Penulis: Vira | Editor: Ria

Saya adalah mahasiswa yang hobi memasak dan merupakan penggemar makanan manis, terutama kue. Namun hobi tersebut terkadang tak terfasilitasi dengan baik. Mengapa? Karena membuat makanan manis, khususnya kue, membutuhkan alat masak yang memadai seperti oven. Sayangnya, oven yang digunakan sebagai pemanggang merupakan salah satu alat masak yang tidak murah.

Oleh karena itu, membuat kue sendiri di kosan dulu hanyalah sebuah angan belaka. Tapi setelah banyak cari tahu, kue yang enak ternyata juga dapat dibuat dengan menggunakan rice cooker, lho. Jenis kue apa saja yang bisa anda buat dengan rice cooker? Scroll terus ke bawah, ya.

1. Bolu

bolu tape

Selama ini, saya hanya membuat bolu menggunakan kukusan atau oven. Iseng-iseng mencari resep, akhirnya saya tahu kalau bolu bisa dibuat dengan menggunakan rice cooker. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun sama seperti bolu yang lain, yaitu telur, tepung terigu, baking powder, gula pasir, lelehan mentega, serta berbagai macam topping sesuai yang anda inginkan. Cara membuatnya pun sama, yaitu mencampur seluruh bahan dengan mixer hingga teksturnya kental. Setelah itu, tambahkan isian sesuai kesukaan anda.

Nah, jika sudah jadi, masukkan adonan tersebut ke dalam panci rice cooker yang telah diolesi mentega dan masak seperti anda biasa memasak nasi. Tunggulah sekitar 45 menit hingga bagian dalam adonan telah kering dan bolu pun siap dihidangkan! ResepKoki punya aneka resep bolu lezat dan praktis yang bisa anda coba langsung dengan rice cooker di rumah: bolu marmer, bolu pisang, bolu tape, dan bolu koja.

2. Chiffon cake

Kue yang dibuat menggunakan dua jenis adonan ini ternyata juga bisa dibuat dengan rice cooker, lho. Dengan bahan-bahan yang sama dan teknik pemisahan dua adonan yaitu putih telur yang dikocok dengan gula hingga berbusa serta adonan kuning telur yang nantinya akan dicampur, kue chiffon ini bisa jadi pilihan kue yang dimasak dengan rice cooker di rumah. Jika anda telah mencampurkan kedua adonan yang berbeda menjadi satu, tuang adonan ke dalam panci rice cooker.

Pindahkan mode rice cooker menjadi mode masak, dan tunggu hingga terdengar bunyi ‘klik’ yang menandakan kue telah matang. Untuk hasil yang lebih baik, jangan langsung membuka rice cooker tepat setelah kue matang, tunggulah 5-10 menit agar tekstur kue sedikit lebih padat. Coba kue chiffon pandan yang wangi dan super lembut dengan resep berikut.

3. Brownies cokelat

Anda tak memiliki oven di rumah dan tiba-tiba kepingin makan brownies? Anda tak perlu mengeluarkan kocek besar untuk membelinya di luar. Hanya dengan modal bahan-bahan brownies dan alat rice cooker, anda sudah bisa membuat brownies yang enak. Bahan yang diperlukan adalah telur, gula pasir, tepung terigu dan maizena, margarin, cokelat batang, dan cokelat bubuk. Awalnya, kocok telur dan gula hingga mengembang, lalu tambahkan campuran tepung dan cokelat bubuk. Baru setelah itu anda bisa memasukkan cokelat masak dan margarin yang telah dilelehkan.

Setelah adonan jadi, panggang kue dengan rice cooker yang telah diolesi margarin dan ditaburi tepung. Masak hingga mode ‘cook’ berubah menjadi mode ‘warm’, tetapi anda harus mengubah mode sebanyak 2-3 kali agar brownies benar-benar matang. Cek resep brownies panggang klasik yang super ‘nyoklat’ ini.

4. Cheese cake

Japanese cheese cake lembut

Siapa sangka cheese cake yang dijual cukup mahal di toko kue, justru bisa anda buat dengan menggunakan rice cooker?  Bahan yang anda butuhkan adalah cream cheese, susu cair, telur, tepung terigu, gula pasir, dan lemon juice untuk memberi aroma. Caranya, haluskan cream cheese dan tambahkan telur satu per satu sambil aduk rata. Setelah itu, campur dengan gula, lemon juice, susu, dan tepung yang ditambahkan sedikit demi sedikit secara bergantian.

Aduk balik hingga tercampur rata, baru deh anda masukkan adonan ke dalam panci rice cooker. Setelah dimasak dengan cara yang sama ketika memasak nasi, anda bisa mengecek kematangannya dengan menusukkan tusuk gigi. Jika tusuk gigi bersih tanpa bekas adonan, berarti cheese cake telah matang dan siap dihidangkan. Anda bisa membuatnya dengan resep praktis cheese cake yang satu ini.

5. Kastengel

Kue kastengel kue lumer

Kue yang biasa menghiasi meja tamu anda ketika hari raya ini juga bisa dibuat dengan rice cooker. Buatlah adonan dengan menggunakan bahan yang sama ketika anda membuatnya secara biasa. Jika adonan telah jadi, bentuk sesuka hati, bisa kotak, lonjong, ataupun bulat. Tambahkan olesan kuning telur di atas adonan yang telah dibentuk, dan tambahkan juga parutan keju di atasnya.

Jika telah selesai, letakkan adonan yang telah dibentuk secara rapi (agar hemat tempat!) di dalam panci rice cooker yang telah diolesi margarin. Tutup rice cooker, masak hingga mode ‘cook’ menjadi mode ‘warm’ dan ulangi sekali lagi. Kastengel pun siap disajikan!

Walaupun ada keterbatasan alat, anda tetap bisa mengakalinya se-kreatif mungkin, kan. Bahan-bahan kue yang sama dan alat rice cooker yang selalu ready di rumah, tetap bisa menghasilkan aneka kue lezat. Selamat mencoba!