Penulis: Graminda | Editor: Ria

Lebaran adalah hari terbaik untuk bertemu keluarga dan melepas rindu. Kumpul di hari yang istimewa pastinya tidak luput dari makan bersama. Inilah yang membuat agenda berkumpul jadi kenang-kenangan tak terlupakan.

Di kampung saya, selalu ada acara ngeliwet bareng kalau lagi kumpul. Karena tidak ada panci kastrol yang besar, nasi liwet pun akhirnya dimasak di rice cooker. Aroma dan rasa nasi liwet rice cooker tetap harum menggoda, lho. Simak caranya berikut ini, ya!

Baca Juga: 12 Aneka Menu Nasi Nikmat Khas Indonesia

1. Gunakan Rice Cooker yang Anti Lengket

Nasi liwet identik dengan aroma yang wangi dan tekstur yang pulen. Jika menggunakan rice cooker berkerak, akan timbul bau gosong dari dasar nasi. Selain itu, nasi jadi tidak matang merata alias keras. Akhirnya, nasi liwet yang dihasilkan pun tidak sesuai harapan.

Gunakan rice cooker anti lengket yang bersih. Agar, wangi nasi liwet terjaga serta matang sempurna.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik dan Jenisnya yang Ada di Pasaran

2. Gunakan Beras Pulen

Memasak dengan rice cooker berarti anda tidak bisa mengatur besarnya api dan waktu masak. Agar nasi liwet matang sempurna di rice cooker, pilihlah beras yang pulen. Agar beras lebih cepat matang sekaligus bisa matang merata.

3. Tumis Bumbu Terlebih Dahulu

Agar nasi liwet wangi, ada beberapa bumbu yang bisa ditambahkan di dalamnya. Seperti bawang merah, bawang putih, serai, daun salam, dan kencur.

Tumis bawang merah dan bawang putih terlebih dahulu sebelum dimasak bersama beras. Agar aroma harum lebih keluar dan kuat.

4. Tambahkan Air Seperti Memasak Biasa

Anda jangan bingung dengan takaran air yang digunakan. Tambahkan air seperti biasa, sesuai jenis berasnya.

Beras pulen memerlukan air lebih sedikit dibandingkan beras pera. Biasanya beras pulen hanya perlu air sebanyak setengah buku jari. Sedangkan, beras pera perlu air kira-kira 1-1.5 buku jari.

5. Tambahkan Lauk

Nasi liwet sunda identik dengan lauk yang dimasak bersama dengan beras. Namun, jika menggunakan rice cooker, pilih lauk yang proses masaknya cepat. Seperti ayam suwir, abon, atau ikan teri. Tambahan lauk buat aroma nasi liwet semakin wangi dan menggoda, lho!

Coba Resep: Resep Nasi Liwet Sunda

Mudah dan cepat, nasi liwet rice cooker bantu acara anda jadi lebih bermakna. Tidak perlu makanan mewah, yang penting kebersamaannya. Salam untuk keluarga tercinta.

4 Tips Memasak Nasi Liwet dengan Rice Cooker Agar Pulen dan Harum
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)