Advertisement

Resep Chiffon Cake Pandan

Gambar Hasil Membuat Resep Chiffon Cake Pandan

Bahan-bahan

Hasil:
Adonan Putih Telur:
Putih telur - 5 butir
Gula kastor - 80 gram
Garam - 1/4 sdt
Adonan Kuning Telur:
Kuning telur - 5 butir
Gula kastor - 30 gram
Santan kental instan - 65 ml
Minyak canola - 75 ml
Ekstrak pandan asli (bahan terlampir) - 40 ml
Vanilla essence - 1/2 sdt
Tepung terigu protein rendah - 120 gram
Ekstrak Pandan Asli:
Daun pandan, cuci bersih lalu potong 2 cm - 20 lembar
Air - 200 ml
Lihat Resep Versi RasaBunda

Resep Chiffon Cake Pandan

  • 60 Menit
  • Hasil: 16 Potong
  • Tingkat kesulitan: Sedang

Ingredients

  • Adonan Putih Telur:

  • Adonan Kuning Telur:

  • Ekstrak Pandan Asli:

Catatan

IG:@sukmawati_rs

Chiffon cake merupakan kue yang bersifat sangat ringan, terbuat dari bahan utama tepung terigu, telur, gula pasir, minyak sayur, baking powder, dan bahan perasa. Saat membuatnya, kita akan membuat dua tipe adonan yaitu adonan tepung dan adonan busa (kocokan putih telur), yang kemudian akan dicampur jadi satu sesaat sebelum dipanggang.

Kelebihan chiffon cake ini yaitu teksturnya yang sangat lembut dan tak akan kering/mengeras bila disimpan lama atau disimpan dalam kulkas. Sesuai namanya, chiffon cake ini akan menggunakan pasta pandan dan ekstrak pandan sebagai bahan pewarna juga perasanya.

Baca Juga: 5 Resep Kue yang Bisa Dibuat dengan Rice Cooker


Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi
Hubungi Kami di [email protected]


Langkah Versi RasaBunda

1
Sudah

Ekstrak Pandan Asli: Blender daun pandan dan air. Lalu saring dan buang ampasnya. Diamkan dan endapkan selama minimal 1 hari dalam kulkas. Pisahkan airnya yang bening. Ambil endapannya untuk jadi ekstrak pandan asli.

2
Sudah

Panaskan oven pada suhu 160°C. 

3
Sudah

Adonan Kuning Telur: Dalam satu wadah, aduk kuning telur dan gula kastor dengan ballon whisk hingga kental dan sedikit pucat. Masukkan santan kental, ekstrak pandan, minyak canola, aduk rata. Masukkan tepung terigu sambil diayak. Aduk pelan hingga rata dengan whisk. Sisihkan.

4
Sudah

Adonan Putih Telur: Dalam satu wadah lain, mikser putih telur dan garam hingga berbusa. Masukkan gula kastor dalam 3 tahap. Mikser kembali adonan dengan high speed hingga adonan mengkilap dan mulai kaku. Matikan mikser.

5
Sudah

Masukkan adonan putih telur ke adonan kuning telur dalam 3 tahapan. Aduk balik dengan spatula hingga jadi adonan homogen.

6
Sudah

Tuang adonan ke dalam loyang khusus chiffon ukuran 20 cm. Sebelumnya loyang tak perlu dioles apapun. Hentakkan loyang perlahan untuk membuang kelebihan udara.

7
Sudah

Masukkan dalam oven lalu panggang hingga matang selama 50 menit. Sesuaikan pula dengan oven anda masing-masing.

8
Sudah

Keluarkan kue dari oven lalu langsung telungkupkan loyang, agar cake tidak kempes/susut/turun. Biarkan hingga dingin.

9
Sudah

Keluarkan cake dengan pisau tajam dan tipis. Sisir/iris tipis bagian pinggirnya. Potong-potong sesuai selera.

10
Sudah

Siap disajikan.

11
Sudah

TIPS

1. Pilih telur yang segar agar cake mengembang sempurna walau tanpa bahan tambahan seperti baking powder/cream of tartar.

2. Perhatikan pencampuran adonan putih telur dan kuning telur. Aduk dengan teknik aduk balik secara perlahan agar adonan tidak cair. Adonan yang cair ini bisa menyebabkan cake tidak mengembang sempurna.

3. Gunakan hand mixer untuk mengocok adonan putih telur, seperti Airlux Hand Mixer HM-3060A (Lihat di Lazada DISKON). Harganya sangat terjangkau dengan fitur dasar yang cukup lengkap berkualitas. Salah satu keunggulan dari Airlux Hand Mixer HM-3060A ini adalah memiliki 5 tingkat kecepatan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars
Loading...

2 Comments Hide Comments

Sy mau tanya ….mengapa saat adonan d tuang dlm loyang chiffon ….adonannya keluar d bawah loyang? Bolehkah sy alasi dgn jertas roti … biar adonan tdk keluar dr bawah loyang chiffon?

Add Your Comment