Penulis: Selly | Editor: Minda

Jika anda sering mengamati alat-alat masak, pasti sudah familiar dengan slow cooker. Bentuk alat ini sedikit mirip dengan rice cooker. Bedanya, slow cooker bisa digunakan untuk masak lauk. Lauk yang dimakan akan jadi empuk tanpa hancur.

Selain itu, slow cooker tidak bikin kuah masakan menyusut habis. Makanya, alat ini sangat cocok untuk masakan yang butuh waktu lama. Lantas, jenis masakan apa saja yang cocok dimasak dengan slow cooker?

1. Gudeg

gudeg asli komplit

Dibanding menggunakan kompor, masak gudeg pakai slow cooker jauh lebih praktis. Kuahnya tidak menyusut dan lebih kaya rasa.

Mula-mula, susun ayam dan ceker dalam panci slow cooker. Lalu, letakkan nangka dan telur pada lapisan atasnya. Kemudian, kita tambahkan bumbu seperti daun salam, laos, dan gula jawa. Terakhir, tuang santan, air dan bumbu halus. Ingat, tidak perlu diaduk, ya!

Baca Juga: Kuliner Lezat dan Oleh-Oleh Khas Jogja

2. Rawon

Pernah trauma dengan daging rawon yang alot? Berarti anda perlu coba masak dengan slow cooker. Cukup tambahkan daging dan bumbu yang telah ditumis ke dalam alat ini. Lalu, tunggu hingga rawon matang, deh.

Coba Resep: Resep Rawon Gurih Sedap Khas Jawa Timur

3. Rendang

rendang padang istimewa

Kalau tidak ingin masak rendang dengan cara yang ribet, gunakan saja slow cooker. Alat ini akan bisa buat rendang empuk tanpa hancur. Tapi, rebus rendang terlebih dahulu, ya! Agar kotoran dari daging tidak ikut termasak.

Pertama, masukkan rendang, daun salam dan bumbu halus dalam slow cooker. Aduk hingga daging terbumbui seluruhnya. Lalu, tuang santan dan tambahkan garam serta gula sesuai selera. Selanjutnya, anda tinggal tunggu hingga rendang matang dan empuk.

Coba Resep: Resep Rendang Daging Istimewa Asli Minang

4. Bubur Kacang Hijau

Bukan rahasia lagi kalau butuh waktu yang lama supaya kacang hijau jadi empuk. Tapi, berkat slow cooker, anda tidak perlu berada di depan kompor hingga berjam-jam.

Cukup masukkan kacang hijau, daun pandan, dan air dalam slow cooker. Setelah 3 jam, tambahkan gula, garam, vanili, dan jahe. Masak kembali selama 1-2 jam.  Sajian dengan kuah santan agar lebih nikmat dan gurih.

Baca Juga: 5 Langkah Buat Bubur Kacang Hijau Empuk dan Sedap

5. Garang asem

garang asem ayam

Jika menggunakan slow cooker, anda tidak perlu lagi mematangkan garang asem di kompor. Hemat tenaga dan uang, kan.

Tinggal masukkan semua bumbu dan bahan ke dalam slow cooker. Tambahkan air sebagai kuah sesuai selera. Tapi, jangan lupa alas slow cooker dengan daun pisang, ya. Soalnya, aroma daun pisanglah yang menjadi ciri khas kuliner ini.

Coba Resep: Garang Asem Ayam Klasik

6. Sop buntut

sop buntut

Sop buntut yang “menyusahkan” bisa dibuat mudah dengan menggunakan slow cooker. Cukup satu tombol untuk bikin sop buntut yang lezat dan empuk.

Rebus terlebih dahulu buntut sapi dan buang kotorannya. Lalu masukkan sayuran, buntut sapi, air rebusan, bumbu dalam slow cooker.  Masak dengan mode high dan tunggu beberapa jam. Jika sudah matang, koreksi rasanya sebelum disajikan.

Coba Resep: Resep Sop Buntut Spesial Gurih Empuk

Bagi saya, kehadiran slow cooker sangat bantu menghemat waktu masak. Apalagi, ada banyak jenis masakan yang bisa kita buat dengan alat ini. Tapi, anda harus pandai ukur waktu yang dibutuhkan hingga masakan matang.  Selamat berkreasi bersama slow cooker!