangka kapau, didihkan air secukupnya dan kunyit. Rebus nangka muda hingga lunak, angkat dan tiriskan.

Sementara itu, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai, jahe dan lengkuas. Rebus santan dengan bumbu halus, serai, daun kunyit, daun jeruk, dan daun salam. Terus diaduk-aduk hingga hingga bumbu tercium harum dan santan tidak pecah. 

Masukkan nangka, kacang panjang, kol, asam kandis, aduk rata. Tambahkan gula dan garam, masak sampai semua bahan empuk dan matang. Koreksi rasanya dan angkat.

Baca Juga: Resep Sayur Nangka Kapau

2. Tumis Nangka Pedas

Dibuat tumisan pedas? Sudah pasti jadi kenikmatan tersendiri bagi yang doyan pedas. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai dan terasi bakar. Lalu, tumis bumbu halus hingga harum dgn minyak agak banyak. Masukan daun salam dan aduk hingga salam layu. Masukan nangka muda, aduk hingga bumbu merata.

Tambahkan saus tiram, gula merah dan garam. Tuang air kaldu secukupnya hingga nangka terendam air. Aduk rata lalu tutup wajan. Meski ini tumisan, jangan terlalu sering diaduk juga supaya nangka muda yang bertekstur empuk saat matang tidak mudah pecah. 

Setelah air menyusut dan nangka sudah matang, jangan lupa koreksi rasanya. Terakhir. masukan cabai iris dan daun bawang, aduk hingga cabai layu. Tumis nangka pedas siap disajikan.

3. Gulai Nangka

Beragam masakan Indonesia bisa diolah dengan bumbu gulai. Bukan hanya untuk daging saja, gulai nangka juga harus Anda coba. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, ketumbar, dan cabai merah keriting. Tumis bumbu halus hingga matang. Masukan daun kunyit, salam, serai, dan daun jeruk. Tumis hingga bumbu harum.

Masukan nangka muda yang sudah dipotong-potong, masak hingga nangka agak layu. Tuang santan kental, aduk- aduk hingga rata. Tambahkan gula, garam dan kaldu bubuk. Masak dengan api kecil hingga nangka benar-benar empuk dan kuah menyusut. Jika terlalu kental, Anda bisa menambahkan air. Saat nangka sudah empuk dan air menyusut, angkat dan sajikan

4. Lodeh Nangka Muda

Sayur lodeh adalah sajian khas Jawa Tengah. Beragam sayuran bisa diolah menjadi lodeh. Nah, lodeh nangka muda adalah salah satu yang paling nikmat!

Kupas nangka muda, cuci dan potong-potong sesuai selera. Iris tipis bawang putih dan bawang merah. Potong-potong cabai merah dan cabai hijau. Rebus bumbu dengan air dan masukan nangka muda. Masak hingga nangka muda setengah matang.

Tambahkan santan, masukan garam, masak sambil terus diaduk perlahan agar santan tidak pecah. Anda juga bisa menambahkan petai dan teri nasi jika suka. Terus masak sampai matang dan koreksi rasanya sebelum disajikan.

5. Gudeg

gudeg asli komplit

Untuk orang Jawa Tengah dan sekitarnya, jika ditanya soal olahan nangka muda, semua pasti menjawab gudeg. Untuk membuat gudeg tidak terlalu sulit kok, hanya butuh kesabaran saja untuk mengolahnya karena memerlukan waktu yang cukup lama. Panaskan air banyak di dalam panci. Masukkan nangka muda, daun jati, daun salam, dan ½ bagian lengkuas. Rebus sampai empuk dan berwarna kemerahan, kira-kira selama 1 jam.

Selagi merebus, haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe dan ketumbar. Sisihkan terlebih dahulu. Setelah rebusan nangka muda berubah warna, bilas satu kali dengan air matang. Masak nangka dengan bumbu halus dan separuh santan. Masukkan 2 lembar daun salam, sisa lengkuas (geprek), gula merah, kecap dan garam. Aduk terus hingga santan meresap dan berkurang. Masukkan sisa santan yang separuhnya lagi. Kecilkan api. Tutup pancinya dan biarkan gudeg mengering, kira-kira selama 2 jam.

Supaya makin enak, diamkan gudeg selama satu malam. Panaskan kembali gudeg keesokan harinya sampai benar-benar kering dan berwarna merah kecoklatan.  Gudeg siap disajikan.

Baca Juga: Resep Gudeg Jogja





Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi