Penulis: Atsa

Salah satu yang paling terkenal dari semua makanan Thailand adalah Tom Yam. Sup segar asal Thailand yang satu ini terkenal karena asam sedapnya dari rasa serai, lengkuas, daun jeruk purut, cabai segar, dan jus jeruk nipis, yang semuanya bergabung untuk menciptakan rasa yang nikmat. 

Mungkin Anda juga pernah mencoba tom yam, atau justru memang menyukainya? Nah, berikut ini cara membuat tom yam seafood yang sederhana namun dijamin enak! Cocok sekali untuk pemula yang ingin mencobanya.

1. Buat Pasta Tom Yam

Pasta tom yam merupakan bumbu paling utama dan penting untuk menciptakan rasa asam segar khas tom yam Thailand. Resep pasta tom yam berikut mudah untuk dibuat bagi pemula. Cara membuatnya, haluskan bawang putih dan beri sedikit garam saat menumbuk, supaya aromanya lebih wangi. Tambahkan ebi, dan uleg hingga menyatu. Sisihkan.

Dalam food processor atau blender, haluskan bawang merah, cabai, terasi yang sudah dibakar, lengkuas, gula aren dan asam jawa. Setelah bumbu mulai halus, tambahkan campuran ebi dan bawang putih. Haluskan hingga berbentuk seperti pasta lalu sisihkan.

2. Buat Kaldu Udang dari Udang Segar

Pastikan Anda membuat kaldu dari udang yang masih segar supaya baunya tidak amis namun rasa lautnya begitu sedap. Pilih udang yang masih utuh dan kulitnya masih keras. Saat memilih udang juga jangan ragu untuk mencium aromanya untuk memastikan kesegarannya. Belilah udang yang tidak berbau amis, dan tercium aroma khas laut yang segar. Hal ini untuk memastikan udang baru dan bukan simpanan dari hari sebelumnya.

Lanjut untuk membuat kaldu kaldu udang. Memarkan bawang putih, lalu tumis bawang putih dengan sedikit minyak. Masukkan kulit dan kepala udang. Aduk hingga warnanya jadi kemerahan. Tuangkan air dan masak hingga mendidih dengan api kecil seperti membuat kaldu pada umumnya. Masak selama 30 menit sambil panci ditutup. Setelah selesai, saring air kaldunya. Sisihkan.

Baca Juga: Tips Mengupas Kulit Udang dengan Mudah

3. Masak Kaldu dan Pasta Tom Yam

Mulai untuk mencampurkan pasta tom yam dan juga kaldu udang. Tumis pasta tom yam dengan sedikit minyak serta tambahkan serai yang sudah digeprek, lengkuas dan daun jeruk purut. Masak sampai wangi dan bumbu matang. Kalau suka pedas, Anda juga bisa menambahkan cabai rawit. Sisihkan. Panaskan kembali kaldu udang, masukan pasta tom yam dan masak selama 5 menit.

4. Masukan Sayuran dan Bahan Hewani

Masukan sayuran dan bahan hewani seperti udang dan cumi. Anda bisa memasukan sayuran apapun yang Anda suka, tapi umumnya yang digunakan adalah sawi, daun bawang dan wortel. Masak hingga matang. 

Jika suka, Anda juga bisa menambahkan mie kuning atau bihun dalam masakan tom yam Anda. Seafood yang jadi bahan utama isian tom yam juga bisa diganti dengan daging sapi, daging ayam, atau ditambah dengan frozen food seperti fish cake dan fish ball. Anda juga bisa mengganti bahan hewani dengan tahu atau tofu.

5. Beri Bumbu

Setelah kuah pasta dan isiannya dimasak, kini saatnya memberikan bumbu pada masakan. Masukkan kecap ikan, garam, gula, dan kaldu jamur bubuk. Kecap ikan memberi cita rasa dan aroma khas pada tom yam. Aduk hingga rata. Supaya rasanya seimbang, masukan sedikit demi sedikit saja dan koreksi rasanya. Setelah matang, angkat dan sajikan dalam mangkok. Beri perasan jeruk nipis dan taburi dengan irisan daun bawang. Tom yam lezat yang praktis kini siap dihidangkan.

Baca Juga: Resep Tom Yam Seafood