Penulis: Graminda

Jaman sekarang, sudah ada timbangan dapur digital. Tinggal taruh makanan di atasnya, berat pun langsung terbaca. Tentu sangat praktis bagi anda yang suka masak dan berkreasi di dapur.

Timbangan dapur digital punya banyak merk, tipe, dan fitur. Harganya pun lumayan beragam. Di antara semuanya, ada beberapa poin yang harus diperhatikan saat anda akan beli timbangan dapur digital. Apa saja?

1. Tahan Lama

Pastinya anda ingin barang yang dibeli awet dan tahan lama, kan. Percuma jika murah, tapi langsung rusak setelah dipakai.

Diantara jenis bahan timbangan, yang paling awet adalah stainless steel. Sebab tidak akan berkarat, tahan panas, dan kokoh. Akan lebih baik jika timbangan tersebut bergaransi.

2. Keakuratan dan Berat Maksimum

Setiap timbangan punya keakuratan dan berat maksimum yang berbeda. Keakuratan standar adalah 0.1 g dengan berat maksimum sekitar 3-5 kg. Bila anda butuh lebih dari itu, cek spesifikasinya sesuai kebutuhan anda.

3. Model

Sesuaikan model timbangan dengan kebutuhan. Misalnya, pilih timbangan yang tipis bila sering anda bawa. Atau pilih timbangan dengan mangkuk untuk kemudahan pengukuran.

4. Fitur Tambahan

Beberapa fitur tambahan juga tersedia pada timbangan. Seperti timer, pilihan mode pengukuran, layar LED, dan tombol “tare”. Sangat dianjurkan pilih timbangna dengan tombol “tare”. Tombol tersebut berguna untuk mengembalikan angka ke posisi “nol”.

5. Kemudahan Dibersihkan

Kemungkinan bahan berceceran di timbangan sangat lah besar. Oleh karena itu, pilih timbangan yang mudah dibersihkan. Jika terdapat mangkuk pada timbangan, pastikan mangkuk bisa dilepas.

7 Timbangan Dapur Digital Pilihan

Setelah baca tips di atas, tentu sudah terbayang timbangan dapur yang anda inginkan, dong. Cek juga rekomendasi timbangan dapur digital berikut ini!

7. Timbangan Dapur SF-400

(Image: Lazada)

Bentuknya yang mungil berbanding terbalik dengan kemampuannya menimbang hingga 10 kg. Selain itu, timbangan tipe SF-400 ini akurat hingga 1 gram. Dilengkapi juga dengan indikator overload dan low battery.

Kekurangannya, timbangan ini berbahan plastik berwarna putih. Sehingga, cukup sulit dibersihkan bila terkena minyak. Selain itu, bahan plastiknya cenderung tidak tahan panas.

Harga: Rp 59.000

Beli di Lazada: Timbangan Dapur Digital SF-400

6. Camry EK-3650

(Image: Lazada)

Timbangan merk Camry EK-3650 ini punya layar dan tombol yang besar. Disertai pula dengan mangkuk mika tahan panas yang bisa dilepas. Kapasitas maksimumnya 5 kg, cukup standar untuk penggunaan rumah tangga.

Kelebihan lainnya, Camry EK-3650 punya akurasi hingga 0.1 gram. Timbangan ini juga bisa dipakai untuk timbang minuman dan susu

Harga: Rp 157.000

Beli di Lazada: Timbangan Digital Camry EK 3650

5. TB-Changxie

(Image: Lazada)

Modelnya yang tipis (lebar 1.5 cm) sangat pas bila dibawa bepergian. Tingkat akurasinya hingga 0.1 gram dan mode pengukuran bisa diganti ke gram, ons, atau dwt. Selain itu, timbangan ini mampu mengukur minuman maupun susu.

Setelah 3 menit tidak dipakai, akan otomatis off. Ada juga indikator bila baterai lemah. Namun, sayangnya timbangan TB-Changxie hanya berkapasitas 1 kg saja.

Harga: Rp 167.000

Beli di Lazada: TB-Changxie Timbangan Digital

4. Joil

Desainnya yang elegan tidak terlepas dari bahan pembutan Joil Kitchen Scale ini, yaitu stainless steel. Permukaannya anti karat, mudah dibersihkan, dan tahan panas. Berat maksimum yang bisa diukur timbangan ini adalah 3 kg. Namun, akurasinya hanya sampai 1 gram saja.

Joil Kitchen Scale dilengkapi dengan layar LED bercahaya yang bisa nyala saat gelap. Jadi, layar masih bisa terbaca dalam keadaan gelap.

Harga: Rp 178.000

Beli di Lazada: Timbangan Dapur Digital Joil

3. Heles HL-4350

(Image: Lazada)

Seluruh bagian Heles HL 4350 berbahan stainless steel, termasuk mangkuknya. Sehingga tidak berbau dan gampang dibersihkan. Timbangan ini mudah digunakan dengan layar dan tombol yang besar. Mode pengukuran juga bisa diubah ke lb dan ons.

Heles HL 340 ini berkapasitas hingga 5 kg dengan keakuratan 0.1 gram. Dilengkapi tombol “tare”, jadi lebih mudah mengukur setiap bahan.

Harga: Rp 213.000

Beli di Lazada: Timbangan Dapur Digital Heles HL-4350

2. V60 Kitchen Scale with Timer

(Image: Lazada)

Uniknya, timbangan berbahan stainless steel ini punya fitur timer. Sangat pas bagi anda yang suka masak kue atau kopi. Kapasitasnya juga cukup standar untuk dapur rumah tangga, yaitu 3 kg.

Akurasinya 0.1 gram dengan 4 mode pengukuran yaitu gram, ons, ml, dan lb. Setelah 5 menit tidak digunakan, timbangan akan otomatis mati. Disediakan juga tatakan karet agar gelas atau mangkuk tidak tergelincir saat ditimbang.

Harga: Rp 218.000

Beli di Lazada: V60 Kitchen Scale with Timer

1. Tanita Kitchen Scale KD-811

(Image: Lazada)

Berbahan stainless steel, timbangan digital Tanita KD-811 terlihat sangat elegan. Lebarnya pun hanya 2.4 cm, sehingga mudah untuk di bawa kemana saja. Kapasitas maksimumnya 5 kg dengan akurasi 0.1 gram.

Bicara soal kualitas, merk Tanita memang tidak perlu diragukan. Sebab, dijamin timbangan ini bisa awet hingga 5 tahun!

Harga: Rp334.400

Beli di Lazada: Tanita Timbangan Digital KD-811

Setelah melihat berbagai rekomendasi di atas, pasti anda sudah tidak ragu lagi untuk memilih, kan. Jadi, mau pilih yang mana?

7 Timbangan Dapur Digital Terbaik dan Tips Memilih yang Berkualitas
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 3 votes