Penulis : Nia Happy

Di Indonesia, orang-orang tidak hanya menyantap sapi bagian dagingnya saja. Salah satu bagian sapi yang sangat favorit untuk disantap adalah buntut.

Sama halnya seperti daging, buntut sapi juga bisa diolah dengan berbagai cara. Yang paling populer adalah sop buntut. Namun, ada banyak cara lain yang mudah untuk mengolah buntut sapi menjadi lezat seperti berikut ini:

1. Sop Buntut

sop buntut

Sop Buntut merupakan sajian berbahan dasar buntut sapi dan kaya akan rempah-rempah khas Indonesia. Cara pengolahan sop buntut pun hampir sama dengan sop sapi. Diawali dengan merebus buntut sapi hingga mendidih dan berbusa. Lalu buang airnya.

Didihkan kembali air yang baru masukkan buntut lalu rebus hingga lunak. Panaskan minyak, tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih dan merica sampai wangi. Masukkan tumisan bumbu ke dalam panci rebusan buntut. Tambahkan wortel dan kentang. Masak dengan api kecil hingga mendidih.

Beri garam, gula pasir, cengkeh, bunga lawang, kayu manis, kapulaga dan pala. Koreksi rasanya. Masak hingga empuk dan bumbu meresap. Terakhir taburkan daun bawang dan irisan tomat. Angkat dan sajikan dengan nasi putih hangat dan bawan goreng di atasnya.

Baca Juga : Resep Sop Buntut

2. Buntut Bakar

Bagi Anda para penggemar buntut bakar yang lezat dan gurih Anda bisa membuatnya dirumah lho. Selain lezat juga lebih hemat dan terjamin kebersihannya. Yuk coba resep ini!

Pertama rebus buntut sapi hingga mendidih dan keluar buih. Setelah itu buang air buihannya. Siapkan panci lain masukkan buntut. Tambahkan jahe, bawang putih, daun salam, cengkeh, merica, biji pala dan garam. Rebus selama kurang lebih 1 jam hingga daging empuk. Angkat, tiriskan.

Olesi buntut sapi dengan sedikit mentega dan kecap, panggang sebentar di atas wajan/panggangan hingga buntut sapi menjadi coklat. Angkat dan sajikan bersama taburan bawang goreng.

3. Sop Buntut Bakar

sop buntut bakar lezat

Sop buntut atau buntut bakar mungkin sudah biasa. Bagaimana dengan keduanya dihidangkan bersama? Sajian ini dikreasikan dengan sangat unik. Yaitu buntut sapi dibumbu bakar kemudian dipanggang hingga matang. Selanjutnya, buntut bakar disajikan berdampingan dengan semangkuk sop sayuran. Hmm, kelihatannya menggiurkan, kan? Yuk coba buat!

Sama seperti menu sebelumnya masukkan buntut sapi dalam bahan perendam. Diamkan selama 1 jam. Sisihkan. Rebus kembali buntut di wajan lain. Panaskan sedikit minyak. Tumis bawang putih hingga harum, lalu angkat dan masukkan ke dalam rebusan. Aduk rata.

Masukkan jahe, cengkeh, garam, gula, lada dan pala. Aduk rata dan masak hingga mendidih. Selanjutnya masukkan wortel, kentang dan tomat. Masak hingga sayuran matang.

Ambil buntut yang telah direndam bumbu. Bakar di atas panggangan, sambil diolesi bumbu sisa rendaman yang telah ditambah margarin. Bakar buntut hingga matang dikedua sisinya. Angkat.

Tata buntut bakar di atas piring saji. Tuang sop beserta sayur isiannya dalam mangkuk terpisah, taburi dengan daun bawang dan seledri. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Sop Buntut Bakar

4. Gulai Buntut

Mengolah buntut sapi dengan tepat akan menghasilkan sajian yang lezat kuncinya menambahkan rempah-rempah saat memasaknya. Buntut sapi bisa diolah menjadi masakan gulai kare atau kari buntut sapi yang kaya rempah-rempah.

Pertama Anda harus merebus sapi dengan api besar hingga empuk. Buang busa di atasnya. Masukkan daun salam, cengkeh, kapulaga, asam kandis, bunga pekak, dan lengkuas geprek. Rebus dengan api kecil.

Panaskan sedikit minyak. Tumis bawang merah, bawang putih, jinten, jahe, ketumbar, lada bubuk, pala, dan cabe merah yang sudah dihaluskan sampai harum. Tuang santan dan tambahkan daun kunyit, sereh, daun jeruk dan bawang bombay yang sudah diiris halus. Tumis sampai matang dan berminyak. Angkat dan tiriskan.

Masukkan bumbu ke rebusan buntut. Tambahkan garam dan gula aren. Masak hingga matang dengan api sedang. Koreksi rasa. Angkat dan sajikan.

Baca Juga : Resep Gulai Iga Sapi

5. Pindang Buntut

Biasanya buntut sapi diolah sebagai sup buntu. Tapi kali ini buntut sapi diolah dengan cara yang berbeda yaitu dimasak menjadi masakan pindang buntut sapi. Perlu dicoba untuk sajian hangat di musim penghujan ini. Hidangkan dengan perasan jeruk nipis agar lebih nikmat.

Rebus air sampai mendidih, masukkan buntut sapi yang sudah di potong-potong, beri garam dan daun salam, kemudian rebus sampai berkaldu, angkat dan saring air kaldunya. Ambil air kaldunya lalu rebus lagi sampai mendidih.

Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan terdiri dari kunyit bakar, jahe bakar dan bawang putih, dan lengkuas bakar. Tambahkan sereh, bawang merah, bawang putih, tomat hijau, belimbing wuluh, cabeyang sudah diris tipis. Beri gula, garam, merica dan kecap manis lalu rebus sampai matang. Sebelum di angkat, tambahkan dengan air asam jawa.

Angkat dan sajikan masakan pindang buntut sapi ini saat masih hangat dengan perasan jeruk nipis.

Baca Juga : Resep Pindang Daging

6. Rawon Buntut

Rawon merupakan ikon kuliner dari Jawa Timur. Makanan ini banyak ditemui di sekitar Surabaya. Isian dari rawon ini adalah potongan daging sapi yang dipadu dengan tauge, kemangi, taburan daun bawang serta bawang goreng. Namun tidak salah jika Anda ingi menggantinya dengan buntut sapi. Yuk coba buat!

Tumis bawang putih, bawang merah, keluwak, cabe merah, ketumbar, kemiri dan jahe yang sudah dihaluskan hingga harum. Masukkan serai, daun jeruk, dan lengkuas, kemudian tumis lagi hingga harum.

Masukkan buntut sapi yang sudah direbus sebelumnya dengan garam dan daun salam, aduk hingga berubah warna. Tuang air, aduk rata, dan tutup pancinya hingga daging empuk dan semua bumbu meresap. Tambahkan gula, garam dan juga daun bawang. Koreksi rasanya.

Sajikan selagi panas dengan nasi, sambal terasi, tauge pendek, telur asin, dan kerupuk udang. Selamat menikmati.

Baca Juga : Resep Rawon





Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi