Penulis: Niahappy

Jika sedang pergi ke Semarang, apa lagi yang diburu kalau bukan lumpia. Jajanan satu ini memang identik sekali dengan kota Semarang. Bahan utama yang digunakan sebagai isian lumpia Semarang adalah rebung. Lumpia ini bisa disantap sebagai gorengan dan secara basah atau tidak digoreng.

Namun, banyak juga lho yang tidak menyukai rebung. Nah, berikut isiang lumpia selain rebung yang enak dan mudah dibikin!

1. Lumpia Sayur Goreng

Lumpia sayur lezat

Lumpia lezat yang renyah dan garing di bagian luarnya memang seringkali membuat kita ketagihan untuk menyantapnya. Jika membuatnya sendiri, Anda bebas berkreasi dengan isian di dalamnya seperti aneka sayuran yang dipadukan dengan bihun berikut ini.

Pertama, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan wortel, buncis, daun bawang, dan bihun. Aduk rata. Tuang air dan masukkan saus tiram, kecap asin, gula, garam serta bahan penyedap. Masak hingga semua bahan matang. Koreksi rasanya. Angkat. Ambil selembar kulit lumpia, isi dengan 1 sendok makan bahan isian. Kemudian lipat dan gulung lumpia. Rekatkan ujung kulitnya dengan air (cukup oles air dengan ujung jari tangan). Lakukan hingga kulit habis. Panaskan banyak minyak. Goreng lumpia dengan api sedang hingga warnanya berubah jadi kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Lumpia Sayur Goreng

2. Lumpia Rebung

lumpia rebung gurih

Lumpia rebung merupakan kreasi lumpia goreng yang berisi rebung yang empuk dengan sensai renyah. Rebung yang dikombinasikan dengan orak arik telur dalam isian lumpia memang sangat gurih dan cocok dijadikan camilan di rumah, atau suguhan para tamu.

Panaskan minyak, tumis bawang putih sampai wangi dan matang. Masukkan orak arik telur, garam, gula, merica, rebung, dan daun bawang aduk rata. Tuang air masak sampai air mendidih, dinginkan. Ambil 1 lembar kulit lumpia, beri 1 sdm isian kemudian lipat dan rekatkan dengan larutan 2 sdm terigu dan 5 sdm air lalu goreng sampai matang, sajikan.

Baca Juga : Resep Lumpia Rebung

3. Lumpia Semarang

Lumpia semarang goreng

Lumpia merupakan salah satu makanan Indonesia yang terpengaruh dari budaya Tionghoa. Terdapat bermacam-macam jenis lumpia. Salah satu jenis lumpia yang terkenal adalah lumpia Semarang. Ada dua jenis lumpia Semarang, yakni basah dan goreng. Pada kali ini, akan dibahas mengenai lumpia goreng. Oleh-oleh khas Semarang ini memiliki rasa yang lezat serta tekstur yang krispi. Ada perpaduan rasa gurih dan manis pada bumbu isi lumpia. 

Panaskan minyak lalu tumis bawang bawang bombai hingga layu. Masukkan bawang putih, lada, dan garam yang sudah dihaluskan bersama lalu tumis hingga matang dan harum. Masukkan ayam dan udang, aduk rata dan masak hingga berubah warna. Masukkan rebung, saus tiram, kecap inggris, kecap manis, gula, dan kaldu bubuk. Aduk rata. Masukkan telur orak-arik. Masak hingga matang dan rebung setengah kering. Koreksi rasanya. Beri irisan daun bawang sesaat sebelum diangkat, aduk rata. Angkat. Sisihkan.

Siapkan perekat kulit lumpia, beri isian secukupnya. Lipat ke dalam bagian kanan kirinya, kemudian gulung. Rekatkan ujungnya dengan lem. Lakukan hingga habis. Panaskan minyak banyak. Goreng lumpia hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Cara membuat saus bawang, siapkan panci. Rebus air dan bawang putih. Masukkan gula pasir, gula jawa, dan garam. Masak hingga mendidih. Masukkan larutan maizena. Aduk hingga warnanya mengilat dan bening. Angkat. Siap disajikan bersama acar timun dan bawang, cabai rawit, dan saus bawang kental.

Baca Juga : Resep Lumpia Semarang

4. Lumpia Basah

lumpia basah bandung enak

Jangan bayangkan mirip dengan lumpia basah khas Semarang ya, karena lumpia khas kota kembang ini sungguh unik. Jika lumpia lain tersaji dalam bentuk lipatan rapi, lumpia ini tersaji ‘apa adanya’. Tumisan tauge, telur, dan ayam ditaruh di atas kulit lumpia yang sudah dioles saus gurih kental. Jika beli di luar, kita akan diberikan alat makan sumpit untuk menikmatinya. Penasaran kan? Yuk buat sendiri saja dengan resep ini.

Langkah pertama membuat olesan: Rebus gula merah bersama air sampai larut. Angkat lalu saring. Tuang kembali hasil saringan ke dalam panci. Masak di atas kompor. Tuang larutan kanji. Aduk dan masak hingga mengental, angkat. Sisihkan.

Langkah berikutnya membuat tumisan bengkuang: Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, sangrai, dan ebi. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak hingga harum. Masukkan bengkuang dan kecap manis. Aduk rata. Tuang air, aduk rata lalu masak hingga bengkuang layu dan matang. Angkat. Sisihkan.

Langkah berikutnya membuat isian: Haluskan bawang putih dan bawang merah. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan telur dan buat seperti orak-arik. Masukkan suwiran ayam, sosis, bakso, dan tauge. Aduk rata. Bumbui dengan garam, gula, dan merica. Aduk rata. Masukkan tumisan bengkuang. Aduk rata dan koreksi rasanya. Angkat. 

Langkah terakhir, tumpuk 2 lembar lumpia. Beri 2 sdm olesan lalu ratakan ke seluruh permukaan kulit. Masukkan bahan isian. Lipat kulit seperti amplop. Lakukan hingga semua bahan habis. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Lumpia Basah

5. Lumpia Udang Kulit Tahu

Beda dengan lumpia pada umumnya, letak perbedaannya ada pada kulitnya. Kalau biasanya lumpia gurih dan renyah, lainnya dengan lumpia yang satu itu. Lumpia kulit tahu bertekstur lembut dan kenyal, tapi rasanya juga tak kalah enak lho.

Basahkan kulit kembang tahu dengan sedikit air lalu tiriskan dan sisihkan. Selanjutnya buat bahan isian: campur wortel, bawang bombai, dan bawang putih ke dalam food processor. Lalu tambahkan udang dan jamur kancing cincang serta saus tiram, kecap ikan, tepung kanji, dan putih telur ke dalam food processor. Cincang rata. 

Isi kulit kembang tahu dengan adonan isian, lipat, rekatkan dengan sedikit olesan telur, rapatkan. Panaskan minyak, goreng lumpia kulit tahu hingga kuning kecokelatan. Sajikan bersama saus bangkok atau saus favoritmu.

6. Lumpia Durian Goreng

Durian dibalut kulit lumpia dan digoreng garing ternyata enak dan bikin nagih lho! Yuk, coba buat!

Dalam mangkuk besar, masukan semua daging durian, susu kental manis dan vanilla essence, kemudian aduk rata. Ambil 1 lembar kulit lumpia, beri 1 sdm isian yang ada dalam mangkuk besar tadi. Lipat menyerupai lipatan risoles dan beri olesan tepung terigu sebagai lem. Goreng dalam minyak panas dengan api kecil hingga kecokelatan. Angkat dan sajikan dengan parutan keju dan susu cokelat kental manis.





Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi