Penulis: Atsa

Dendeng sapi sering jadi pilihan untuk lauk nikmat yang tahan lama. Ada dendeng sapi yang sagar dan basah, atau yang sudah dikeringkan. Sering jadi stok makanan darurat, beragam resep bisa Anda pilih untuk menu cepat dan praktis di rumah.

Kalau Anda atau keluarga tidak suka pedas, dendeng ragi atau nasi goreng dendeng bisa jadi pilihan. Kalau suka pedas, balado dendeng dan batokok cabe hijau harus Anda coba.

1. Balado Dendeng

dendeng balado

Balado dendeng adalah salah satu makanan khas Sumatra yang harus Anda coba. Tapi, untuk mencari restauran yang menjual menu ini mungkin agak susah jika Anda tinggal di luar Jawa.

Sementara itu, dendeng sangat mudah ditemukan hampir di seluruh daerah. Jadi, yuk buat dendeng balado sendiri saja di rumah.

Rendam dendeng dalam air sebentar agar lebih empuk, lalu goreng di minyak panas 30 detik saja, tiriskan. Tumis bawang merah Dan bawang putih hingga harum. Lalu campurkan cabai yg sudah digiling dengan tumisan bawang yang sudah layu. Masak sampai cabai matang dantidak bau mentah.

Masukkan dendeng yang sudah digoreng dan aduk rata. Tambahkan kaldu bubuk sapi, lada, garam dan gula. Koreksi rasanya, siap disajikan.

Baca Juga: Resep Balado Dendeng

2. Dendeng Ragi

dendeng ragi gurih

Dendeng ragi punya rasa gurih asin yang nikmat. Daging dendeng yang lembut bercampur serundeng gurih sangat nikmat di lidah. Dendeng ragi sering disajikan sebagai teman lauk nasi pecel, lho.

Rendam sebentar dendeng kering dalam air supaya empuk. Sambil menunggu, Lanjutkan dengan menghaluskan bawang putih, bawang merah, ketumbar, lengkuas, gula merah dan air asam jawa.

Campurkan bumbu halus ke daging, remas-remas dan diamkan 10 menit. Jika Anda menggunakan dendeng basah, maka rendam selama 15 menit. Masak daging dengan api sedang.

Tambahkan air kelapa, masak sampai daging berubah warna. Tambahkan parutan kelapa, daun jeruk, serai, gula pasir dan garam, aduk rata. Masak hingga kelapa agak kering dan warnanya coklat keemasan.

Baca Juga: Resep Dendeng Ragi

3. Nasi Goreng Dendeng

Kali ini, dendeng jadi lauk pelengkap yang pasti disukai anak Anda. Coba buat nasi goreng dendeng yang simpel dan nikmat ini.

Goreng dendeng tipis dalam minyak selama 2 menit. Kemudian iris kecil-kecil. Kemudian, haluskan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum. Masukkan tomat, daun bawang, irisan cabai merah dan potongan-potongan kecil wortel ke dalam tumisan bawang. Setelah matang, masukkan dendeng lalu taruh nasi dan aduk rata. Tambahkan kecap, lada, saus dan garam. Aduk rata hingga matang. Koreksi rasanya dan sajikan.

4. Dendeng Batokok Cabe Hijau

Pertama-tama haluskan ketumbar,jahe, bawang putih dan garam. Lalu, lumuri pada daging dendeng hingga rata. Lalu diamkan selama 10 menit. Rebus air kelapa dalam panci hingga mendidih, masukkan daging yang sudah dilumuri dengan bumbu tadi. Masak hingga airnya sedikit menyusut.

Tumbuk kasar cabai hijau, cabai rawit hijau dan bawang merah. Setelah daging terlihat empuk dan matang, angkat dagingnya lalu sisihkan rebusan air kaldu bekas merebus daging untuk digunakan sebagai sambal. lalu iris-iris daging dengan ketebalan 1 sesuai selera. Setelah itu panggang daging sebentar.

Untuk sambalnya, tumis bumbu yang ditumbuk kasar tadi hingga wangi. Beri air kaldu daging dan didihkan. Tambahkan irisan tomat dan air jeruk nipis. Beri garam secukupnya, masak sebentar dan koreksi rasanya. Kemudian, siram saus diatas daging dendengnya.