Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Di musim hujan seperti sekarang, makanan berkuah memang bisa jadi andalan untuk jadi santapan yang sekaligus menghangatkan tubuh. Nah, pilihan saya jatuh pada soto babat. Kuah soto yang gurih dan sangat sangat nikmat dimakan bersama irisan babat yang kenyal dan lembut. Namun hati-hati, jika tidak diolah dengan benar, tekstur babat akan menjadi sangat alot dan sulit dikunyah. Jadi anda harus benar-benar memperhatikan cara memasaknya, agar anda bisa mendapatkan rasa babat yang enak dengan tekstur kenyal yang tetap empuk. Ikuti tips mengolah babat berikut ini.

1. Perhatikan pemilihan babat

Untuk meminimalisir bau amis pada babat, sebaiknya anda memilih babat yang masih segar. Anda bisa mengecek kondisinya terlebih dahulu sebelum membeli. Babat yang bagus memiliki ciri yaitu kenyal ketika ditekan dan berbau amis segar. Hindari membeli babat yang tidak berbau sama sekali karena justru itu menandakan jika babat telah dicampur bahan kimia berbahaya.

2. Cuci babat dengan benar

Karena babat memiliki bau amis yang menyengat, maka anda harus mencucinya dengan tepat, agar lendir dan kotorannya hilang. Cuci babat berkali-kali di air mengalir sambil digosok-gosok perlahan.

3. Rebus babat sebelum diolah

Seperti yang kita ketahui, babat memiliki aroma tajam yang kurang sedap dan tekstur yang alot. Maka dari itu, sebelum diolah, anda wajib merebus babat terlebih dahulu agar bau tersebut hilang dan teksturnya jadi lebih empuk. Untuk hasil terbaik, rebus babat di panci presto selama 20-30 menit. Tapi jika  tidak punya panci presto, anda bisa merebusnya di panci biasa sampai babat terasa empuk. Selama proses perebusan, jangan lupa tambahkan rempah seperti jahe dan daun salam untuk menghilangkan bau amis pada babat.

4. Perhatikan cara memotong babat

Untuk beberapa olahan daging babat seperti soto, anda biasanya perlu mengiris babat menjadi ukuran yang lebih kecil. Nah, ternyata memotong babat pun tak bisa sembarangan lho, alias ada trik khusus. Pastikan anda memotong babat berlawanan dengan arah seratnya. Jika anda memotong babat searah dengan seratnya, maka bisa dipastikan babat akan alot dan keras.

5. Masak babat bersama campuran bumbu rempah yang tajam

Agar bau pada babat tidak tercium, pastikan anda mengolah kembali babat dengan tambahan berbagai bumbu dan rempah. Penambahan bumbu dan rempah juga bisa membantu memperkaya rasa pada olahan babat anda menjadi lebih sedap.

Jika mengikuti tips di atas dengan benar, dijamin deh anda bisa mengolah babat yang empuk, bebas bau amis, dan lezat untuk keluarga tercinta.